Tagihan listrik anda tiba-tiba membengkak, apa penyebabnya?


Tagihan listrik anda tiba-tiba membengkak, coba Periksa peralatan listrik yang anda gunakan dirumah.
Mungkin anda pernah mengalami, tagihan listrik yang harus anda bayarkan bulan ini tiba-tiba melonjak dibanding tagihan listrik bulan-bulan sebelumnya.
Menghitung pemakaian listrik sebulan

Apa yang biasanya anda lakukan, saat mengetahui tagihan listrik anda tiba-tiba membengkak?

Berbagai dugaan terlintas dibenak kita mengenai apa yang menyebabkan tagihan listrik bulan ini menjadi lebih besar daripada tagihan bulan-bulan sebelumnya.
  • Apakah Pihak PLN salah mencatat meteran?
  • Apakah meterannya sudah rusak, sehingga putaran meterannya lebih kencang dari biasanya?
  • Apakah orang-orang di rumah menggunakan peralatan listrik secara berlebihan, tanpa mempedulikan tagihan listriknya?
  • Apakah ada penambahan peralatan listrik baru yang anda gunakan di rumah?
  • Atau, jika anda menggunakan meteran pulsa listrik prabayar, Apakah pulsa yang diisi tidak sesuai dengan harga yang dibeli?

Dan berbagai pertanyaan lainnya, mengenai apa yang menyebabkan tagihan listrik anda bulan ini melonjak secara drastis.
Cara menurunkan tagihan listrik

Namun, pernahkah anda mengetahui, bahwa penggunaan peralatan listrik dan alat-alat elektronik di rumah anda jika tidak terawat dengan baik juga dapat menyebabkan pemakaian daya listrik meningkat dan menyebabkan tagihan listrik anda melonjak secara drastis dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Salah satu penyebab tagihan listrik melonjak

penyebab melonjaknya tagihan listrik anda secara drastis
Penyebab Tagihan listrik melonjak

Oleh karena itu, sebelum ber-prasangka yang bukan-bukan, ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu kondisi berbagai peralatan listrik dan alat elektronik yang anda gunakan dirumah.

Apakah peralatan listrik atau alat elektronik yang anda gunakan terawat dengan baik?

Sebagai Contoh:

1. AC (Pendingin ruangan)
Prinsip kerja AC:
Didalam AC terdapat komponen utama yaitu kompresor yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin yang kemudian dihembuskan oleh Blower ke dalam suatu ruangan.
Menghitung ukuran AC yang sesuai

Kompresor inilah yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Dalam keadaan normal, kompresor ini tidak terus menerus beroperasi, saat suhu dingin yang diinginkan tercapai, maka kompresor secara otomatis akan berhenti.
Berapa PK AC yang anda butuhkan?

Namun seiring dengan pemakaiannya, menyebabkan Debu dan kotoran menumpuk di bagian saringan (Filter) dan bagian-bagian lainnya di dalam AC.

Debu dan Kotoran ini menyebabkan suhu dingin tidak dapat dihasilkan secara maksimal karena sirkulasi udara yang terhambat.

Hal ini akan menyebabkan kompresor AC beroperasi terus menerus, karena suhu dingin tak tercapai.
Penyebab AC tidak dingin

AC yang kurang terawat, kotor, bocor dan sebagainya dapat menyebabkan pemakaian daya listrik lebih besar dan tagihan listrik melonjak.

Perawatan AC (Pendingin ruangan) berada di peringkat pertama, peralatan listrik yang menggunakan daya listrik yang besar, minimal AC menggunakan daya listrik sebesar 1/2 PK (375 Watt).
Lakukan perawatan AC secara berkala untuk mendapatkan hasil kerja pendinginan yang maksimal, dan lebih hemat listrik.


2. Kipas angin
Begitu juga dengan kipas angin, jika lama tidak dibersihkan kotoran akan menempel di baling-baling kipas angin tersebut.

