Arti kata PETAHANA dan asal usul kata tersebut


Arti kata Petahana dan kapan kata ini mulai digunakan?
Bagi sebagian orang mungkin kata PETAHANA adalah kata yang baru, dan mungkin belum mengerti apa sebenarnya maksud dan arti dari kata PETAHANA tersebut.

Kata PETAHANA sering terdengar , terutama saat menjelang pemilu (pemilihan umum), baik itu pemilu Pilpres (pemilihan Presiden), Pilkada (pemilihan kepala daerah) termasuk dalam pemilihan Gubernur, pemilihan bupati, walikota dan lainnya.

Apalagi pada masa-masa sekarang ini, kita sudah sering mendengar kata PETAHANA, yang biasanya diikuti dengan kata Calon atau Kandidat, seperti calon presiden PETAHANA, kandidat presiden dan wakil presiden PETAHANA, Calon gubernur PETAHANA, calon bupati PETAHANA, calon dan kandidat Gubernur PETAHANA.




Seperti misalnya, Basuki tjahaya purnama atau yang akrab dipanggil dengan sebutan AHOK, mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI pada pilkada tahun ini, dan Ahok atau Basuki Tjahaya Purnama disebut sebagai calon gubernur PETAHANA.

Contoh penggunaan kata PETAHANA lainnya, seperti pada pemilihan presiden periode tahun 2009 yang lalu, saat Bapak Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, dan beliau turut serta mencalonkan diri sebagai calon presiden pada pemilihan presiden tersebut, maka beliau disebut Calon Presiden PETAHANA.

Mungkin dari beberapa contoh penggunaan kata PETAHANA diatas, kita mulai memahami apa yang dimaksud dengan kata PETAHANA.

arti kata petahana
Arti Kata PETAHANA

Maksud dan arti kata PETAHANA.

Kata PETAHANA bisa juga disebut dalam istilah bahasa inggris dengan kata INCUMBENT.

Kata PETAHANA memiliki arti dan makna yang sama dengan kata INCUMBENT.

Jika kita lihat dalam kamus bahasa inggris, kata INCUMBENT diartikan dengan :

“ Yang sedang memegang atau memangku suatu posisi atau jabatan, pemegang jabatan, berkewajiban, orang yang memegang suatu jabatan”.

Begitu juga halnya dengan kata PETAHANA

Kata PETAHANA sama artinya dengan kata INCUMBENT dalam bahasa inggris

Arti kata PETAHANA
Petahana atau kata dalam bahasa inggrisnya adalah sama dengan incumbent, berasal dari kata "tahana", yang memilik arti kedudukan, kebesaran, atau kemuliaan, dalam politik, adalah istilah bagi pemegang suatu jabatan politik yang sedang menjabat.

Istilah ini biasanya digunakan dalam kaitannya dengan pemilihan umum, di mana sering terjadi persaingan antara kandidat petahana dan non petahana.

Sebagai contoh, pada Pemilihan umum Presiden Indonesia 2009, Susilo Bambang Yudhoyono adalah petahana, karena ialah presiden yang sedang menjabat pada saat pemilihan umum untuk pelaksanaan pemilihan presiden berikutnya.

Dalam persaingan kursi-terbuka (di mana sang petahana tidak mencalonkan diri), istilah "petahana" terkadang digunakan untuk merujuk kepada kandidat dari partai yang masih memegang jabatan kekuasaan.

PETAHANA secara sederhana dapat diartikan yaitu:
Seseorang yang mencalonkan diri kembali untuk mendapatkan jabatan yang sedang dijabatnya, atau seseorang yang sedang menduduki atau memegang jabatan tertentu , dan masa jabatannya akan berakhir, selanjutnya ikut mencalonkan diri untuk dipilih menjabat kembali.


Asal mula penggunaan kata PETAHANA.
Kata PETAHANA sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Salomo Simanungkalit pada tanggal 06 Februari 2009 sebagai padanan kata dalam konteks Pemilihan umum Presiden Indonesia 2009.

Menurut Sasono Simanungkalit, alasan kata ini baru dibutuhkan pada waktu itu adalah karena sebelumnya presiden (Soeharto) tidak memiliki penantang, oleh sebab itu tidak ada kebutuhan untuk kata "petahana" dalam konteks pemilihan presiden.

Walaupun begitu, Salomo Simanungkalit juga memprediksikan pada artikel yang sama tentang kemungkinan munculnya kata "inkamben" sebagai transkripsi istilah tersebut dalam bahasa Inggris, sehingga sebelum hal tersebut terjadi, ia berusaha mencari dan mempopulerkan padanannya di dalam bahasa Indonesia.

Alih-alih mengalihaksarakannya, Sejak saat itu, mayoritas surat kabar menggunakan istilah "petahana" sebagai padanan istilah bahasa Inggris "incumbent".

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai apa sebenarnya maksud atau arti kata dari PETAHANA tersebut, dan kapan kata PETAHANA tersebut mulai digunakan.

Semoga artikel mengenai penjelasan arti kata PETAHANA dan asal usul kata PETAHANA ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kita semua, sehingga kita dapat mengerti maksud dan arti dari kata PETAHANA tersebut.


Semoga bermanfaat !

Tempat kita berbagi ilmu
dikutip dari sumber WIKIPEDIA
dan berbagai sumber lainnya



Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Arti kata PETAHANA dan asal usul kata tersebut"

  1. Kata "penguasa" lebih pas deh kayaknya.
    Pe+kata dg huruf awal t menjadi 'pen', bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      Yup.. Penguasa = Petahana

      Salam

      Delete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.