Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera


Apa sebenarnya maksud dari kata Resolusi pada Foto, Gambar atau kamera?
Dari kedua Gambar dibawah ini, dapat disimpulkan bahwa, Meski gambar dan ukurannya sama, kita dapat melihat dengan jelas perbedaan kualitas gambar antara gambar yang memiliki resolusi tinggi dengan kualitas gambar dengan resolusi rendah.

Dan semakin rendah resolusi suatu gambar, gambar tersebut terlihat seperti kotak-kotak yang tersusun menjadi gambar.

Perbandingan Resolusi Gambar

Semakin tinggi Resolusi sebuah Gambar atau Kamera, semakin banyak jumlah Pixel dalam satu gambar atau foto,dan semakin kecil kotak-kotak yang tersusun membentuk gambar tersebut sampai bentuk kotak tak terlihat dan semakin Baik Kualitas gambar atau foto tersebut".

Kata Resolusi pada gambar atau Kamera
Pastinya kita sering mendengar atau bahkan mengucapkan kata Resolusi, terutama saat hendak membeli sebuah ponsel atau kamera digital.

Kita pastinya menginginkan Kamera dengan Resolusi tinggi untuk hasil Foto yang terbaik.

Zaman sekarang, sudah tidak asing lagi bagi kita, bahwa setiap kegiatan atau peristiwa yang kita lalui atau saksikan, kita akan dengan mudah dapat mengabadikannya menggunakan kamera, baik itu dari kamera sebuah ponsel ataupun dari sebuah kamera digital.

Seperti halnya, kegemaran kebanyakan orang saat ini, untuk memotret dirinya sendiri atau yang biasa disebut dengan Foto Selfie.

Kapanpun dan dimanapun, Setiap orang akan dengan mudah melakukan Foto Selfie. Tak harus dengan menggunakan kamera digital, bahkan dengan menggunakan kamera yang ada di ponsel pun, sudah cukup memberikan hasil jepretan foto selfie yang lumayan bagus.




Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera
Tentunya, untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas, dari sebuah kamera ponsel atau kamera digital. Membutuhkan sebuah kamera yang berkualitas juga, dan biasanya kualitas dari sebuah kamera tersebut ditentukan dengan seberapa tinggi resolusi kamera yang digunakan.

Saat ini, tak sulit untuk mendapatkan sebuah ponsel yang memiliki kamera yang bagus dengan resolusi tinggi.

Dengan harga yang tidak terlalu mahal dan terjangkau, kita dapat memiliki sebuah ponsel yang sudah dilengkapi dengan sebuah kamera dengan kualitas lumayan bagus dan resolusi tinggi.

Untuk mendapatkan sebuah gambar atau Foto, saat ini sudah sangat mudah. Karena berbagai produk kamera digital ataupun ponsel sudah dilengkapi dengan teknologi kamera yang cukup canggih dan tentunya dengan kamera resolusi tinggi.

Karena itulah, kualitas dari sebuah produk ponsel di pasaran tak bisa lepas dengan seberapa tinggi resolusi kamera yang dimiliki ponsel tersebut.

Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera
Pada saat ingin membeli sebuah Ponsel atau Kamera digital, kita sering menanyakan seberapa besar resolusi kamera dari ponsel atau kamera digital tersebut.

Dengan tujuan untuk dapat menghasilkan sebuah foto yang bagus dan berkualitas tinggi, kita pasti mencari ponsel atau kamera digital yang memiliki resolusi kamera yang tinggi.

Berbagai produk ponsel atau kamera digital yang ada dipasaran sudah dilengkapi dengan kamera yang memiliki resolusi tinggi.

Semakin tinggi Resolusi kamera yang dipakai akan semakin bagus juga hasil gambar atau foto yang dihasilkan kamera tersebut.

Resolusi kamera yang bagus biasanya menggunakan satuan mega pixel (MP).

Seperti misalnya sebuah kamera yang memiliki resolusi 16 mega pixel (16 MP), tentunya akan menghasilkan gambar atau foto yang jauh lebih bagus dan jernih jika dibandingkan dengan kamera yang memiliki resolusi hanya 5 mega pixel (5 MP).
Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera

Arti kata Resolusi

Lalu, apa sebenarnya maksud dari kata Resolusi pada kamera atau gambar tersebut ?

Istilah Resolusi pada gambar atau kamera adalah menunjukkan ukuran dari besar kecilnya pixel, semakin tinggi resolusi semakin banyak jumlah pixel dan sebaliknya semakin rendah resolusi semakin sedikit jumlah pixel dalam satu ukuran sebuah gambar atau foto.

Resolusi juga menunjukkan berapa banyak pixel pada foto yang akan dicetak dalam 1 inci persegi (atau sentimeter persegi) pada sebuah media cetak seperti kertas.

Dan mengapa semakin tinggi Resolusi kamera yang digunakan, hasil gambar atau foto dari kamera tersebut akan semakin bagus ?

Kita ambil sebuah data dari dua buah ponsel berikut ini:


  • Ponsel Samsung Galaxy S6 EDGE
Spesifikasi Kamera : Resolusi 16 Mega Pixel ( 2988 pixels x 5312 pixel )


  • Ponsel Sony Experia Z5
Spesifikasi Kamera : Resolusi 23 MP ( 5520 pixels х 4140 pixels )

Dari dua contoh spesifikasi kamera ponsel diatas, kita dapat menjelaskan mengenai apa itu Resolusi dari sebuah kamera.
Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera


Ponsel samsung Galaxy S6 EDGE, memiliki resolusi kamera sebesar 16 Mega pixel. Resolusi kamera ini didapat dari hasil perkalian Width (Lebar) 2988 pixels dikalikan dengan Heigth (Tinggi) 5312 pixels.
Hasilnya sama dengan 15.872.256 Pixels. Hasil ini dibulatkan menjadi 16.000.000 pixels (16 juta pixels).

Karena satuan Megapixel adalah senilai dengan 1000 Kilopixel, atau sama dengan sejuta pixel, maka 16 juta pixel sama dengan 16 Mega Pixel atau 16 MP.

Ponsel Sony Experia Z5, memiliki resolusi kamera sebesar 23 Mega Pixel. Resolusi kamera ini didapat dari hasil perkalian Width (Lebar) 5520 Pixels dikalikan dengan Heigth (Tinggi) 4140 Pixels.

Hasilnya sama dengan 22.852.800 Pixels. Atau dibulatkan menjadi 23.000.000 Pixels, atau 23 juta Pixels.

Karena satuan Megapixel adalah senilai dengan 1000 Kilopixel, atau sama dengan sejuta pixel, maka 23 juta pixel sama dengan 23 Mega Pixel atau 23 MP.

(1 Mega = 1 Juta).

Lalu mengapa semakin tinggi Resolusi kamera, semakin bagus Gambar atau Foto yang dihasilkan?

Coba kamu lihat sebuah gambar atau Foto yang ada di ponsel kamu, lalu diperbesar atau di Zoom sebesar mungkin, hasilnya gambar atau foto tersebut akan terlihat samar seperti kotak-kotak berwarna yang tersusun menjadi sebuah gambar.

Kotak-kotak yang ada pada gambar itulah yang tersusun dan membentuk gambar atau foto. Semakin banyak kotak-kotak yang ada, akan semakin bagus dan jernih susunan gambar atau foto.
Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera

Apa yang dimaksud dengan PIXEL?

Pixel adalah bagian terkecil pada suatu gambar digital.

Monitor menampilkan gambar dengan membagi-bagi layar menjadi ribuan (bahkan jutaan) pixel-pixel, tersusun pada banyak baris dan kolom.

Kotak – kotak yang tersusun tersebut dinamakan Pixel.

Oleh karena itulah semakin tinggi resolusi gambar atau foto, semakin banyak jumlah pixel dan semakin bagus dan jernih pula gambar atau foto yang dihasilkan.

Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera
Dengan membaca penjelasan diatas, tentang apa sebenarnya maksud kata Resolusi Gambar,kita dapat mengetahui arti kata Resolusi yang biasa digunakan untuk menyatakan seberapa besar kualitas Gambar atau foto yang dimiliki.


Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan yang bermanfaat untuk kita semua !

Tempat kita berbagi ilmu

dikutip dari berbagai sumber


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian kata Resolusi pada gambar atau Kamera"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.