Hal ini akan menyebabkan kipas menjadi lebih berat untuk diputar oleh motor listrik penggerak, dan menyebabkan pemakaian daya listrik yang lebih besar, sehingga tagihan listrik anda bisa melonjak dari biasanya.

Lakukan perawatan kipas angin secara rutin, dengan membersihkan bagian-bagian dari kipas angin tersebut, termasuk baling-balingnya.

Selain kebersihannya, kipas angin yang sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama juga perlu diberi pelumasan pada bantalan poros baling-baling tersebut.

Bantalan poros kipas angin yang kering, menyebabkan kipas angin sulit berputar dan menyebabkan pemakaian daya listrik menjadi lebih besar,dan tagihan listrik anda juga melonjak.

Selain itu, kipas angin yang terus menerus beroperasi dalam keadaan bantalan poros yang kering akan mengakibatkan kipas angin tidak dapat berputar dan tidak bisa digunakan lagi.
Kipas angin yang tidak terawat dapat menyebabkan pemakaian daya listrik lebih besar, sehingga tagihan listrik melonjak.


3. Mesin Cuci
Begitu juga dengan peralatan listrik Mesin cuci yang anda gunakan, jika tidak terawat dengan baik dapat menyebabkan tagihan listrik anda melonjak.

Lakukan perawatan mesin cuci secara rutin, terutama bagian-bagian yang berputar.

Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel dibagian poros tabung, motor, dan lainnya, dan beri pelumasan pada poros motor.
Mesin cuci yang kurang terawat dapat menyebabkan daya listrik meningkat, dan tagihan listrik anda melonjak.


4. Pompa Air
Pompa air yang kurang terawat juga dapat menyebabkan pemakaian listrik anda membengkak.

Lakukan perawatan pompa air secara rutin, bersihkan bagian-bagian yang berputar, dan beri pelumas pada bagian bantalan, jika diperlukan ganti bagian komponen yang sudah aus.
Pompa air yang kurang terawat dapat menyebabkan tagihan listrik anda melonjak.


5. Setrika.
Setrika termasuk salah satu peralatan listrik yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar, sekitar 300watt.

Setrika yang anda gunakan dirumah lama kelamaan akan mengalami penurunan panas atau susah panas, kenapa?

Coba perhatikan bagian dasar dari setrika listrik anda, biasanya seiring dengan pemakaian dan panas yang berlebih, lama kelamaan bagian dasarnya akan menghitam.

Bagian dasar dari setrika ini menghitam karena mengalami panas yang berlebih dan karena melekatnya bahan-bahan pakaian yang disetrika.

Bagian dasar yang sudah menghitam, menyebabkan panas dari elemen pemanas setrika tidak menyebar dengan baik, sehingga menyebabkan daya listrik juga meningkat.

Lakukan perawatan secara berkala, bersihkan bagian dasar dari setrika anda untuk hasil kerja panas yang maksimal.
Setrika yang kurang terawat dapat menyebabkan daya listrik meningkat, dan tagihan listrik juga membengkak.

Demikian juga dengan berbagai peralatan listrik dan Alat elektronik lainnya, seperti Kulkas, Televisi, Pemasak nasi, jika tidak dirawat, kotor, lembab, bocor dapat menyebabkan pemakaian listrik meningkat, serta tagihan listrik menjadi membengkak.

Selain itu, Kabel listrik, stop kontak, steker dan perlengkapan instalasi listrik lainnya juga perlu dilakukan pemeriksaan, perawatan untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik.

Lakukan penggantian jika terdapat kabel, stop kontak, steker, MCB, dan lainnya, yang kondisinya sudah tidak bagus, longgar, panas, bocor, dan keadaan tidak normal lainnya.
Memilih stopkontak yang aman

Beberapa hal tersebut tidak hanya dapat menyebabkan pemakaian listrik meningkat, juga dapat menyebabkan percikan api dan kebakaran.
Penyebab timbulnya percikan api pada listrik di rumah


Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu
dikutip dari berbagai sumber.





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tagihan listrik anda tiba-tiba membengkak, apa penyebabnya?"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin