Penjelasan lengkap tentang satuan Daya listrik Watt, KW, HP, PK dan sejarahnya


KW (Kilowatt), HP (Horse Power), PK (Paar den Kraft) dan PS (PferderStaerke)
Pada peralatan listrik yang biasa kita gunakan sehari-hari, kita pasti pernah menjumpai keterangan bahwa suatu alat listrik tersebut memiliki besaran daya dalam satuan Watt.

Seperti contoh, misalnya alat listrik setrika, biasanya menggunakan daya listrik sebesar 300 watt, atau sebuah lampu penerangan yang kita gunakan memiliki berbagai macam besar daya, ada lampu 5 watt, 18 watt, 26 watt dan lainnya.
Baca juga: Penjelasan satuan KW, KVA, KWH, KVAr

Dari beberapa contoh peralatan listrik diatas, kita dapat mengetahui seberapa besar daya listrik yang diperlukan atau yang dikonsumsi oleh suatu peralatan listrik, yaitu dengan melihat besaran daya Watt pada peralatan listrik tersebut.

Namun terkadang, pada beberapa peralatan listrik tidak kita temukan besaran daya berapa Watt, bagaimana mengetahui besaran Wattnya?

Seperti halnya pada sebuah pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner), biasanya tidak kita jumpai keterangan berapa besar daya dalam satuan Watt, yang ada pada suatu pendingin ruangan atau AC (air conditioner) adalah besaran tegangan (volt), besaran arus listrik dalam satuan ampere (amp), dan satuan PK.

Sebenarnya jika kita sudah mengetahui tegangan listrik (Volt) dan Arus listrik (Ampere) dari suatu peralatan listrik, kita sudah bisa mengetahui berapa daya listrik atau berapa Watt yang dibutuhkan atau dipakai oleh peralatan listrik tersebut.
Baca juga: 3 macam Daya Listrik

Bagaimana caranya?, Caranya adalah dengan menggunakan rumus daya listrik , yaitu:

Rumus daya listrik 1 phase (220 Volt)

P = V x I
  • P adalah Power atau daya listrik dalam satuan Watt
  • V adalah Voltage atau tegangan listrik dalam satuan Volt
  • I adalah Intensitas atau Arus listrik dalam satuan Ampere

Contoh menghitung daya:
Jika pada sebuah pendingin ruangan atau AC (Air conditioner) tertulis data bahwa tegangan listrik yang digunakan adalah 220 Volt, dan Arus listriknya adalah 1,7 Ampere.

maka daya listriknya adalah:

  • P = V x I
  • P = 220 Volt x 1,7 Ampere
  • P = 374 Watt.

maka didapat bahwa daya listrik yang dibutuhkan untuk AC (Air conditioner) tersebut adalah 374 Watt.

Penjelasan tentang satuan Watt, KW, HP, PK, PS

Namun jika kita ingin mengenal dan mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan satuan daya PK yang biasa kita dengar untuk menyatakan besaran daya sebuah pendingin ruangan atau AC (Air conditioner), kita bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut ini.

Pasti kita lebih sering mendengar istilah PK, pada suatu pendingin ruangan atau AC (Air conditioner), AC (air conditioner) dengan besaran ½ PK, 1 PK, 2 PK, dan lainnya.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan PK pada pendingin ruangan atau AC, dan apakah ada hubungannya dengan daya listrik (Watt)?


menghitung satuan daya listrik hp, kw, watt, pk dan sejarahnya
Satuan KW, HP, PK, PS


Pengertian satuan PK
PK adalah singkatan dari bahasa Belanda yaitu Paar den Kraft, yang artinya daya kuda.
Daya kuda jika dalam satuan daya bahasa inggrisnya adalah Horse Power atau HP.
Sedangkan 1 HP (Horse Power) adalah sama dengan 745,7 watt, atau 0,7457 KW.
1 PK = 1HP = 745,7Watt
1 HP (Horse Power) = 745,7 Watt
1 KW (1000 Watt) adalah sama dengan 1,34 HP
Karena 1 PK sama dengan 1 HP, maka 1 PK sama dengan 745,7 watt.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui bahwa satuan PK yang sering kita dengar dan biasa digunakan untuk satuan daya suatu pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner), sebenarnya adalah termasuk salah satu satuan besaran daya listrik, dan dapat kita konversikan kedalam satuan Watt.

Lalu , timbul pertanyaan lagi, Kenapa satu HP (Horse Power) itu sama dengan 745,7 watt?


Sejarah satuan HP (Horse Power)
Satuan daya dengan menggunakan satuan HP (Horse power) biasa digunakan untuk satuan daya pada electro motor listrik, pada mesin-mesin diesel, dan lainnya.

Satuan daya dengan menggunakan tenaga kuda, daya kuda atau Horse Power (HP), berawal dari seorang ilmuwan penemu mesin uap yaitu James Watt.

Dahulu, Seiring dengan produksi Mesin uap yang dikembangkan oleh James Watt, dan untuk lebih mengembangkan pemasaran mesin uapnya, James watt melakukan perbandingan antara tenaga mesin uap yang diproduksinya dengan Tenaga kuda.

Kenapa mesin uap dibandingkan dengan tenaga kuda?
Pada masa itu, masyarakat pada umumnya menggunakan tenaga kuda sebagai alat penggerak, baik untuk kendaraan, mesin-mesin pabrik dan lainnya.

Agar masyarakat sebagai calon konsumen mau membeli mesin uap yang diproduksi oleh James Watt, maka James Watt melakukan percobaan untuk dapat mengetahui berapa tenaga dari mesin uap yang diproduksinya jika dibandingkan dengan tenaga kuda.

Dengan demikian para masyarakat sebagai calon konsumen dapat menghitung seberapa besar keuntungan yang akan mereka dapatkan, jika tenaga kuda yang biasa mereka gunakan digantikan dengan menggunakan Mesin uap.

James Watt ketika itu menghitung bahwa seekor kuda mampu memutar sebuah alat mesin penggilingan sebanyak 144 kali dalam satu jam atau 2,4 kali dalam satu menit.

Radius dari roda yang berputar adalah 12 kaki, sehingga kuda bergerak sejauh 2.4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit.

James Watt yakin bahwa satu kuda mampu menarik dengan gaya 180 pound, dari data perhitungan ini, didapatkan hasil bahwa:


daya kuda, horse power, HP, KW, PK
Satuan Watt-Tenaga Kuda


Hasil 32.572 kaki-pound / menit dibulatkan menjadi 33.000 kaki-pound / menit.
1 HP (Tenaga Kuda) = 33000 kaki-pound/menit (745,7Watt)
Daya kuda mekanis (mechanical horse power) adalah nilai yang besarnya setara dengan 550 kaki-pound per detik atau 33000 kaki-pound per menit atau setara dengan 745.7 Watt.


Definisi Horse Power, Daya kuda atau tenaga kuda
Horse Power atau daya kuda adalah termasuk salah satu satuan besaran untuk pengukuran daya yang pada umumnya setara dengan 735.5 hingga 745.7 watt.

Dahulu , istilah Horse power atau daya kuda banyak digunakan untuk membandingkan kekuatan antara daya mesin uap dengan daya tarik seekor kuda.

Setelah itu, satuan ini digunakan juga untuk mengukur daya keluaran dari mesin diesel, piston, turbin, motor listrik, dan mesin lainnya.


Berbagai definisi atau arti Horse Power (HP) dilihat dari penggunaannya, antara lain:

Horse Power, daya kuda mekanik.
Mechanical Horse Power atau daya kuda mekanik adalah nilai daya yang besarannya sama dengan 550 kaki/detik, atau sama dengan 33.000 kaki-pound/menit.

33.000 kaki-pound / menit sama dengan 745.7 Watt.

Horse Power, daya kuda Metrik.
Dalam satuan metrik, satu daya kuda atau satu Horse Power (HP) sama dengan,
75 kgf-m / detik. Nilai ini setara dengan 735,499 Watt.

Daya kuda Boiler atau Boiler Horse Power.
Satuan daya kuda boiler dipakai untuk mengukur kemampuan suatu Boiler uap.

Nilai satuan daya kuda boiler sama dengan daya yang dibutuhkan untuk mengubah air menjadi uap sebanyak 34,5 pound air pada suhu 212 derajat Fahrenheit. Nilainya adalah 9809,5 Watt.

Satuan daya kuda atau HP (Horse Power) pada Motor listrik.
Satuan daya kuda atau Horse Power (HP) yang biasa digunakan untuk menyatakan besaran daya pada sebuah elektro motor listrik adalah merupakan daya yang dibutuhkan elektromotor tersebut (Daya Output).

Dan nilai satu daya kuda atau Horse Power, 1 HP pada elektro motor sama dengan 746 Watt.

Namun untuk elektromotor listrik yang diproduksi dari benua eropa dengan standar CE (Continental European) menggunakan dua satuan HP (Horse Power).

