Apa kepanjangan kata "OK" dan asal usulnya


Kata "OK" ternyata berasal dari ejaan bahasa inggris yang salah.
Kebanyakan dari kita pasti pernah mendengar atau mengucapkan kata “ Oke atau Okay “ atau biasa disingkat dengan “ O.K”.

Kata “O.K” biasa kita gunakan untuk menggantikan kata setuju atau semua dalam keadaan baik-baik saja.

Kata ini berasal dari bahasa inggris yakni okay (juga dieja OK, O.K.) yang menunjukkan persetujuan, penerimaan, permufakatan, pembenaran, atau pengakuan.

Pernahkah anda mengetahui dari mana asal mula kata “O.K” ini digunakan.




Dan apa sebenarnya kepanjangan dari kata “O.K” ?

Jika dilihat dari sejarah asal mula kata “O.K” ini digunakan, terlihat sedikit tidak nyambung antara singkatan “O.K” yang memiliki kepanjangan “All Correct”.

apa arti kata ok dan asal usulnya
Asal usul dan kepanjangan kata OK

Sejarah kata O.K

Etimologi yang kini diberikan sebagian besar buku-buku rujukan berdasarkan survei sejarah awal kata-kata dalam media cetak yang ditulis oleh Allen Walker Read dalam bentuk seri enam artikel untuk jurnal American Speech pada tahun 1963 dan 1964.

Berawal dari tren dalam menyingkat kata-kata di Boston-Amerika serikat, sekitar tahun 1838. Berbagai kata-kata yang memiliki singkatan saat itu dan menjadi tren, seperti :

“NG” dari kata No Go, “GT” dari kata Gone to Texas, “SP” dari kata Small Potatoes, “OFM” dari kata Our First Men.

Namun beberapa ungkapan yang dipakai saat itu berasal dari singkatan ejaan kata-kata yang salah dan ini sebagai khas bercanda saat itu, seperti kata “OW” (Oll Wright) dari ejaan yang salah yang sebenarnya berasal dari kata “All Right”. Singkatan ini menjadi pendahulu kata Okay.

Istilah kata “O.K” mulai dikenal secara luas pada tahun 1840.
Pendukung partai politik Demokrat mengklaim pada Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 1840 bahwa “O.K” adalah singkatan dari "Old Kinderhook," julukan untuk kandidat presiden partai Demokrat, Martin Van Buren yang berasal dari Kinderhook.

Sebagai balasan, pendukung Partai Whig yang menjadi lawannya, mengejek kata“O.K” sebagai singkatan dari "Oll Korrect"(yang sebenarnya dari ejaan kata-kata “All Correct”), untuk kebiasaan salah eja yang dilakukan Andrew Jackson.

Publisitas nasional yang menyertai pemilu sepertinya merupakan peristiwa penting dalam sejarah kata okay', sekaligus mempopulerkannya secara tiba-tiba di seluruh Amerika Serikat.

Penulis- Allen Walker Read awalnya pada tahun 1941 mengusulkan "Old Kinderhook" sebagai asal usul kata "okay". Namun bukti-bukti yang diberikannya dalam artikel itu agak lemah, dan hubungannya dengan "Oll Korrect" tidak dijelaskan secara memadai.

Ada berbagai sanggahan terhadap etimologi dari Read, di antaranya menurut Heflin dalam artikelnya yang diterbitkan pada tahun 1962. Meskipun demikian, makalah-makalah Allen Walker Read yang diterbitkan tahun 1963-1964 membungkam sebagian besar orang skeptis.

Etimologi Allen Walker Read diterima langsung secara luas, dan bahkan tanpa keragu-raguan dijadikan rujukan oleh sebagian besar kamus.

Bantahan teori Read secara panjang lebar diberikan oleh Jim Fay, Ph.D. di situs web The Ilinois Prairie Info.

Oleh karena itu, kata-kata “O.K” yang biasa kita gunakan ternyata dipercaya secara luas berasal dari ejaan yang salah dari kata “Oll Korrect” yang sebenarnya “All Correct” dalam bahasa inggris dan memiliki arti semuanya benar (Bahasa Indonesia).

Sekarang kita sudah mengetahui asal mula kata “O.K” dan bisa dengan nyaman menggunakan kata-kata tersebut sebagai pengganti kata setuju, atau semua benar.


Semoga bermanfaat !

Tempat kita berbagi ilmu
dikutip dari “Wikipedia”


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa kepanjangan kata "OK" dan asal usulnya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.