Berapa biaya minimal membangun Rumah Minimalis Tipe-36


Berbagai pertanyaan yang membayangi kita saat ingin memiliki atau hendak membangun sebuah rumah.
Berapa biaya membangun rumah minimalis tipe-36 dengan 2 kamar tidur?
Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah Rumah?
Apakah membangun rumah membutuhkan dana yang cukup besar?
Bisakah membangun rumah dengan biaya kecil?
Berapa dana atau biaya yang harus disiapkan untuk membangun sebuah rumah?
Bisakah saya membangun sebuah rumah, dengan biaya yang kecil?
Berapa biaya untukmembangun sebuah rumah?
Apakah dana yang saya miliki cukup untuk membangun sebuah rumah?
Apakah dengan dana sebesar 40 juta cukup untuk membangun rumah?
Berapa biaya untuk membangun sebuah rumah sederhana dengan dua kamar

Artikel ini saya tulis dan saya bagikan kepada anda semua berdasarkan dari pengalaman saya sendiri saat membangun rumah, dan Sebelumnya saya juga masih ragu, apakah dengan dana yang saya miliki cukup untuk membangun sebuah rumah walau sederhana?

Saya khawatir saat sudah memulai membangun rumah, akhirnya karena kehabisan dana, pembangunan rumah menjadi terhenti.




Membangun rumah sederhana, adalah impian banyak orang, Baik itu untuk dijadikan tempat tinggal sendiri atau mungkin sebagian dari anda ingin menginvestasikan dana yang anda miliki dengan membangun rumah sederhana untuk dikontrakkan atau disewakan. Usaha rumah kontrakan, sekaligus Investasi

Bagi anda yang saat ini belum memiliki rumah sendiri, sehingga anda harus tinggal dirumah kontrakan atau rumah sewa, Anda bisa mulai merencanakan untuk membangun rumah sendiri dengan menggunakan perhitungan lengkap biaya membangun rumah sederhana dibawah ini.

Dan bagi anda yang saat ini sudah memiliki rumah sendiri, Membangun rumah sederhana untuk dikontrakkan atau rumah sewa bisa menjadi pilihan yang cukup baik dalam menambah penghasilan dan menginvestasikan dana yang kita miliki.

Lalu, Apa yang pertama kali harus kita lakukan sebelum membangun sebuah rumah sederhana?

perhitungan bahan dan biaya membangun rumah minimalis tipe 36
Biaya Bangun rumah sederhana

Hitung biaya Membangun Rumah sesuai ukuran yang diinginkan

Mungkin kebanyakan orang akan menjawab bahwa langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan dana untuk biaya membangun rumah tersebut.

Dana memang menjadi bagian utama sebelum anda membangun sebuah rumah, Namun bagaimana anda tahu apakah dana yang anda miliki sudah cukup atau belum, jika anda belum memikirkan ukuran rumah yang akan anda bangun.

Oleh karena itu, hal yang tak kalah penting sebelum membangun sebuah rumah adalah lokasi atau tanah untuk tempat membangun rumah tersebut.
Tips memilih Lokasi Rumah Tempat tinggal

Disini, kita hanya membahas mengenai biaya membangun rumah dan tidak termasuk dengan biaya membeli tanah untuk rumah tersebut, Karena harga tanah untuk rumah berbeda-beda di masing-masing daerah.

Oleh karena itu sebelum anda membangun rumah sederhana, terlebih dahulu anda harus memiliki tanah tempat rumah tersebut akan dibangun, dan Setelah kita memiliki tanah untuk tapak rumah, barulah kita masuk ke langkah selanjutnya sebelum membangun sebuah rumah sederhana.

Langkah Pertama
Langkah Pertama sebelum mulai menyiapkan dana untuk membangun sebuah rumah sederhana adalah tentukan ukuran rumah yang ingin anda bangun, dan Tentunya semakin besar ukuran rumah yang akan anda bangun, semakin besar pula biaya yang dibutuhkan.

Namun jika anda ingin membangun sebuah rumah yang sederhana, anda bisa memilih ukuran yang seminimal mungkin namun tetap layak untuk menjadi tempat tinggal, Ukuran rumah sederhana yang umumnya digunakan adalah rumah minimalis dengan tipe-36 dengan dua kamar tidur.

Rumah sederhana dengan tipe 36, maksudnya adalah rumah dengan ukuran panjang 6 meter dan lebar 6 meter (6 meter x 6 meter).

Setelah anda menentukan ukuran rumah yang akan dibangun yaitu rumah tipe 36, selanjutnya anda bisa mulai melakukan perhitungan kebutuhan material dan biaya untuk rumah tersebut.

Rumah minimalis sederhana dengan tipe-36 dengan 2 kamar tidur yang akan dibangun memiliki ukuran panjang 6 meter, lebar 6 meter dan tinggi umumnya sekitar 4 meter.

Langkah kedua
Langkah kedua, adalah membuat daftar kebutuhan material dan rincian biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah minimalis tipe-36 dengan 2 kamar tidur.

Kita dapat membuat daftar kebutuhan material apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah sederhana tipe 36 tersebut.

Dibawah ini adalah contoh berbagai material atau bahan bangunan yang biasanya dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah, antara lain:

Rincian biaya dan material Membangun Rumah Sederhana
  • Batu bata
  • Semen
  • Pasir
  • Kerikil
  • Besi beton
  • Papan
  • Broti
  • Seng
  • Paku
  • Kusen, pintu dan jendela
  • Kunci, engsel, dan lainnya
  • Triplek plafon
  • Closet
  • Pintu kamar mandi
  • Cat minyak dan cat tembok
  • Instalasi pipa air
  • Instalasi listrik
  • Upah kerja tukang

Bagaimana menghitung kebutuhan material untuk membangun rumah sederhana tipe.36 dengan dua kamar?

Berikut rincian cara menghitung biaya dan kebutuhan material untuk membangun rumah minimalis tipe-36 dengan 2 kamar tidur.

Daftar kebutuhan material dan perhitungannya

1. Batu bata
Untuk membangun rumah, bahan yang dibutuhkan untuk membuat dinding atau temboknya adalah batu bata, atau bisa juga dengan menggunakan batako.

Kita mengambil perhitungan untuk menentukan kebutuhan berapa jumlah batu bata yang dibutuhkan untuk rumah tipe-36 dengan 2 kamar tidur.

Pada umumnya ukuran batu bata standar, untuk membuat dinding seluas 1 m², dibutuhkan batu bata sebanyak 90 buah.

Ukuran luas seluruh tembok rumah tipe 36 dengan dua kamar, adalah : 154 m²
  • Tembok depan dan belakang = (6m x 4m) + (6m x 4m) = 48 m²
  • Tembok samping = (6m x 4m) + (6m x 4m) = 48 m²
  • Tembok dua buah kamar = (3m x 4m) + (2,5m x 4m x 4) = 52 m²
  • Tembok kamar mandi = 1,5m x 4 = 6 m²
  • Total luas tembok = 48 m² + 48 m² + 52 m² + 6 m² = 154 m².
Kebutuhan batu bata = 154 m² x 90 buah = 13.860 buah.
Anda bisa membulatkan hasil perhitungan diatas menjadi 15.000 buah.
Harga batu bata = Rp. 500 / buah.

Maka biaya untuk batu bata = 15.000 x Rp. 500 = Rp.7.500.000,-

2. Semen
Kebutuhan semen dalam membangun sebuah rumah, ada beberapa macam yaitu untuk memasang batu tembok, plester atau aci, buat pondasi atau cor, dan untuk lantai.
  • Untuk pasang batu dinding
Ukuran luas permukaan tembok atau dinding seluruhnya = 154 m²
Kebutuhan semen per m² = 10 kg
Maka kebutuhan semen untuk tembok = 10 kg x 154 m² = 1.540 kg
Atau 1.540 kg / 50kg = 30,8 Zak. Atau dibulatkan menjadi 31 Zak.

  • Untuk Plester (aci) dinding
Ukuran luas permukaan tembok atau dinding seluruhnya = 154 m², karena tembok ada dua lapis (Luar dan dalam) maka kita kali dua: 154m² x 2 = 308m²
Kebutuhan semen per m² = 5 kg
Maka kebutuhan semen untuk acian tembok = 5 kg x 308 m² = 1.540 kg
Atau 1.540 kg / 50kg = 30,8 Zak. Atau dibulatkan menjadi 31 Zak.

  • Untuk lantai
Ukuran luas seluruh lantai rumah tersebut : 36 m²
Jika tebal semenisasi lantai adalah : 10 cm (0,1 meter)
maka Volume lantai adalah : 36 m² x 0,1 m = 3,6 m³
Rasio untuk semen dan pasir adalah 1 : 5
Kebutuhan semen adalah 1/6 x 3,6 m³ = 0,6 m³

Berapa kg semen dalam 1 m³?
Untuk mengubah satuan semen dalam meter kubik ke dalam kilogram, maka kita harus mengetahui berat jenis semen.
Berat jenis semen yaitu : 1.500 kg / m³

Jadi kebutuhan semen untuk lantai, adalah :
0,6 m³ x 1.500 = 900 kg, dibagi 50kg/zak menjadi = 18 Zak.

  • Untuk cor pondasi
Volume seluruh pondasi yang akan di cor, adalah : 0,2 m x 0,2 m x 24 m x 2 = 1,92 m³
  • 0,2 meter atau 20 cm adalah lebar pondasi
  • 0,2 meter atau 20 cm adalah tinggi pondasi
  • 24 meter adalah keliling rumah, sedangkan angka 2 diambil karena yang mau dicor adalah bagian pondasi dan penutup dinding atas.
Jika perbandingan campuran cor adalah 1 : 2 : 3

Maka semen yang dibutuhkan adalah :
1/6 x 1,92 m³ = 0,32 m³
Berat semen = 1500 kg x 0,32 m³ = 480 kg. Atau 9,6 zak dibulatkan menjadi 10 zak.

