Penyebab utama AC dirumah tidak dingin lagi


Apa yang menyebabkan AC di rumah anda tidak dingin, dan bagaimana cara mencegahnya?
Pada masa sekarang ini, kebutuhan sebagian besar masyarakat terhadap pendingin ruangan atau AC menjadi hal yang sangat penting, terutama Saat siang hari udara diluar rumah sangat panas, tentunya anda mengharapkan dapat merasakan udara sejuk saat berada di rumah.
Tips Cara Memilih AC yang Bagus

Atau mungkin saat malam hari, terkadang udara terasa gerah, sehingga membuat anda susah tidur di dalam kamar, untuk mengatasi hal ini, biasanya anda akan memasang pendingin ruangan atau AC di dalam kamar tidur anda.

Namun seiring dengan waktu pemakaian AC tersebut, AC yang seharusnya dapat mendinginkan ruangan lama kelamaan akan mengalami penurunan kemampuannya, Oleh karena itulah, untuk menjaga agar kinerja AC yang kita miliki tetap maksimal, maka diperlukan beberapa cara dan perawatan yang baik.
Tips Cara Merawat AC agar lebih Awet dan lebih hemat Listrik

Lalu, kenapa AC di rumah kita lama kelamaan tidak dingin lagi?

Beberapa penyebab menurunnya kinerja AC untuk mendinginkan ruangan, antara lain:

Penyebab dan Solusi AC tidak dingin.

Ukuran AC terlalu kecil.
Jika AC yang dipasang memiliki daya PK yang terlalu kecil atau tidak sesuai dengan ukuran ruangan yang didinginkannya, maka akan menyebabkan beberapa kerugian, antara lain:
  • AC akan menyala terus menerus untuk berusaha mendinginkan ruangan tersebut, sehingga sulit untuk mencapai suhu dingin yang kita inginkan.
  • Usia pemakaian AC tersebut akan semakin pendek, atau mudah rusak.
  • Pemakaian listrik akan lebih boros, karena mesin kompressor AC terus menerus menyala.
  • Kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan tersebut akan cepat menurun, dan akhirnya AC tidak dingin lagi.

Untuk menghindari hal ini, maka diperlukan perhitungan terlebih dahulu untuk menentukan ukuran daya PK dari AC yang akan kita pasang yang disesuaikan dengan luas ruangan.

Solusi:
Melakukan perhitungan untuk menentukan ukuran daya PK dari AC yang akan dipasang, yang disesuaikan dengan ukuran ruangan.
Cara menentukan daya PK sebuah AC yang sesuai kebutuhan


Posisi ruangan
Posisi ruangan yang kurang tepat, tempat dimana AC tersebut dipasang juga menjadi penyebab AC mudah rusak, atau menyebabkan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan akan menurun.

Seperti misalnya, posisi Kamar tidur yang dindingnya menghadap langsung ke arah matahari tanpa ada penghalang.

Solusi:
  • Sebisa mungkin melakukan penataan ruangan yang baik untuk meminimalkan panas berlebih ke ruangan tersebut.
  • Atau bisa dengan cara menanam tanaman yang dapat menghalangi sinar matahari langsung ke dinding atau ruangan tersebut.
  • Jika ruangan tidak terlalu panas, maka kinerja AC juga akan semakin ringan, dan menambah usia pemakaian AC.


cara mencegah AC tidak dingin lagi
Penyebab AC di rumah Tidak dingin
Kebersihan AC.
Pada umumnya, setiap AC dilengkapi dengan saringan udara masuk, untuk menghindari kotoran atau debu masuk dan menyebabkan penyumbatan sirkulasi udara pada AC tersebut.

Namun, seiring dengan lama pemakaian tentunya saringan tersebut akan kotor dan mengalami penyumbatan, dan Hal ini akan menyebabkan kinerja AC menjadi menurun, dan tidak dingin lagi.

Solusi:
Lakukan pembersihan saringan utama pada AC tersebut minimal 1 bulan sekali, atau jika dirasa perlu dapat dilakukan lebih sering, pekerjaan ini sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi servis AC. (Atau anda bisa membaca buku petunjuk perawatan AC tersebut).


Ruangan banyak Celah udara
AC bekerja berdasarkan suhu yang sudah diatur, berapa derajat settingan yang sudah kita atur, maka AC akan bekerja maksimal sampai suhu yang diinginkan tercapai.

Saat suhu sudah tercapai, maka kompresor pada AC yang awalnya menyala maka akan berhenti secara otomatis, Hal inilah yang akan menjadikan AC anda lebih Awet dan hemat listrik.

Namun, selama suhu tidak tercapai maka kompresor dengan daya listrik yang besar tersebut akan terus menyala.

Sebenarnya untuk mempermudah kinerja AC dalam mendinginkan ruangan, maka setiap ruangan yang ber-AC akan dirancang seminimal mungkin udara yang keluar, dengan tujuan agar udara dingin yang dihembuskan AC tidak keluar ke ruangan lain, dan suhu ruangan mudah didinginkan.

Namun jika ruangan tersebut memiliki banyak celah untuk udara keluar maka akan menyebabkan AC sulit untuk mendinginkan ruangan.

Atau salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah Pintu ruangan sering terbuka atau lupa ditutup, Ini menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi dan menyebabkan AC tidak dingin.

Solusi:
  • Minimalkan celah udara pada ruangan yang dipasangi AC.
  • Pastikan pintu ruangan selalu tertutup saat ada orang yang keluar masuk.
  • Atau cara yang lebih efektif adalah melengkapi pintu dengan alat penutup otomatis (Door-Closer), yang akan secara otomatis menutup saat pintu dibuka.


Servis AC secara berkala.
Sebenarnya, setiap kita membeli AC baru, tentunya dilengkapi dengan buku petunjuk pengoperasian dan perawatan.

Baca dengan seksama buku petunjuk tersebut, bagaimana cara pengoperasian yang baik, bagaimana melakukan perawatan sendiri, dan jadwal perawatan servis AC secara menyeluruh.

Servis berkala dapat anda jadwalkan setiap 3 bulan sekali dengan meminta bantuan teknisi khusus untuk servis AC.

Teknisi servis AC akan melakuka perawatan, dan pembersihan secara menyeluruh pada AC tersebut, jika diperlukan juga akan dilakukan penambahan Gas Freon pada AC tersebut.

Dan Teknisi juga akan memeriksa apakah terdapat kebocoran freon, yang menyebabkan freon berkurang, karena salah satu penyebab AC tidak dingin adalah berkurangnya Freon karena kebocoran.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai penyebab dan cara mencegah AC dirumah tidak dingin lagi.

Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu
dikutip dari berbagai sumber





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab utama AC dirumah tidak dingin lagi"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin