Arti kata HOAX dan asal usul kata tersebut




arti kata hoax

Apa sebenarnya pengertian dari kata Hoax, dan darimana asal usul kata Hoax tersebut ?


Seiring dengan perkembangan dunia informasi, memberikan kita berbagai kemudahan untuk dengan cepat mendapatkan berbagai kabar berita terbaru dari seluruh dunia.

Tak hanya untuk mendapatkan berbagai informasi atau berita, dunia internet dan sosial media juga dapat kita gunakan untuk berbagi informasi dan menyebarluaskan berbagai berita keseluruh dunia dengan sangat cepat.

Namun, Selain berguna untuk menyebarluaskan atau berbagi hal-hal yang bersifat positif, berbagai kemudahan ini ternyata dimanfaatkan untuk menyebarluaskan berbagai berita bohong dan hal-hal negatif atau berita Hoax oleh sebagian orang.

Sebagian orang yang yang tidak bertanggung jawab menyebarluaskan berbagai berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya. Atau yang disebut dengan Hoax.

Berita Hoax yang disebarluaskan memang ditujukan agar orang lain dapat dengan mudah mempercayai berita bohong atau hoax tersebut, dan tak jarang orang lain justru turut serta untuk menyebarkannya.

Ironisnya, berbagai berita Hoax yang belum jelas sumber dan keabsahannya tersebut, dengan mudahnya kita percayai dan turut serta untuk mengajak orang lain mempercayainya dengan berbagi di media sosial.

Bahkan tak jarang berita Hoax atau informasi palsu yang tersebar dengan sangat cepat di dunia internet dan sosial media tersebut berisikan tentang hal-hal besar yang menggemparkan dunia, berisi tentang Provokasi, fitnah, dan kebohongan-kebohongan besar lainnya.

Lalu mengapa istilah Hoax digunakan untuk berita-berita bohong tersebut ?


Arti kata " Hoax "


Hoax adalah berbagai pemberitaan atau penyebarluasan informasi yang berisi tentang kebohongan, dan dengan sengaja disebarluaskan melalui berbagai media informasi.

Berita Hoax sengaja disebarluaskan untuk memperdaya atau untuk membuat orang lain percaya akan berita bohong tersebut.

Penyebar berita Hoax tersebut akan mendapatkan kepuasan dan bahkan mendapatkan keuntungan dari berita-berita Hoax yang ia sebarkan.

Sebenarnya di beberapa negara, Hoax memiliki kaitan dengan budaya April Mop, yang dirayakan setiap tanggal 1 april, yaitu sebuah tradisi memperdaya orang lain dengan berbagai berita bohong sekedar untuk bahan lelucon.

Namun kini, penggunaan berita Hoax ini disalah gunakan oleh beberapa orang dengan menyebarluaskan berbagai berita bohong, yang dampaknya bahkan dapat menggemparkan dunia. Bahkan tak jarang berita Hoax dapat mencemarkan nama baik seseorang atau golongan tertentu, tak lagi hanya sebatas lelucon.


Asal usul penggunaan kata HOAX


Istilah Hoax atau berita bohong ini sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Istilah Hoax diperkirakan pertama kali muncul sekitar tahun 1808, dan merupakan istilah dalam bahasa inggris. hal ini tertulis dalam buku yang berjudul Sins Against Science karya Linda Walsh.

Kata Hoax juga diyakini berasal dari kata-kata mantra para penyihir pada jaman dulu, yaitu "Hocus Pocus" yang berasal dari bahasa latin, yakni "Hoc est corpus", yang digunakan para penyihir untuk memperdaya orang lain dengan kata-kata mereka yang ternyata bohong.

Penjelasan mengenai Hoax yang berarti suatu penipuan, juga dapat ditemukan dalam sebuah buku tahun 1965, yang berjudul Candle in the dark karya Thomas ady.

Penggunaan kata Hoax mulai populer, sekitar tahun 2006. Yang didapat dari sebuah film berjudul Hoax, yang dibintangi oleh Richard Gere dan disutradarai oleh Lasse Halstorm.

Film Hoax ini sebenarnya diambil dari sebuah Novel hasil karya Clifford Irving yang juga berjudul Hoax, namun karena isi dari Film Hoax tersebut banyak melenceng dari Novel karyanya, Clifford Irving akhirnya mengundurkan diri dari pembuatan film Hoax tersebut.

Sejak saat itu, Film Hoax ini dikenal sebagai suatu Film yang banyak berisikan tentang kebohongan-kebohongan, dan banyak orang yang menggunakan istilah Hoax untuk menggambarkan suatu berita bohong.

Berita Hoax yang awalnya digunakan sebagian orang untuk sekedar lelucon, kini menjadi semakin meresahkan. Berbagai pemberitaan bohong atau berita Hoax menyebar luas, dan kini menyebabkan berbagai hal negatif dan mulai meresahkan banyak kalangan.

Oleh karena itu, diharapkan agar kita tidak dengan mudah menerima segala pemberitaan, apalagi suatu berita yang berisi tentang hal yang kurang masuk akal dan tidak jelas sumber beritanya.

Perlu kita ingat, bahwa suatu berita Hoax, dapat tersebar dengan luas hanya dalam waktu yang singkat karena kebanyakan dari kita justru ikut menyebarluaskan berita tersebut.

Tak jarang juga beberapa berita Hoax tersebut berisikan suatu ancaman atau ultimatum jika seseorang yang telah mengetahui berita tersebut akan mendapatkan kerugian atau musibah jika tidak turut menyebarkannya kepada orang lain.

Sebenarnya kita dapat membedakan mana berita hoax dan mana yang bukan, dengan lebih selektif dalam menerima sebuah berita atau informasi, dan jangan terlalu mudah untuk membagikan berita hoax yang belum jelas asal usul dan kebenarannya.

Berikut beberapa Tips menghadapai berita Hoax


1. Jika kita menemukan suatu berita yang meragukan, kita dapat mencari sumber-sumber berita terpercaya  lainnya di internet, apakah sumber lainnya juga memuat isi berita yang sama. jika tidak, maka berita tersebut memiliki kemungkinan besar adalah berita Hoax.

2. Kenali sumber yang memuat berita Hoax tersebut, dan telusuri alamat penyebar berita, apakah situs tersebut dapat dipercaya atau hanya situs berita dadakan.

3. Sekali kita mendapatkan suatu berita Hoax disebarkan oleh situs tertentu di internet, jangan pernah membagikan berita tersebut dan jangan pernah mempercayai situs tersebut lagi atau Black List saja.

4. Selain itu, kita pastinya juga dapat menggunakan pemikiran rasional dan insting kita, dengan lebih berhati-hati dalam menanggapi setiap berita yang kedegaran kurang masuk akal.


Semoga artikel mengenai pengertian kata Hoax, dan asal usulnya, dapat memberikan tambahan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Tempat kita berbagi ilmu

dikutip dari berbagai sumber

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Arti kata HOAX dan asal usul kata tersebut"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda di Blog Tempat kita berbagi ilmu ini, Semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan bagi kita semua, mohon komentar atau masukan yang baik dan bermanfaat untuk kemajuan Blog ini.