Total kebutuhan semen :
31 Zak + 31Zak + 18 Zak + 10 Zak = 90 Zak. (semen @ 50 kg).
Jika harga semen @ 50 kg Rp. 60.000,-

Maka biaya semen untuk membangun sebuah rumah sederhana tipe.36 dengan dua kamar, adalah :
90 Zak x Rp. 60.000 = Rp. 5.400.000,-

3. Pasir
Dalam membangun sebuah rumah, pasir dibutuhkan sebagai campuran semen untuk pemasangan batu bata, plester, acian, lantai dan cor pondasi.
  • Pasir untuk pemasangan batu bata
Luas tembok seluruhnya, adalah : 154 m²
Kebutuhan pasir adalah 0,045 m³ x luas dinding
Maka pasir yang dibutuhkan : 0,045 x 154 = 6,93 m³

  • Pasir untuk plester (acian) tembok
Ukuran luas permukaan tembok atau dinding seluruhnya = 154 m², karena tembok ada dua lapis (Luar dan dalam) maka kita kali dua: 154m² x 2 = 308m²
Kebutuhan pasir adalah 0,027 m³ x luas dinding
Maka pasir yang dibutuhkan : 0,027m³ x 308 = 8,31 m³

  • Pasir untuk lantai
Volume lantai seluruhnya adalah : 36 m² x tebal 0,1 m = 3,6 m³
Perbandingan semen dan pasir adalah 1 : 5
Maka kebutuhan pasir untuk lantai, adalah : 5/6 x 3,6 m³ = 3 m³

  • Pasir untuk cor pondasi
Perbandingan yang digunakan untuk cor pondasi adalah 1 : 2 : 3. (1 bagian semen, 2 bagian pasir dan 3 bagian kerikil).

Volume cor yang dibutuhkan untuk rumah sederhana tipe 36, adalah : 1,92 m³
Maka, pasir = 2/6 x 1,92 m³ = 0,64 m³.

Total kebutuhan pasir untuk membangun rumah sederhana tipe 36, adalah :
6,93 m³ + 8,31m³ + 3 m³ + 0,64 m³ = 18,88 m³, dibulatkan menjadi 19 m³.

Jika harga pasir adalah Rp 150.000,- / m³
Maka biaya untuk kebutuhan pasir, adalah : Rp. 150.000,- x 19 m³ = Rp. 2.850.000,-

4. Kerikil
Kebutuhan Kerikil untuk cor pondasi dengan volume 1,92 m³, adalah :
3/6 x 1,92 m³ = 0,96 m³ atau dibulatkan menjadi 1 m³

Jika harga kerikil adalah Rp. 300.000,-
Maka biaya untuk kerikil adalah : 1 m³ x Rp. 300.000,- = Rp. 300.000,-

5. Besi beton
Besi beton dipakai untuk besi cor pondasi, ukuran besi beton yang biasa digunakan untuk membangun rumah sederhana, adalah besi beton 8 mm, dan besi beton 5 mm untuk cincinnya.

Kebutuhan besi beton untuk rumah sederhana tipe.36 adalah :
Besi beton 8 mm : sebanyak 50 batang, jika harga perbatangnya adalah Rp. 35.000,
Maka biaya untuk besi beton 8 mm = 50 x Rp.35.000 = Rp. 1.750.000
Besi beton 5 mm : sebanyak 50 batang, jika harga perbatangnya adalah Rp. 5.000
Maka biaya untuk besi beton 5 mm = 50 x Rp. 5.000 = Rp. 250.000

Total biaya untuk besi beton = Rp. 1.750.000 + Rp. 250.000 = Rp. 2.000.000,-

6. Papan
Meski rumah yang akan kita bangun adalah berbahan beton atau permanen, namun kita juga masih membutuhkan papan, untuk resplang.

Kebutuhan papan untuk rumah sederhana tipe-36 adalah : 10 keping
Harga Papan ukuran 2 x 10 adalah Rp. 40.000/keping

Biaya untuk papan adalah : 10 x Rp. 40.000 = Rp. 400.000,-

7. Broti
Untuk membangun sebuah rumah, dibutuhkan Broti untuk plafon, kuda-kuda Atap seng, dengan berbagai ukuran Broti.

Broti ukuran 1,5 x 2 untuk pasang plafon dibutuhkan sebanyak : 25 batang, jika harga broti 1,5 x 2 adalah Rp. 20.000/batang
Biaya untuk broti ukuran 1,5 x 2 = 25 x Rp. 20.000 = Rp. 500.000,-

Broti ukuran 1 x 2 untuk seng sebanyak : 15 batang, jika harga broti ukuran 1 x 2 adalah Rp. 15.000
Biaya untuk broti 1 x 2 untuk seng adalah : 15 x Rp. 15.000 = Rp. 75.000,-

Broti ukuran 1,5 x 3 untuk seng sebanyak : 30 batang, jika harga broti ukuran 1,5 x 3 = Rp. 30.000
Biaya untuk broti 1,5 x 3 untuk seng adalah : 30 x Rp. 30.000 = Rp. 900.000

Total biaya untuk broti adalah :
Rp. 500.000 + Rp. 75.000 + Rp. 900.000 = Rp. 1.475.000,-

8. Seng
Kebutuhan seng untuk atap rumah sederhana tipe 36 adalah sebanyak 40 lembar
Harga seng ukuran 7 kaki adalah Rp. 67.000/lembar
Biaya untuk seng adalah : 40 x Rp. 67.000 = Rp. 2.680.000
Rabung seng sekitar 4 lembar x Rp. 15.000 = Rp. 60.000
Biaya untuk seng dan rabung adalah : Rp. 2.680.000 + Rp. 60.000 = Rp. 2.740.000,-

9. Paku
Berbagai macam ukuran paku yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah, menurut pengalaman saya biaya untuk seluruh paku yang dibutuhkan adalah sekitar Rp. 400.000,-

10. Kusen , pintu dan jendela
Kusen , pintu dan jendela yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah sederhana, minimalis tipe36 dengan 2 kamar tidur, adalah sebagai berikut :

Pintu ukuran 90 x 200 sebanyak 4 buah.
Harga pintu minimalis Rp. 250.000
Biaya untuk pintu = 4 x Rp. 250.000 = Rp. 1.000.000,-

Kusen pintu sebanyak 4 buah
Harga kusen pintu ukuran 90 x 200 = Rp. 200.000/buah
Biaya untuk kusen pintu adalah : 4 x Rp. 200.000 = Rp. 800.000,-

Jendela sebanyak 4 buah
Harga satu buah jendela Rp. 100.000
Biaya untuk jendela adalah : 4 x Rp. 100.000 = Rp. 400.000,-

Kusen jendela sebanyak 4 buah
Harga satu buah kusen jendela adalah Rp. 100.000
Biaya untuk kusen jendela adalah : 4 x Rp. 100.000 = Rp. 400.000,-

Total biaya yang dibutuhkan untuk Pintu, jendela dan kusennya adalah :
Rp. 1.000.000 + Rp. 800.000 + Rp. 400.000 + Rp. 400.000 = Rp. 2.600.000,-

11. Kunci, engsel, dan lainnya
Biaya untuk membeli kunci pintu dan jendela, engsel pintu dan jendela.
Anda dapat totalkan sekitar : Rp. 500.000,-

12. Plafon
Untuk membangun rumah sederhana kita dapat menggunakan tripleks 3 mm untuk bahan Plafon.

Untuk menghitung kebutuhan tripleks untuk Plafon adalah Luas bangunan dibagi dengan luas 1 lembar tripleks.

Jika tripleks yang digunakan memiliki ukuran 1 m x 2 m maka luas 1 lembar tripleks = 2 m²

Jumlah tripleks yang dibutuhkan adalah : 36 m² / 2 m² = 18 Lembar.

Kebutuhan Tripleks untuk Plafon rumah sederhana tipe.36 adalah sebanyak 18 lembar

Harga satuan triplek 3 mm adalah Rp. 50.000

Biaya untuk tripleks adalah 18 x Rp. 50.000 = Rp. 900.000,-

Kebutuhan untuk Lak Plafon sekitar 25 batang, harga satuan sekitar Rp. 5.000,-

Biaya untuk Lak Plafon adalah : 25 x Rp. 5.000 = Rp.125.000,-

Total biaya untuk Plafon adalah Rp. 900.000,- + Rp. 125.000,- = Rp. 1.025.000,-

13. Closet
Closet jongkok 1 buah standart harganya sekitar Rp. 100.000,-

14. Pintu kamar mandi
Pintu kamar mandi kita bisa menggunakan pintu fibre dengan harga Rp. 150.000,-

15. Cat minyak dan Cat tembok
Cat minyak untuk kusen sebanyak 2 kaleng @ Rp. 125.000. jadi totalnya Rp. 250.000,-
Cat tembok dibutuhkan sebanyak 2 pail @ Rp. 250.000 . jadi totalnya Rp. 500.000,-

Total biaya Cat adalah :Rp. 250.000 + Rp. 500.000 = Rp. 750.000,-

16. Instalasi Pipa air
Untuk kebutuhan instalasi pipa air ini dapat disesuaikan dengan kondisi jarak dan letak rumah yang anda bangun dari sumber air.

Namun kita dapat menyiapkan dana sedikitnya Rp. 500.000,- untuk Pipa air

17. Instalasi Listrik
Cara menghitung kebutuhan bahan instalasi listrik
Untuk instalasi listrik rumah yang akan kita bangun dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Namun kita dapat menyiapkan biaya sekitar Rp. 500.000,- untuk instalasi listrik.
Catatan : Biaya ini diluar dari biaya pemasangan listrik PLN.

18. Upah kerja tukang
Upah kerja tukang bangunan, biasanya agak berbeda di masing-masing daerah.
Namun dapat kita ambil contoh, upah kerja tukang didaerah saya sekitar Rp. 400.000,- / m2.

Jika rumah yang akan kita banguh memiliki luas 36 m², maka upah kerja tukang adalah :
36 m² x Rp. 400.000,- = Rp. 14.400.000,-


Total keseluruhan biaya yang harus kita siapkan untuk membangun sebuah rumah sederhana minimalis dengan tipe 36 (ukuran 6m x 6m) dengan 2 kamar tidur adalah:
Rp. 43.590.000,-


Langkah ketiga
Mulai menyiapkan dana sesuai dengan hasil perhitungan.

Bagi anda yang saat ini ingin membangun rumah sederhana, tipe-36 dengan 2 kamar tidur, dapat mulai menyiapkan dana sesuai dengan perhitungan diatas.

Beberapa material diatas dapat anda sesuaikan dengan keinginan dan selera anda masing-masing.

Dengan melakukan perhitungan sebelumnya, anda dapat merencanakan seberapa besar dana yang harus anda siapkan untuk membangun rumah sederhana minimalis idaman anda.


Demikianlah artikel mengenai perhitungan biaya untuk membangun rumah minimalis sederhana tipe-36 dengan 2 kamar tidur.

Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua!

Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

117 Tanggapan untuk "Berapa biaya minimal membangun Rumah Minimalis Tipe-36"

  1. Bagus dan sangat bermanfaat. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjungannya

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau plafon ukuran 4x3 kira2 hbis uang berapa ya mas

      Hapus
    2. Tinggal kita hitung aja.
      Kalo pake triplek ukuran 1m x 2m.
      berarti 4x3=12
      12m : 2 = 6 lembar

      Brotinya:sekitar 8 batang

      tinggal kalikan dengan harga disana

      Salam

      Hapus
  3. bener segitu? ada contohnya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya

      perhitungan diatas diambil dari pengalaman sendiri. dan rumahnya sdh dihuni.mas

      mgkin hrg material akan berbeda di daerah masing2.

      thanks

      Hapus
  4. bisa difotoin rumahnya... emm klo boleh tau anda didaerah mana? sebenernya saya juga baru survey berapa harga bangun rumah minimalis modern. Dan mungkin ini bisa saya jadikan referesensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto rumahnya seperti gambar diatas, di riau

      Thanks

      Hapus
  5. terima kasih ilmunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Semoga dapat bermanfaat juga bagi semua

      Salam

      Hapus
  6. Terima kasih mas ilmunya, sangat bermanfaat karena saya bukan latar belakang tekhnik jadi yang anda sampaikan bisa dijadikan referensi. Tks sekali lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Salam

      Hapus
  7. Trmksh atas sharing'y mas
    Mau tanya utk upah tukang d daerah mas per m2 jd dihitung brdasrkn luas rmh bukan perhari'y mas
    Itu utk satu org tukang kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      Pekerjaan Bangunan, ada yang dihitung harian, dan ada yang borongan.
      Kalo dihitung borongan, kita terima beres aja, berapa orang pekerjanya terserah pemborong.

      Harga borongan di daerah saya, Rp.400rb/m2. kalo ukuran rumahnya 6m x 6m = 36m2.
      total biaya pekerjaan = 400rb x 36 =Rp.14.400.000.
      biaya ini sampai bangunan selesai istilahnya "Terima kunci".
      Thanks

      Hapus
  8. Makasiih infonya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Salam

      Hapus
  9. Sangat bermanfaat informasi y.. Kebetulan lg pusing nih, antara bangun rumah atau beli di perumahan... Barangkali ada usulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Jangan dibawa pusing..
      Saya juga dulu sempat berpikiran antara bangun rumah sendiri atau beli perumahan.
      Pertimbangannya:
      Beli perumahan memiliki satu kelebihan yaitu biasanya belinya dapat dicicil, jadi dana kita bisa gunakan untuk keperluan lain.
      Namun harganya jauh lebih mahal jika dibanding dengan bangun rumah sendiri dengan model dan ukuran yang sama.
      Disamping itu bangun rumah sendiri tentu lebih baik, karena model dan bahan-bahannya kita yang menentukan, jadi bisa kita atur, sesuai dengan keinginan dan dana yang kita miliki.

      Salam

      Hapus
  10. Terimakasih gan atas info membangun perumahan tipe 36. Riau dimana nya ya om? Rencana aku mau bangun juga nih. Ada no hp nya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      Riau, Bagan sinembah
      utk pertanyaan lainnya silahkan tulis di kotak komentar, sebisa mungkin kita jawab.

      Salam

      Hapus
  11. Terimaksh bnyak geh. .sangat membantu pak. . . Gusti mberkahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  12. Sangat bermanfaat infonya,, mau nanya kira2 enak borongan atau harian ya pak?
    Terimakasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Untuk kita yang tidak punya banyak waktu untuk mengawasi pekerjaan pembangunan rumah, sebaiknya diborongkan, karena kalau harian kita harus terus mengawasi pekerjaan tukang agar pekerjaan dapat maksimal dan tidak diulur-ulur. kecuali kita benar-benar percaya terhadap kerja Tukang tersebut.

      Thanks

      Hapus
  13. terima kasih infonya. tapi pak, kalo borongan gitu tukangnya biasanya mangkir. itu gimana ya. kalo yang barian tar diulur ulur. mohon sarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Masing2 pny kelebihan dan kekurangan, namun kalo borongan kita tidak dirugikan jika tukangnya mangkir.

      Thanks

      Hapus
  14. Oh iya pak. utk upah tukang d daerah bapak per m2 jd dihitung brdasrkn luas rmh bukan perhari'y
    Itu utk satu org tukang kah atau keseluruhan tenaga tukang? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Membangun rumah dengan sistem Borongan, dihitung dari luas rumah yang dibangun, harga borongan bervariasi, disesuaikan dengan lokasi dan kerumitan tipe rumah yang dibangun.
      Biaya tersebut adalah untuk seluruh tukang, terserah mereka berapa orang tukang yang dipekerjakan, kita tinggal terima beres.
      Thanks

      Hapus
  15. sangat bermanfaat gan, makasih ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Salam

      Hapus
  16. Wahhh sangat bermanfaat. Pak mau tanya nih kalo untuk tanah dengan luas 36m2 bisa dibangun full 36m2 juga ga ya? Terus rencana mau ditingkat 2. Soalnya tanahnya minim tp ingin bangun rumah. Terus dana disitu kan hanya 40jutaan itu benar bner buat saya tercengang kalo diperumahan kan bsa 200 jutaan. Nah kalo type 36m2 dengan tingkat 2. Kira kira biaya 100 juta cukup gak ya mas? Terus mas bayar mandor kontraktor dan design nya gmana dan berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      saya akan coba memberikan jawaban sesuai dengan pengetahuan saya,
      1. Setiap membangun rumah harus kita sisakan sedikit dari tanah yang kita miliki, untuk berbagai keperluan seperti cucuran air, halaman, parit, dsb

      2. Dengan dana 100jt, saya rasa cukup utk membangun rumah tipe-36 2 lantai, namun semua tergantung dari selera masing-masing, baik pemilihan bahan dan kelengkapan bangunannya.

      3. Biaya borongan sudah termasuk seluruh upah tenaga kerja, namun tidak termasuk arsitek, karena ini hanya rumah sederhana saya rasa arsiteknya bisa kita lakukan sendiri saja.

      Thanks

      Hapus
  17. Salam kenal...
    Makasih infonya estimasi dan rincian dana dan bahan membagun rumah khususnya tipe 36. Sehubungan dengan estimasi dan rincian tersebut ada beberapa yg ingin saya tanyakan, adalah ;
    1. Bagaimana dengan kondisi tanah gambut, apakah bisa cukup dengan biaya 40 jt an?
    2. Bagaimana dgn kualitas dan ketahananya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      1. Untuk tanah gambut mungkin perlu Pondasi rumah yang lebih tebal dan lebar
      2. Kualitas perbandingan semen sudah memenuhi standar ketahanan yang cukup baik, baik untuk pemasangan bata, plester, dan pondasi

      Salam

      Hapus
  18. Sangat membantu untuk saya yg sama sekali gak mengerti ingin bangun rumah memulainya terima kasih ya Mas.. btw apakah dg bahan diatas bisa dibuat 2lantai/tingkat tanpa tambah cakar ayam lagi & bahan diatas blum ada ubinnya ya mas saran si klo boleh dilengkapin hehe tp segini jg udh bermanfaat bgt koq sekali lg makasih yah
    Salam Lia RWijaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Artikel diatas adalah rincian biaya minimal utk bangun rumah sederhana 1 lantai, untuk 2 lantai tentu biayanya lebih besar, dan untuk hitungan kebutuhan keramik akan kita buat pada artikel berikutnya
      Salam

      Hapus
  19. Artikelnya memotivasi saya untuk bangun rumah dari sekarang. Sangat membantu. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya
      Semoga terwujud
      Salam

      Hapus
  20. Ijin bertanya pak .saya ada lahan 50m2 rencana mau bangun rumah minimalis 1 lantai tapi mau ada garasi mobilnya apakah bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Menurut saya bisa
      Thanks

      Hapus
  21. Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Salam

      Hapus
  22. Mantab mas bagi2 ilmunya,moga jadi amal.
    Buat lagi lanjutanya yg utk tipe 36 ini tapi 2 lantai, karena banyak juga yg ingin merenovasi rumah 36 di jadiin 2 lantai.
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Akan kita coba di artikel-artikel berikutnya
      Salam

      Hapus
  23. kalau rumah subsidi kira2 biaya ny berapa y pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Untuk Rumah subsidi saya kurang mengetahuinya
      Salam

      Hapus
  24. Mas,itu atapnya pake seng gelombang apa pake genteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya
      Perhitungan diatas untuk Seng biasa (Gelombang)
      Salam

      Hapus
  25. Balasan
    1. Sama-sama, dan smg bermanfaat
      Salam

      Hapus
  26. Postingannya sangat bermanfaat, Terima kasih sudah berbagi pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya
      Salam

      Hapus
  27. Kira3 kalo kita beli rumah subsidi dengan type 36 harga 141 juta. Rugi gak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Atas kunjungannya
      Jika ditanya rugi atau tidak, hal ini relatif, kita harus perhatikan detail perumahan yang akan kita beli, Kualitas materialnya, Kelengkapan bangunan, Lokasinya, Harga tanahnya, dsb.
      Salam

      Hapus
  28. Info bermanfaat mas, saya mau tanya nih mas. Maaf pertanyaan saya di luar topik. Saya rencana mau bngun rumah type 90 mas, dana saya sekitar 200jutaan. Yg saya tanyakan, dana tersebut perkiraan ckup gk ya mas. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ditanya dana 200jt apakah cukup utk bangun rumah tipe-90, menurut saya cukup.
      Namun perlu juga diperhatikan, bagaimana kelengkapan rumah tersebut, dan material-material yang akan digunakan, karena jika kita ingin membangun rumah tipe-90 yang lengkap dan mewah, bisa jadi 200jt tidak cukup.
      Salam

      Hapus
  29. Minta gambar rancangan bangunannya boleh gak mas?

    BalasHapus
  30. Luar biasa ulasan Tuhan Memberkati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih juga Atas Kunjungannya
      Salam

      Hapus
  31. Sangat membantu...ini artikel yg saya cari cari...kebetulan saya mau bangun rumah tipe 36...buget maks cuma 70 jt an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih juga Atas Kunjungannya
      Salam

      Hapus
  32. Salam super...artikel nya sungguh bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih juga Atas Kunjungannya
      Salam

      Hapus
  33. Permisi, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini. Yg saya ingin tanyakan untuk type 36 ini total dana yg kita harus keluarkan sekaligus surat tanah dan lain lain itu Kisaran berapa ya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Biaya Surat Tanah dan Lain-lain, tentunya relatif dan tidak ada patokan harganya
      Salam

      Hapus
  34. Terimakasih sekali sangat membantu. Saya posisi dipekanbaru dan ada rencana untuk membangun rumah type 36. Harga tukang tersebut apakah sudah termasuk pembuatan septic tank ya pak? artinya rumah bnr2 siap pakai? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga Tukang tentunya ada perbedaan dimasing-masing daerah, dan harga diatas sudah termasuk semua pekerjaan termasuk Septic tank
      Salam

      Hapus
    2. Pak,,saya mau buat rumah ukuran 3x7,,berapa perkiraan modal nya?apa termasuk septictank?

      Hapus
    3. Kalau untuk rumah sederhana, tentu biayanya lebih murah dibanding perhitungan diatas, dan mungkin ada perbedaan harga material dan upah kerj di masing-masing daerah.
      Upah diatas sudah termasuk septic tank.
      kalau pemasangan keramik, dapat dihitung sendiri, mungkin artikel dibawah ini dapat membantu.
      Menghitung Kebutuhan Pasang Keramik

      Salam

      Hapus
  35. Kalau mau bangun halaman belakang...6x2 meter.. mau dibikin kamar mandi dan dapur sederhana..kira2 perhitungannya gmn?? Trs halaman depan mau di pagar.. halaman depan masih kosong dgn ukuran 6x4? Mhn dijawab y pak.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin untuk menjawab pertanyaan ini, perlu kita buat artikel tersendiri, Namun artikel diatas dapat menjadi gambaran perhitungan biaya, dengan menghitung luas tembok, luas lantai, dapat diketahui kebutuhan Batu bata, Pasir, semen, kerikil, cat, dan lainnya
      Salam

      Hapus
  36. Balasan
    1. Terima kasih,dan semoga bermanfaat bagi semua
      Salam

      Hapus
  37. Sangat bermanfaat untuk di jadikan referensi ini mas..
    Mudahan cepat bisa bikin rumah. Hhehee

    BalasHapus
  38. Harga upah /m 400 itu apa udah sekalian upah masang atap swngnya mas. ..trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah, Mas. Namun kemungkinan upah borongan berbeda-beda di berbagai daerah/tempat.
      Salam

      Hapus
  39. sangat bermanfaat pak postinganya. terimakasih sudah berbagi..pak kalau mau nerusin ningkat bangunan type 36 apakah gambar atau acuan yg d berikan tidak beda jauh ya pak... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu tdk beda jauh, namun pastikan Pondasi dasar bangunan lebih kuat dan dirancang utk bangunan bertingkat

      Salam

      Hapus
  40. Sukses selalu mas broo,,,tks

    BalasHapus
  41. luas tembok 2 kamar (3x4)+(2.5X4x4)
    Pak Rahmad, punten 3x4 nya itu ukuran yang mana? kan sudah ada tembok samping 6X4

    dan 2.5X4 itu buat sekat nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamar Utama Ukuran 3 x 2,5.
      Dindingnya ada 4, 2 buah dinding melekat di dinding keliling rumah, dan dua dinding lagi ukuran 3m x tinggi 4m, dan 2,5m x tinggi 4m.
      Kamar yang satu lagi, ukuran 2,5m x 2,5m, satu dinding melekat di dinding keliling rumah, dan 3 dinding ukuran 2,5m x 4m sebanyak 3 buah

      Thanks

      Hapus
  42. Saya mau membangun rumah dengan ukuran 8x12. Kira2 sampai berapa ya uangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghitungnya, tentu harus disesuaikan dengan Keinginan masing-masing.
      Anda bisa menghitungnya dengan mengikuti contoh perhitungan diatas

      Salam

      Hapus
  43. Mlm pak azly, sblmnya terima kasih atas kesempatannya. Sy ingin bertanya, menutup bag blkg rmh, kira2 membangun tembok belakang rumah kpr. itu perhitungannya gmn ya pak? biayanya. Rmh tipe 22 lt 60. Terima kasih pak.

    BalasHapus
  44. Informasinya sangat bagus, terima kasih sudah dishare. Jadi bisa ada perkiraan kalau mau bangun rumah atau renovasi

    BalasHapus
  45. Terima kasih banyak pak ... ilmu nya bermanfaat sekali ....

    BalasHapus
  46. Wah hebat mas...informasinya sangat bermanfaat sekali. Terima kasih. Oiya boleh tau ini proses bangun rumahnya tahun kapan ya.. 2016 atau 2017?

    BalasHapus
  47. mantap banga... harga2 nya nyaris sama smuanya. kecuali daun pintu. di daerah kami daun pintu ukuran bgtu paling murah 500rb smpe 1jt bang harganya.

    BalasHapus
  48. Ijin mau bertanya pa, ,Insyaallah saya mau bangun rumah 2 tingkat type 36 dan luas tanah 72m persegi nah kira kira bajet 100 juta cukup ga yaa??masalahnya harga bahan bangunannya cukup tinggi hihi. .Terimakasih. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya , Cukup
      Namun semua tergantung selera masing-masing, bagaimana keinginan kita untuk rumah yang akan dibangun

      Hapus
  49. Yogi Permana ClgJanuari 27, 2018

    Sangat Memotivasi bagi yang ingin bangun rumah. Mantap Pak, Share ilmunya Semoga bawa berkah bagi Bpk & Keluarga.

    BalasHapus
  50. Permisi mau tanya itu gawang, jendela, pintu, kayunya apa y, jati bukan mksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayu sembarang, yang biasa dan murah

      Thanks

      Hapus
  51. Pak rahmad saya punya tanah lebih di belakang rumah dgn luas 10m2. rencana tanah tsb mau saya dinding sekat dgn tinggi dinding 2m2. dinding mau saya pakai pondasi ceker ayam dan slup, lantainya mau saya pasang keramik kira" brp ya anggrannya.

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal kita hitung luas permukan seluruh dinding, dan untuk menghitung kebutuhan material, dapat menggunakan rumus2 diatas
      thanks

      Hapus
  52. Sangat menarik dan membantu artikelnya. Namun ada tandatanya besar dibenak saya, apabisa dana segitu Rp. 43.590.000,- digunakan untuk membangun type 36 saat ini 2018? mengingat mas Rahmad bangunnya 2014. Kira-kira kenaikannya secara keseluruhan berapa persen untuk tahun 2018 dan daerah Cinangka (Depok)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhitungannya dapat anda ambil dari jumlah material yang dibutuhkan,dan ditanya harganya ke Toko bangunan terdekat di lokasi anda, untuk harga material pasti bervariasi

      Thanks

      Hapus
  53. Pa mau tanya kalau perhitunganya untuk dapat angka 1/6 atau 5/6 dari mana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Campurannya kan 1-5 (semen 1 pasir 5). berarti total campuran jumlahnya ada 6 (1+5)
      semen 1, berarti perbandingannya 1/6
      Pasir 5, berarti perbandingannya 5/6

      Hapus
  54. Assalamualaikum
    Bermanfaat banget nih halaman nya
    Tapi aku boleh di kasih persiapan dana untuk rumah yang ukurannya 45

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan kita bahas pada artikel selanjutnya

      Thanks

      Hapus
  55. Mohon alamat emailnya pak.tq

    BalasHapus
  56. Minta alamat email boleh pak?

    BalasHapus
  57. sangat bermanfa'at. gimana cara hitung kebutuhan material untuk tipe 54?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan kita bahas pada artikel selanjutnya

      Hapus
  58. Pak Rahmad kl untuk tanah gambut gmn?ukuran 6x8m bikin tingkat/2 lantai?trims

    BalasHapus
  59. pak saya mau tanya kalo untuk biaya pondasi dasarnya ajakira2 berapa ya? tanah saya persis kayak yg bapak buat lebar pjg sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghitungnya dapat menggunakan rumus pondasi diatas

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.