Cara menulis Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar beserta contohnya


Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, agar lamaran kerja kita mudah diterima?
Apakah anda baru saja menyelesaikan pendidikan, dan berencana untuk mencari pekerjaan yang anda impikan?

Namun anda masih bingung bagaimana caranya menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, agar dapat dengan mudah diterima bekerja.

Atau mungkin anda sudah berkali-kali mengirimkan surat lamaran kerja ke berbagai instansi ataupun berbagai perusahaan yang anda senangi, namun belum juga ada panggilan?

Apa yang salah pada surat lamaran kerja yang sudah anda buat dan kirimkan?




Bisa jadi surat lamaran kerja yang anda buat belum memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh instansi atau perusahaan tersebut.

Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang benar
Atau mungkin ada yang kurang lengkap dari surat lamaran kerja yang sudah susah payah anda buat.

Disini kita coba berbagi bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, sehingga surat lamaran kerja yang anda kirimkan dapat diterima.

Mendapatkan pekerjaan yang baik, menduduki posisi atau jabatan yang tinggi dan penghasilan yang cukup adalah cita-cita dari semua orang.

Karena jika kita telah mendapatkan pekerjaan yang baik, posisi atau jabatan yang bagus, mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

Kita akan dengan mudah mengatur perekonomian dan memenuhi seluruh kebutuhan hidup kita.

Pada zaman sekarang ini, tak dapat kita pungkiri, bahwa jumlah orang yang melamar kerja jauh lebih banyak dibanding dengan penyedia pekerjaan.

Dalam situasi ini, berbagai instansi atau perusahaan penyedia pekerjaan pasti akan lebih selektif untuk menerima para calon pekerja.

Ditambah lagi dengan berbagai persyaratan yang mereka tuntut untuk dipenuhi oleh pelamar pekerjaan.

Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki modal dan bakat dalam berusaha sendiri atau berwiraswasta, hal ini tidak menjadi masalah bagi mereka.

Bahkan mereka yang berwiraswasta atau memiliki modal untuk membuka usaha sendiri akan membuka peluang pekerjaan bagi orang lain.

Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang benar
Namun bagi kita yang tidak memiliki modal atau bakat untuk berusaha sendiri atau berwiraswasta, jalan satu-satunya untuk mendapatkan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup, adalah dengan mencari pekerjaan dengan melamar di berbagai perusahaan atau instansi yang sedang membutuhkan tenaga kerja.

Namun, pada zaman sekarang ini, persaingan dalam mendapatkan pekerjaan sudah semakin berat.

Untuk itu kita harus melengkapi diri dengan pendidikan yang tinggi, dengan berbagai ketrampilan dan kemampuan agar dapat memiliki nilai lebih dan kelebihan khusus, guna dapat menjadi salah satu orang yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan atau suatu instansi penyedia pekerjaan.

Melamar pekerjaan adalah salah satu langkah pertama untuk kita dapat membuktikan kemampuan dan keahlian kita terhadap perusahaan atau instansi tersebut.

Dengan mengirimkan surat lamaran kerja, dan menulis surat lamaran kerja yang bagus dan benar, adalah satu langkah penting dalam membuktikan siapa diri kita kepada perusahaan atau instansi tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut kita berikan berbagai contoh bagaimana membuat atau menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, sehingga kita dapat memenuhi keinginan dari penyedia pekerjaan.
Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang benar

cara menulis dan membuat surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja yang benar
Menulis Lamaran Kerja yang baik dan benar

Contoh surat lamaran kerja
Beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat anda jadikan pedoman dalam menulis surat lamaran kerja


Contoh 1, cara menulis surat lamaran kerja yang benar


______________________________________________________


Jakarta, 01 Januari 2017 (isi dengan lokasi anda dan tanggal membuat surat lamaran)

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada yth :

Bapak / Ibu HRD PT. ___________ (Isi nama perusahaan yang dituju)

Di ____________(Isi kota perusahaan yang dituju)



Dengan hormat

Berdasarkan iklan lowongan kerja yang saya dapatkan melalui internet, bahwa perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja, maka dengan ini saya :

Nama .................................:__________

Alamat...............................:__________

Tempat / tanggal lahir.....:__________

Pendidikan terakhir.........:__________

Telepon / Handphone ....:__________


Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang bapak / ibu pimpin, dengan posisi yang dapat disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan saya.

Sebagai bahan pertimbangn, bersama ini turut saya lampirkan Curriculum Vitae (CV) serta foto terbaru sebanyak 1 lembar.

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat, dengan harapan Bapak / ibu dapat menerima saya bekerja di peusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya


(Tanda tangan)

(Nama lengkap Anda)

______________________________________________________




Contoh 2, cara menulis Surat Lamaran Kerja yang benar

______________________________________________________


(isi dengan lokasi anda dan tanggal membuat surat lamaran) Jakarta, 01 Januari 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : Satu Berkas

Kepada : Yth. Bapak/Ibu Kepala Bagian HRD ___________ (Isi nama perusahaan yang dituju)

Di Tempat


Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama .................................:__________

Alamat...............................:__________

Tempat / tanggal lahir.....:__________

Pendidikan terakhir.........:__________

Telepon / Handphone ....:__________

Status perkawinan .........:__________


Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (isi jabatan yang anda lamar) di perusahaan Bapak/Ibu.

Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan :

1. Daftar riwayat hidup

2. Fotocopy Ijazah pendidikan terakhir

3. Fotokopi KTP

4. Pas foto 4x6


Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya dapat diterima bekerja disini.

Atas waktu dan perhatian yang bapak/ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih.




Hormat saya


(Tanda tangan)

(Nama lengkap Anda)

______________________________________________________




Contoh 3, Cara menulis Surat Lamaran kerja yang benar

______________________________________________________



(Isi dengan lokasi anda dan tanggal membuat surat lamaran) Jakarta, 01 Januari 2017...........

Kepada Yth,................................

HRD PT (Isi nama perusahaan yang dituju)

di Tempat....................................



Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada website di internet, bahwa PT_(Nama perusahaan yang dituju) membutuhkan tenaga kerja sebagai (posisi yang dibutuhkan) , maka yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama .................................:__________

Alamat...............................:__________

Tempat / tanggal lahir.....:__________

Pendidikan terakhir.........:__________

Telepon / Handphone ....:__________

Status perkawinan .........:__________

Alamat Email ..................:__________


Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini, sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya.

Besar harapan saya untuk dapat bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.




Hormat saya..........


(Tanda tangan)...................

(Nama lengkap Anda)



______________________________________________________


Setelah cara menulis surat lamaran kerja yang benar sudah kita ketahui, yang tak kalah penting lagi dalam melamar pekerjaan, adalah kelengkapan data yang turut kita lampirkan di dalam surat lamaran kerja yang kita kirimkan.
Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang benar

Kelengkapan data melamar pekerjaan
Berikut beberapa data yang dapat kita lampirkan sebagai bahan referensi dan pertimbangan bagi perusahaan atau instansi yang kita tuju.
  • Surat Lamaran Kerja yang baik dan Benar.
  • Daftar Riwayat Hidup atau yang biasa disebut CV (Curriculum Vitae).
  • Foto Copy Ijazah terakhir.
  • Foto Copy KTP dan Foto terbaru anda.
  • Sertifikat yang anda miliki, sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Surat referensi, rekomendasi pengalaman kerja (jika anda pernah bekerja sebelumnya), ini juga harus disesuaikan dengan pekerjaan yang anda lamar.
  • SKCK (surat keterangan catatan kepolisian atau surat keterangan berkelakuan baik.
  • Surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit.


Perlu diingat, dalam menulis surat lamaran kerja, bisa saja anda buat kreasi anda sendiri, selama tidak berlebih-lebihan, baik dalam memilih kosa kata, pastikan tidak ada kata yang salah atau kurang huruf.

Dan pastikan seluruh data yang kita lampirkan , disesuaikan dengan posisi atau jabatan yang kita inginkan. jangan sampai kesalahan dalam melampirkan data malah membuat anda terlihat tidak profesional dimata penyedia pekerjaan.
Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang benar


Demikianlah sedikit gambaran mengenai bagaimana cara menulis Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar, semoga dapat membantu dan memberi manfaat bagi kita semua !

Tempat kita berbagi ilmu
dikutip dari berbagai sumber


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara menulis Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar beserta contohnya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.