1 HP pada Elektromotor yang memiliki standar Continental European (CE) biasa juga menggunakan nilai 735 Watt.


PS (PferderStaerke)
Mungkin juga kita pernah mendengar satuan dengan istilah PS, lalu apa yang dimaksud dengan satuan PS, dan berapa besaran nilai dayanya jika diubah ke dalam satuan daya Watt.

Satu lagi satuan daya yang juga sering kita gunakan yaitu PS (PferderStaerke).

PS adalah singkatan dari bahasa Jerman yaitu: PferderStarke

PferderStarke jika diartikan adalah sama juga dengan tenaga kuda, daya kuda, Horse Power (HP).
1 PS = 1 Metrik HP = 735,3Watt
Definisinya sama dengan 1 metrik Horse power (HP), yang nilainya sama dengan 735,3 Watt.

Satuan daya dengan menggunakan istilah PS (PferderStarke) biasa digunakan untuk menentukan kekuatan daya suatu Mobil, Truk, kendaraan, mesin-mesin diesel, dan lainnya


Demikianlah penjelasan mengenai satuan daya listrik dalam satuan Watt, KW (KiloWatt), HP (Horse Power), PK (Paar den Kraft), DK (Daya Kuda), PS (PferderStaerke) yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian kita bisa tahu 1 KW berapa HP, atau 1 HP berapa Watt, 1 PK berapa HP, dan sebaliknya.

Semoga bermanfaat !

Tempat kita berbagi ilmu
dikutip dari berbagai sumber





Postingan terkait:

58 Tanggapan untuk "Penjelasan lengkap tentang satuan Daya listrik Watt, KW, HP, PK dan sejarahnya"

  1. numpang tanya ...apakah motor listrik 20pk samadengan mesin diesel 20hp?... terimakasih sudah berbqgi ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      Motor listrik 20 PK,
      Tenaga yang dihasilkan motor tersebut adalah 20PK.
      dan daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan Motor listrik tersebut adalah sebesar 20 x 745,7 watt = 14.914 watt atau 14,914kw.

      Mesin diesel 20Pk
      Ini berarti daya/tenaga maksimal yang mampu dihasilkan dari mesin diesel tersebut adalah 20PK.

      dengan kata lain, tenaga maksimal yang dihasilkan motor listrik dan mesin diesel tersebut adalah sama.

      Thanks

      Delete
  2. Trima kasih atas penjelasan nya , article ini sangat membantu karna udah lupa maklum faktor u semakin pengaruh . Pelajaran ini dulu ada di waktu ST.Negri jadi udah lama jadi lupa. Kebetulan aku mau hitung volume air menjadi kg , di kali tinggi jatuh,hasilnya menjadi HP.dari HP menjadi watt dan KW kemudian jadi MW.dan terahir efesiensi mesin yg di gerakkan (rendemen mesin)atau Turbine. Ok makasih banyak penjelasan nya.

    ReplyDelete
  3. ongen derpanzer. . 1 detik yang lalu. . Assalamualaikum,, bro saya mau tanya ni,, sebenarnya Kapasitas Genset 1KVA itu 1000 watt atau 800 w, mohon penjelasannya dan 1 pertanyaan lagi apakah kalau Arus Listrik dari Genset bertabrakan dengan arus listrik dari PLN bisa terjadi kebakaran?,, sebelumnya mksh,,. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 KVA biasa dikalikan lagi dengan cosphi yg biasanya sebesar 0,8, jadi 1 KVA x 0,8 = 0,8KW = 800Watt

      Tentu bisa menyebabkan kebakaran jika listrik dgn phase berbeda dihubungkan

      Delete
  4. Nanya jg nih.. kalo kincir tambak kan ada yg 3phase 1pk, 1phase 1pk. Lantas apa kalo sama1pknya tapi beda phasenya wattnya tetep sama 750w?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Motor listrik 1 Phase, bebannya 750w hny 1 phase, kalau motor listrik 3 phase beban pada ketiga phase masing-masing 750w

      Delete
  5. terimakasih, gan atas infonya

    ReplyDelete
  6. Mau tanya...saya mempunyai elektromotor 3 hp, 1 phase..itu membutuhkan berapa watt ya?
    Apa bener 3x745 watt?terima kasih

    ReplyDelete
  7. Pak lw kwh meter sistem pulsa, dgn daya 900 watt,lw buat ngelas tergantung pulsanya, mohon pencerahannya thanks,,,

    ReplyDelete
  8. mas mau tanya kalau AC 6 PK 3 PHASE kalau mau ngitung rupiah perjam caranya gimana ya? misalkan Rp 1600 per kwh trimakasih

    ReplyDelete
  9. Saya punya dinamo 30kw berapa pk mesin yang saya butuhkan untuk beban maksimal dan keluaran ya listrik berapa watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus lebih besar dari 30Kw (30kw x 1,33 = 40PK)

      Delete
    2. maaf..yg 1,33 dri mana pak..maklum bru bljar listrik..hehe

      Delete
    3. 1PK = 0,75Kw
      1Kw = 1,33 PK

      Delete
  10. kalau 164.000 VA berapa watt Pak..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. W = Va x Cosphi

      kalau Cosphinya adalah 1, maka

      164.000Va = 164.000 Watt

      Delete
  11. mau tanya pak...

    kalau ada elektrik motor 25kw 230V kalau dijadikan HP berapa HP ?

    terimakasih

    ReplyDelete
  12. mau tanya pak,
    saya mempunyai mesin dengan power 7700 Watt dan 1 phase, apakah cukup dengan daya listrik yang akan saya naikan menjadi 10.500 watt 3 phase? atau berapa min. daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan mesin tersebut? terima kasih sebelumnya pak

    ReplyDelete
  13. siang om, treadmill elektrik 1,75 hp berapa watt ?

    ReplyDelete
  14. Selamat siang pak..
    Mau tanya klo motor 0,75Kw 380V rpm 1300.dipakai gear box dengan ratio 1:180.apakah motor tersebut mampu menggerakan mesin seberat 1,5 ton yg terpasang diatas rel.
    Mohon pencerahanya.Txs

    ReplyDelete
  15. Siang pak mau tanya mana yg lbh besar 750 kw apa 850 hp tolng sxlian penjelasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 750 KW Lebih besar dari 850 HP

      750Kw x 1,34 = 1005 HP

      atau sebaliknya

      850 HP x 0,7457 = 633,84 KW

      Delete
  16. Untuk motor 3hp dengan 3phase membutuhkan berapa watt pak

    ReplyDelete
  17. Pak buat jalanin kompresor 2hp pakai genset ukuran minimal berapa yaa biar bisa jalan normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin besar genset semakin bagus, Untuk pengoperasian kontinu, minimal genset 5 KW

      Delete
  18. Mantap banget.
    Terimakasih atas penjelasannya.
    Semoga yg maha kuasa membalas semua kebaikan² anda salam

    ReplyDelete
  19. Untuk motor 3hp 3phase butuh listrik 3x750watt,
    Klo untuk 3hp 1phase butuh listrik brp Watt?
    Klo 1hp 3phase juga brp Watt?
    Maaf pengen belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motor 3hp 3Phase, membutuhkan listrik 3 Phase minimal 3 hp
      Motor 3 Hp 1 phase, membutuhkan listrik 1 phase, minimal 3 hp juga
      Motor 1 hp 3 phase, membutuhkan listrik 3phase, 1 hp

      Delete
  20. Pak pngen nanya,klu untuk alat pnggerak menggiling kedelai,,pke dinamo brp HP pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang paham mengenai mesin penggiling kedelai, coba diskusi dengan yang sdh pengalaman akan hal ini

      Delete
  21. Listrik gudang saya 2200 Watt, dipakai untuk mengoperasikan mesin dengan kapasitas 2 pk masih mampu ya,,

    ReplyDelete
  22. Pak saya mau tanya,,saya merakit sebuah blower memakai dinamo 0.5hp dan tertulis di label 2.8amp"
    Namun setelah saya tes,,beban ampere nya 2.8amp jg...apakah tidak jadi masalah buat dinamo saya pak..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dioperasikan secara continu atau terus menerus, Tentu akan menyebabkan umur motor menjadi lebih pendek atau mudah panas dan rusak, kecuali hanya idgunakan untuk temporary

      Delete
  23. Terimakasih artikel nya sangat membantu gan

    ReplyDelete
  24. Sangat bermanfaat untuk pengetahuan saya yang tidak sekolah

    ReplyDelete
  25. Butuh daya berapa kva untuk menggerakan dynamo 3 phase 3pk
    Sedangkan dynamo nya ada 3 buah ukuran hp dan phase nya sama
    Tolong pebjelasan nya min

    ReplyDelete
  26. Saya lihat di kompresor
    Ada 15A, 220v dan 3hp. Itu berapa watt y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3hp = 3 x 745,7 watt

      Delete
    2. Ijinkan saya ikut bertanya.... Motor 2pk 3phase penggerak mixer.... Apa mampu Bila saya ganti 2pk 1phase...trimakasih

      Delete
    3. Bisa, asalkan listriknya juga 1 phase

      Delete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin