Beberapa Penyebab MCB dirumah Trip (Jeglek), dan cara memperbaikinya


Listrik di rumah tiba-tiba padam, setelah diperiksa ternyata MCB nya turun (Jepret), kenapa?
Terdapat Berbagai penyebab yang dapat menyebabkan listrik di rumah padam karena MCB jepret (Trip).
Seperti kita ketahui, bahwa MCB memang dipasang pada setiap instalasi sebagai pengaman bila terjadi lonjakan arus (Arus lebih).
Baca juga: Lebih baik MCB atau ELCB, dan apa bedanya?

MCB turun (Trip) bukan berarti bahwa MCB tersebut sudah pasti rusak, karena kemungkinan MCB mendeteksi adanya gangguan pada instalasi listrik di rumah, sehingga MCB tersebut bekerja memutuskan aliran listrik atau biasa kita sebut dengan MCB nya Jepret (Jeglek).

Walau tak tertutup kemungkinan, MCB sering jeglek (Jepret), menandakan bahwa MCB tersebut sudah tidak bagus lagi atau sudah lemah (Rusak).

Sebelum kita menganggap bahwa MCB dirumah sudah rusak dan perlu diganti, ada baiknya kita periksa terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab MCB sering trip (jepret).

Berikut ini, kita akan coba berbagi mengenai apa saja penyebab MCB jeglek (Trip) dan bagaimana cara kita untuk mengetahuinya, dan juga bagaimana cara melakukan perbaikannya.

Beberapa penyebab MCB jeglek (Jepret)

Kenapa MCB dirumah bisa Jepret (Trip)?
kenapa mcb jepret
Mengatasi MCB dirumah sering turun
MCB jepret (Trip), dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

1. Pemakaian alat-alat listrik yang berlebihan
MCB Jepret (Trip) kebanyakan disebabkan oleh Pemakaian alat listrik yang berlebihan, sehingga melebihi batasan ukuran MCB yang terpasang dirumah.

Cara mengetahuinya:
Saat listrik dirumah anda padam, karena MCB nya turun (Jepret), Coba anda hitung berapa total daya (watt) alat-alat listrik yang anda gunakan saat itu, apakah memang sudah melebihi dari batasan maksimal kemampuan MCB yang terpasang dirumah anda?
Cara menentukan MCB berapa Ampere yang anda butuhkan.

Solusinya:
Jika setelah anda hitung ternyata memang pemakaian daya listrik anda sudah melebihi dari batasan maksimal daya listrik yang terpasang di rumah anda, maka solusinya adalah:
  • Gunakan alat-alat listrik dengan lebih bijak dan secara bergantian, jangan nyalakan berbagai alat-alat listrik tersebut secara bersamaan.
  • Atau sebaiknya anda menambah Daya listrik terpasang di rumah anda, jika sebelumnya daya listrik yang anda gunakan adalah 900watt, anda dapat meminta pihak PLN untuk menggantinya menjadi daya listrik 1300watt.
Namun jika setelah anda hitung, ternyata pemakaian listrik anda masih belum melebihi batasan maksimal daya listrik yang terpasang, maka kemungkinan MCB trip (Jepret) disebabkan faktor lain.

2. MCB rusak
MCB jepret (Turun) juga dapat disebabkan karena MCB dirumah kita sudah rusak (Lemah), sehingga meski penggunaan alat-alat listrik masih normal seperti biasanya, namun MCBnya sudah jeglek (Jepret), listrik pun menjadi padam.

Cara mengetahuinya:
Saat listrik di rumah padam, karena MCBnya turun, padahal alat listrik yang anda gunakan sedikit, coba anda periksa kondisi MCB dirumah anda, apakah terdapat beberapa kejanggalan, antara lain:
Apakah Suhu MCB tersebut panas yang tidak seperti biasanya?
Apakah terminal pada MCB tersebut ada yang hitam (gosong) bekas percikan api?
Apakah saat dinyalakan kembali, MCB tersebut akan jeglek lagi, dan berapa lama waktunya?

Solusinya:
  • Jika sudah dipastikan bahwa alat listrik yang anda gunakan tidak melebihi, namun MCB tetap trip, dan suhu MCB panas, kemungkinan bahwa kabel pada MCB tersebut longgar atau goyang.
  • Begitu juga jika terdapat bagian pada MCB yang gosong bekas percikan api, ini dikarenakan adanya sambungan atau terminal kabel yang longgar atau goyang. ini merupakan salah satu penyebab percikan api di instalasi listrik
  • Jika MCB dinaikkan kembali, namun beberapa saat ( menit atau jam) kemudian MCB trip, ini menandakan MCB sudah rusak, minta bantuan pihak PLN untuk melakukan perbaikan atau mengganti MCB dengan yang baru.

Namun jika saat MCB jepret, lalu anda nyalakan kembali, dan MCB tersebut langsung jeglek, ini menandakan adanya peralatan listrik atau kabel yang korsleting.

3. Adanya peralatan listrik yang rusak (Short circuit)
MCB tiba-tiba jepret (Turun), dapat juga disebabkan karena adanya alat-alat listrik yang kita gunakan sudah rusak, bocor, atau sudah short (Korslet).

Cara mengetahuinya:
  • Saat MCB dirumah anda jepret, padamkan seluruh alat-alat listrik dirumah anda, seperti:
  • Cabut colokan seluruh alat listrik yang sedang terpasang di rumah anda
  • Matikan seluruh lampu dengan menekan saklar ke posisi Off.
  • Lalu nyalakan kembali MCB di rumah anda, jika MCB listrik menyala dan MCB tidak jepret lagi, berarti masalahnya ada pada salah satu alat listrik yang anda gunakan.

Solusinya:
Pasang atau nyalakan kembali satu persatu alat listrik yang ada dirumah anda, Jika saat mencolokkan Kipas angin lalu MCB langsung Trip, berarti Kipas angin tersebut sudah rusak, atau Jika saat salah satu lampu dinyalakan, MCB tiba-tiba Jepret, berarti masalahnya ada pada bola lampu tersebut.

Segera ganti atau perbaiki alat listrik yang menyebabkan MCB dirumah anda jepret, ini menandakan bahwa Alat listrik tersebut ada korslet, lembab, bocor dan lainnya.

Namun jika saat MCB trip, kemudian seluruh alat listrik dirumah dipadamkan, namun saat MCB dinyalakan kembali langsung jepret lagi, ini menandakan terdapat korsleting atau hubung singkat pada bagian instalasi listrik dirumah anda.

4. Instalasi listrik Korsleting
MCB dirumah jepret secara tiba-tiba juga dapat disebabkan karena adanya korsleting instalasi listrik, baik pada kabel instalasi listrik, Fitting korslet, atau stop kontak korslet.

Cara mengetahuinya:
  • Saat listrik dirumah padam, karena MCB trip secara tiba-tiba padahal pemakaian daya listrik tidak melebihi.
  • Kemudian cabut seluruh peralatan listrik termasuk lampu-lampu dipadamkan, dan sebagainya.
  • Lalu naikkan MCB, jika saat MCB dinaikkan secara spontan MCB langsung trip kembali, ini menandakan adanya korsleting pada instalasi listrik di rumah anda.

Solusinya:
Jangan mencoba menyalakan kembali MCB tersebut, segera panggil teknisi listrik yang berpengalaman untuk memastikan kondisi instalasi listrik di rumah anda, dan segera melakukan perbaikan.
Korsleting atau Short Circuit (hubungan pendek) adalah kondisi dimana tegangan listrik dari kabel fase dan kabel netral bersentuhan baik secara langsung maupun melalui benda lain yang nilai resistannya kecil, sehingga menyebabkan lonjakan arus yang sangat tinggi.

Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

150 Tanggapan untuk "Beberapa Penyebab MCB dirumah Trip (Jeglek), dan cara memperbaikinya"

  1. Baru hari ini kejadian, mcb rumah Saya mati alias jeglek, padahal pemakaian listrik sedikit. Selang waktu setlah dihidupkan jeglek lagi it kira-kira 15 menit. Hari ini Beberapa Kali terjadi seperti itu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      Ya, mungkin penyebabnya ada diantara beberapa penyebab MCB Jeglek pada artikel ini.

      Salam

      Delete
  2. seringkali awalnya terdengar suara letupan, kemudian diikuti listrik yg anjlok, tapi kami tidak bisa menemukan sumber letupan dan meletupnya itu tempo tempo, malah siang hari aja meletup, padahal semua bohlam off, kemudian sekring turun lagi, pasti begitu, meletup dulu lalu jeglek lokal. apa yg terjadi ? semua aliran listrik ke bohlam sudah di posisikan off termasuk di malam hari, kecuali lampu kamar saya dan terminal kuningan untuk kipas angin saya (bisa saya pastikan sumber letupan bukan dari kamar saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya

      Ini terjadi karena ada kabel yang bocor (rusak, terkelupas, lembab, dsb), sehingga ada kalanya terjadi korslet dan terdengar meletup
      Segera minta bantuan teknisi listrik untuk memeriksa seluruh kabel instalasi listrik di rumah anda
      Salam

      Delete
  3. pagi pak .. saya mau tanya , meteran belum lama ganti ke token . kemerin pagi semua lampu posisi off istri lagi menanak nasi pakai mijikcom , nasi belum sempurna masak matang MCB njeglek mijikcom d cabut MCB tak naikan 10 menit MCB njeglek lagi . listrik saya 900 . kira2 itu MCBnya apa mejikcomnya apa ada kerusakan lain , mohon bantuanya pak .. trimakasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah jika Magic Com dicabut, MCB masih mau jeglek?
      Jika Magic com dicabut, MCB masih jeglek, berarti masalah bukan pada Magic com.
      Periksa:
      1.Berapa ampere MCB yang terpasang, jika 4A, ini sudah benar.
      2.Periksa kondisi terminal MCB apakah terlihat gosong (Terbakar), ini berarti MCB harus diganti
      3.Jika Kondisi MCB sudah dipastikan bagus, coba pastikan tidak ada alat listrik lainnya saat anda menyalakan Magic com, seperti Kulkas, Mesin cuci, Kipas angin, Televisi, atau lainnya. jika MCB masih Jeglek berarti Magic com anda perlu diperiksa, apakah lembab, atau kabel bocor, dsb.
      4. Jika sudah dipastikan tidak ada alat listik lain yang menyala, hanya magic com dan MCB tidak jeglek, berarti MCB anda jeglek karena kelebihan pemakaian listrik

      Semoga bermanfaat, salam

      Delete
  4. Mlm pak saya mau nanya...
    MCB saya sering bgt jeglek,, awal saya kost tv, kipas angin, dispenser magic com bisa nyala... Kmren sempet di tinggal pergi 3 hr lalu MCB saya posisikan di off.. Nah sepulang.a saya mw nyalakan tv tapi MCB malah jeglek, tv sudah diservice karna saya kira tv saya rusak atau konslet. Ternyata tv saya ga kenapa".. Bagus,,, tp MCB msh jeglek ajj pas saya colok kabel tv.. itu knp yaa pak.?! Mohon pencerahan.a.?! *daya yg dipakai sedikit hanya tv saja tp MCB jeglek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Apakah sudah dicoba untuk menyalakan Alat listrik lainnya, selain TV?, dan apakah masih Jeglek?
      2. Jika MCB jeglek hanya pada saat TV dinyalain, ini berarti ada masalah pada TV, atau Kabelnya, atau mungkin Colokan/stopkontak yang dipakai pada TV tersebut.
      3. Namun jika alat listrik lain dinyalakan, namun MCB jeglek ini berati MCB rusak, segera diganti.

      Semoga dapat membantu.

      Delete
  5. Saya awan ngenai listrik ..tapi kebiasaan saya selalu pengen mencoba, cerita nya listik di rumah saya pakai 450..trus saya pakai stabilizer 500n ..tapi kenapa mcb nya jadi sering anjlok apalagi pas pakai elektronik sperti sertikaan dll,gimana nya solusi nya apa yang salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahuinya, pertama kita harus hitung seberapa banyak daya listrik yang digunakan, jika totalnya lebih dari 450VA, (360Watt), tentu MCBnya jepret.
      Salam

      Delete
  6. Ma'af mas mau tanya,,
    MCB di rumah sya, kalo di naikin slalu jeglek, padahal semua listrik di matikan,,
    Termasuk meteran yg di dpan rumah jga di off kan,,
    Itu apanya mas,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 2 kemungkinan, apakah MCBnya sudah rusak, atau instalasinya ada yang korslet
      Salam

      Delete
  7. Help Me Help Me Daya 900 watt Jeglek terus. Dan hanya memakai SETRIKA & AC saja tanpa hidupi yg lain Jeglek Juga terus isi pulsa 100rb cuma bertahan 5hri. Solusi nya gimnaaaaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya, jangan nyalakan Setrika dan AC bersamaan, atau tambah daya menjadi 1300.
      Karena Setrika dan AC 1/2PK saja sudah sekitar 700Watt, apalagi kalau AC 1PK.

      Salam

      Delete
  8. Akhir-akhir ini MCB di rumah saya sering jeglek jika 2 AC di rumah digunakan. Daya di rumah 1300 VA, AC masing2 1/2 PK. Sebelumnya dengan kondisi yang sama, MCB tidak pernah jeglek dengan pemakaian 2 AC 1/2 PK tersebut. Baru sekitar 2 minggu terakhir MCB jeglek kalau pakai 2 AC sekaligus. Pernah panggil petugas PLN, disarankan servis AC, kemungkinan karena AC belum diservis jadi pemakaian daya lebih besar. Tapi setelah diservis tetap saja jeglek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya kemungkinan AC sudah berat, kalau sudah dipastikan AC diservis dan sudah bagus, kemungkian kedua MCBnya sudah tidak bagus dan perlu diganti

      Salam

      Delete
  9. Di rumah saya ada masalah listrik sering mati mungkin istilah lainnya MCB yang di kwh/meteran jeglek, padahal ga ada pemakaian listrik berlebihan (pemakaian normal) kenapa itu ya?
    Pas di nyalain lagi, MCBnya biasanya jeglek dan ada suara "duk" gitu apalah suaranya kurang bisa dijelasin disini, dinyalain lagi ga jeglek
    Durasi nyalanya pun suka beda-beda ada yang lama bisa sekitar 2-3 jam malah 1 jam kurang
    Saya kurang tau kapan gitu? Kalo dikira kira mungkin pas udah masuk musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Kabel di MCB kendur, atau MCB sdh rusak/longgar

      Salam

      Delete
  10. aslmwlykum .
    slmat mlm pak...
    sy ari dari mataram..
    sy mw tanya, bagaimana caranya biar kilometer listrik itu tdk bisa dihidupkan (biar tetap jeglek ) .. masalahnya setiap sy pulng krja kilometer listrik sy sudah dihidupkan sama org ...
    sy bingung bgaimna caranya biar dy ttep jeglek klo dihidupkan orang...
    terima kasih bpk...

    ReplyDelete
  11. saya juga,kenapa pemanggang roti {oven}saya nyalakan langsung jeglek,apa solusiny ,terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  12. bila saya nyalakan langsung jeglek lagi ,apa solusinya bpk rahmad,terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diketahui , Berapa pemakaian dan berapa Daya terpasang di rumah
      Bisa jadi memang sudah berlebihan daya yan digunakan
      Salam

      Delete
  13. Misi pak, di kosan saya tadi listriknya jegleg lalu saat saya coba menaikkan saklar mcbnya itu langsung mental lagi kebawah alias tdk bisa naik. Kira kira kesalahannya ada dimana ya? Dan solusinya seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada yg korslet, coba minta bantuan teknisi listrik utk memperbaikinya

      thanks

      Delete
  14. Pagi pak, saya awam dengan listrik pak, tp saya mengalami maslah dengan kelistrikan rumah, pertanyaannya saya seblum saya panggil tukang yg ahli dlm listrik

    - kenapa ketika terjadi konsleting mcb saya tdk bisa di hidupkan kembali selalu loss tombol kebawah, bukan jeprek! Awal.a terjadi konsleting! Thanks pak butuh info.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Korsleting menyebabkan Lonjakan Arus yang sangat tinggi, dan menyebabkan Panas yang sangat berlebihan pada MCB, sehingga saat MCB mengalami Korsleting, maka tidak dapat dinaikkan lagi
      Thanks

      Delete
  15. selamat malam pak, dirumah saya sering anjlok sewaktu penggunaan listrik sedikit seperti tv dan dispenser sedang dalam kondisi mati. sewaktu dicoba nyalakan mcbnya dia gak mau ngangkat, tapi ketika tombol dispenser dinyalakan mcbnya malah bisa ngangkat. dan posisi tv yang tadinya mati tiba2 menyala sendiri.

    ReplyDelete
  16. Cara mengetahui listrik dirumah ada yg nyuri gmna ya min,? Soalnya pulsa listrik boros bangt,, min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara sederhananya, coba anda matikan seluruh alat listrik yang anda gunakan, kemudian perhatikan apakah Meteran masih bertambah, jika ya, berarti listrik anda ada yang menggunakan

      Thanks

      Delete
  17. Mcb saya on tapi listriknya mati. Padahal tidak ada yang korslet. Itu gimana ya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan MCBnya rusak, atau Listrik dari PLN memang padam

      Thanks

      Delete
  18. Mau tanya ini pak, listrik saya di lantai 1 nggak masalah, ada satu mcb ke Lantai 2, pada pertemuan kawat negatif yang terhubung dengan penghubung terbuat dari tembaga ujung kawatnya ada seperti terlihat terbakar/hitam, bila mcb lantai 2 dinaikkan listrik semua mati (mcb induk, lantai 1 yang terhubung ke lantai 2 dan mcb dilatai 2 turun) setelah beberapa saat (sekitar 2-5 menit), nah apa kira2 masalahnya ya ?, terima kasih bantuannya

    ReplyDelete
  19. Mau tanya ini pak, listrik saya di lantai 1 nggak masalah, ada satu mcb ke Lantai 2, pada pertemuan kawat negatif yang terhubung dengan penghubung terbuat dari tembaga ujung kawatnya ada seperti terlihat terbakar/hitam, bila mcb lantai 2 dinaikkan listrik semua mati (mcb induk, lantai 1 yang terhubung ke lantai 2 dan mcb dilatai 2 turun) setelah beberapa saat (sekitar 2-5 menit), nah apa kira2 masalahnya ya ?, terima kasih bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel negatif yang tidak tersambung dengan baik, memang dapat menyebabkan MCB Trip, namun sebaiknya minta bantuan teknisi listrik utk memeriksanya

      Salam

      Delete
  20. Permisi pak mau tanya , dirumah saya listriknya dibagi (arusnya ) salah satu bagiannya sering jeglek ( seminggu 3 kali ) padahal pemakaiannya biasa ( tidak berlebihan ) dan ketika MCB dinaikan tidak jeglek lagi, dan sering terdengar bunyi "duk" bagaimana ya pak solusinya terimakasih pak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusinya, Ganti MCB, dan Pastikan Kabel-kabel terpasang dengan kuat dan benar

      Delete
  21. Selamat malam,
    Saya mau bertanya.
    akhir akhir ini listrik dirumah saya selalu jeglek. semua arus listrik dirumah saya kabel tanam. Awalnya saat jeglek langsung diganti mcb oleh teknisi. Keesokan harinya kembali jeglek, dan langsung di tambah daya oleh teknisi. Setelah itu kembali jeglek bahkan setiap 2-3jam sekali selalu jeglek. Sudah di coba untuk beberapa lampu dan colokan di matikan, namun masih tetap jeglek. Pada saat jeglek dan di naikkan kembali dengan kondisi listrik dan lampu menyala masih bisa menyala. Namun bertahan hanya 2-3 jam kembali jeglek. Mohon infonya, apakah ada korslet pada kabel yang ditanam? Dan mohon berikan solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kabel Tanam, isolasinya sudah bocor, dan untuk memastikannya perlu dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur.

      untuk lengkapnya dapat dilihat pada artikel berikut:
      Mengukur Kebocoran KabelMengukur Kebocoran Kabel

      Salam

      Delete
  22. selamat pagi,
    mohon sarannya
    meteran listrik dirmh sy sering skl jegleg sndr.sekedar info, rmh itu tdk stp hari saya kunjungi.terkadang pd saat saya ada ditempat, semua normal2 saja.tp pas saya tinggalkan dan balik lagi pada bbrp hari kemudian, listrikx sdh mati. meteran listrik yg diluar sll jegleg.tapi mcb dlm rmh dan stabilizer tdk jegleg. itu kira2 kenapa ya?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Saya mau tanya pak.
    Saat saya menyalakan mesin pompa air listrik, air tidak keluar dan bunyi mesinnya tidak seperti biasanya, seperti bunyi mesin yg tdk mau hidup. Lalu KWH meter listrik berbunyi dan lampu peringatan merah menyala, juga ada tulisan delaying di display KWH.
    Kira2 kenapa ya pak?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa kemungkinan,
      Apakah bearing/bantalannya sudah rusak/macet
      Atau Capasitor pompa sudah tidak berfungsi/rusak

      Delete
  24. mau tanya pak hari ini tiba2 mcb saya jeglek padahal listrik sudah saya padamkan semua kira2 apa permasalaan nomor 3 yang terjadi pak? oh ya katanya PLN jg tidak bertanggung jawab untuk memperbaiki listrik mcb tersebut. solusinya gmna pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya ini menjadi Wewenang dari PLN

      Delete
  25. AnonymousJune 07, 2018

    Terima kasih atas infonya pak...Nah Pak..saya memiliki masalah yang serupa..2 bulan lalu saya ganti PC dengan spek terbaru dan menggunakan PSU 450W (pure), Nah kabel power PC saya sambungkan ke colokan dengan tombol on/off ke listrik (itu lho yang kalo dihidupkan menyala lampunya merah)...Nah masalahnya beberapa kali saya hidupkan tombol on-off nya saja..(belum menyalakan PC-nya) ..sering jeglek MCBnya...padahal tidak ada peralatan listik lain yang hidup...(daya listrik listrik rumah saya 1300)..dan minggu lalu semakin parah..lampu rumah saya semua kedap-kedip dan berbunyi,,bahkan sekring nya berbunyi...setelah saya panggilkan tukang listrik,,,ternyata MCBnya konslet dan diperbaiki...bereslah masalahnya...namun hari ini..kembali..pas tombol on-off PC dihidupkan kembali jeglek..tapi hanya pada salah satu sekringnya (sekring ada 2 buah)..sehingga sebagian rumah padam..namun setelah sekring yang jeglek itu dihidupkan..listrik hidup kembali,.,,namun pas tekan tombol on-off PC nya muncul lagi suara "Kreek"..entah dr mcb atau sekringnya..namun tidak jeglek!...saya benar2 bingung...apa yang gak beres ya pak??..

    ReplyDelete
    Replies
    1. PC yang anda gunakan perlu diperbaiki/servis

      Delete
    2. AnonymousJune 07, 2018

      Terima kasih Pak..tapi apa gara-gara PC baru saya..membuat MCB atau Sekring jeglek?..karena sebelum ganti PC juga pernah mengalami hal serupa walau tidak separah saat ini (jeglek, muncul suara krek-krek di sekring atau lampu rumah seperti turun voltase).

      Delete
    3. Kemungkinan ada kabel pada instalasi listrik yang Longgar, minta bantu tkg listrik utk pemeriksaan perbaikan

      Delete
    4. AnonymousJune 15, 2018

      Terima kasih banyak Pak..ternyata benar Instalasinya kurang beres..hehe..ohya..mohon maaf sebesar-besarnya karena saya baru balas :)!

      Delete
    5. Semoga gak bermasalah lagi,Ya
      Salam

      Delete
  26. Kak, kalo mcb rumah saya tbtb mati padahal penggunaan listrik tidak banyak saat saya klik mcb nya mau menyala.. kenapa ya kak? Apa ada masalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan MCB sudah mulai rusak, atau ada kabel-kabel pada instalasi yang longgar atau sudah bocor

      Delete
  27. Halo pak.. di rumah saya setiap kurang lebih 5-6 bulan mcb nya suka mati sendiri, dan kalau dinyalakan lagi normal saja tanpa masalah. Karena rentang waktunya cukup jauh jadi tidak mengganggu sih, tapi lama2 jadi penasaran kenapa kok rutin bisa mati sendiri tiap 5-6 bulan.
    Kira2 itu kenapa ya pak? Thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa penyebab, salah satunya:
      Kemungkinan MCB sdh mulai ada rusak/kendur dsb
      Ada gangguan pada Listrik PLN,pada saat itu tegangan mungkin drop, atau penyebab lainnya

      Delete
  28. Saya nyalain sanyo trus ga ada suara njeglek ... Trus saya nyalain lagi ga bisa sampe sekarang ada solusi ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Berapa daya sanyo?
      2. berapa daya terpasang di rumah?
      3. MCBnya jepret, atau tidak bisa dinaikkan sama sekali?

      Delete
  29. Saya mau tanya mcbv saya sering jeglek dan setiap jeglek saya nyalakan lagi, sekarang tidak mau nyala sama sekali, itu kenapa ya?
    Thanks

    ReplyDelete
  30. Pak mau tanya kenapa tiba" lampu
    di rumah sering jeglek dan lampu putus semua tv jg kbakar pada saat mcb di naikin udah dua hari ini ganti lampu rusak seperti aliran listrik loss di rumah saya maksih

    ReplyDelete
  31. Pak mau tanya knapa akhir akhir ini saat saya menyalakan printer saklar listrik tiba tiba turun padahal tidak ada alat elektronik lain yang sedang dinyalakan? Sebelumnya saat saya menyalakan printer tidak pernah turun saklar listriknya. Kira-kira dimana masalahnya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan MCB sudah mulai kurang Bagus, Atau Printer perlu di Service

      Delete
  32. assalamualikum maaf mau tanya pak mcb sy yg dilantai 2 jeglek udh ganti 2x tetep jeglek cuma anehnya jegleknya pas dimalam hari.prtma kli jeglek tu jam 11 mlam lalu ganti baru jeglekx juga jam11 mlm lalu ganti yg ketiga kalix jeglek pas jam 3 malem itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa kemungkinan:
      - kemungkinan bebannya melebihi, coba dihitung brp watt pemakaian alat listriknya
      - kemungkinan ada instalasi yg short/bocor
      - ada pemakaian alat listrik yg sudah rusak

      Delete
  33. salam pak
    saya mau tanya
    kemaren dirumah mertua semuanya pake stopkontak...trus durapikan (dipasang saklar) tp anehnya setelah beberapa hari selesai pasang instalasi kok sering jeglek padahal pemakaian sama .. terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada kesalahan pemasangan kabel

      Delete
  34. Di kos san saya kan jeglek meterannya tapi pas saya kasih on. Gk befungsi. Gk bksa nyala

    ReplyDelete
  35. Pak listrik di rumah saya selaku jeglek. Saat malam bisa terjadi beberapa kali , saat setelah mati listrik serentak, bahkan saat tidak dipakai sama sekali. Dan pernah satu ketika, di rumah saya ada pemadaman serentak. Begitu semua nyala, MCB di rumah terlock tidak bisa dinaikan kembali . Sampai harus panggil PLN dan input beberapa angka baru bisa unlock. Itu kira2 karena apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa, perlu panggil Pihak PLN utk mengatasinya

      Delete
  36. Salam pak,
    saya mau nanya, di kantor tempat saya kerja mcb sering jeglek padahal sudah tambah daya,terimakasih

    ReplyDelete
  37. Daya listrik 450 watt.kulkas di colok selang beberapa menit MCB kWh jelek.mcb dalam rumah tdk jeglek.posisi pemakaian cmn 3 balon lampu LED 5 watt.kondisi kulkas baru beli

    ReplyDelete
  38. Pak Tanya dong, kan Hari ini jam 8 malem listrik kosan Saya mati, nah pas diliat ternyata turun, nah otomatis Saya naikkan karena Kos yg lain nyala semua. Pas Saya naikkan malah sedikit Ada ledakan di mcbnya, itu kenapa ya?
    Pas dinaikkan semua lampu tidak dimatikan, pas Saya matikan semua lampu malah tidak bisa Naik lagi.

    ReplyDelete
  39. Lampu di rumah sy..tiba2 MCB nya bunyi dan lampu smuax langsung padam?klo sperti itu penyebabnya apa yah..krn sblumx tdk prnh kejadian sprti ini...dan baru 2 bln sy tambah daya listriknya...

    ReplyDelete
  40. bnyak penyebab, apakah kabel di MCB longgar, atau MCB memang rusak

    ReplyDelete
  41. Selamat malam bang saya pake kilometer lama dan Pake mcb tapi mcb yang dari pln seeing jeglek mesti di matiin skering mcbnya dan kalo di kembaliin mcbnya mentok stengah baru bisa nyala teepaksa pake karet biar tdk jeglek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya Hubungi Pihak PLN, dan Ganti MCB yg ada di KWH

      Delete
  42. Kalo kasusnya jika listrik padam dari PLN dan ketika menyala lagi , meteran listrik saya langsung jeglek dan jika saya naikkan lagi nggak masalah atau normal nyala.
    Kenapa ya Pak bisa begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan karena saat Listrik padam, seluruh alat listrik yang anda gunakan masih posisi terhubung, kemudian saat listrik menyala maka lonjakan arus tinggi krn seluruh alat listrik menyala bersamaan, coba saat listrik padam, maka sebagian alat listrik di cabut, agar saat listrik menyala lonjakan arus tdk terlalu tinggi

      Delete
  43. Selamat sore pak, saya ingin bertanya.

    Rumah saya kebetulan baru saja direnovasi, jadi saya mulai memasang 2 lampu tambahan dan satu stop kontak, awalnya saya pasang sebuah lampu dengan pemakaian daya 45 watt dan itu tidak menggunakan sakelar dan hanya saya colokkan pada stop kontak yang memang sudah ada di rumah saya sebelum renovasi dimulai.

    Keesokan harinya baru saya pasang 2 bola lampu dan 1 stop kontak. Setelah selesai saya hidupkan kembali MCB rumah dan saya hidupkan kedua lampu. Tidak ada masalah sama sekali dengan instalasi yang saya pasang, tapi ketika saya matikan kedua lampu tadi tiba-tiba MCB saya trip. Saya tunggu 5 menit untuk kemudian menyalakannya kembali tapi MCB itu kembali trip saat saya nyalakan. Saya sudah cabut semua alat yang terpakai namun kembali trip lagi MCBnya ketika saya coba hidupkan.Saya coba menggantinya dengan MCB baru karena berdasarkan pengalaman saya dulu waktu Prakerin di pabrik ketika motor trip dan kami mulai mengganti MCBnya motor tersebut tidak bermasalah lagi, tapi MCB yang saya ganti kembali lagi trip. Saya kemudian memutus hubungan dengan salah satu lampu yang ukuran pemakaian dayanya hanya 15 watt dan kembali saya nyalakan kembali trip lagi. Padahal stop kontak pun tidak dihubungkan dengan peralatan listrik manapun. Setelah saya coba untuk tidak menghubungkan beban tambahan apa pun, MCB rumah saya yang lama baik-baik saja dan tidak mengalami trip.

    Saya sempat berpikir mungkin beban yang saya pakai sudah melebihi batas, tapi saya teringat saat saya memasang lampu 45 watt tanpa sakelar di hari sebelumnya. Kembali lagi saya berpikir mungkin tambahan lampu yang 1 lagi, tapi lampu itu hanya 15 watt dan juga sudah saya lepaskan 1 per satu sebelum saya akhirnya tidak memasang apa pun. Stop kontak baru itu pun tidak saya sambungkan dengan peralatan rumah apapun, dan tidak ada tanda-tanda terbakar atau rusak sama sekali.

    Saya jadi bingung pak karena selama saya sekolah, belajar, kemudian saya memasang dan memperbaiki peralatan rumah tangga dan instalasi listrik saya tidak pernah mengalami hal ini.

    Mungkin pelajaran saya selama SMK ini kurang banyak, mohon bantuan solusinya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bingung mas

      kalau saya perhatikan, ada beberapa kemungkinan berhubung ini adalah analisa tanpa lihat kondisi di lapangan

      1. kemungkinan ada kesalahan pemasangan kabel, coba benar2 diperiksa kembali jalur kabelnya
      2. lampu yang dipasang rusak/short
      3, kabel yang digunakan rusak/short

      Delete
    2. Ogitu ya mas, btw saya cewek hehe. Kalau dari hasil analisanya masnya sepertinya saya sudah tau di mana salahnya.

      saya baru teringat kemarin saya pasang lampu di salah satu fitting dan tiba-tiba ada letupan. mungkin fitting itu sumber masalahnya.

      terima kasih banyak mas atas sarannya jadi saya bisa mulai lagi dari awal.

      Delete
  44. Mau bertanya pak dirumh pake daya 450 dia sering g kuat buat menanak nasi pake mejikom,pernh jg buat motong besi/keramik(pake gerinda) jg g kuat pdahal pemakaian lampu,kulkaS,tv. sy matiin setiap msak nasi..terimakasih,itu solusi y gimna yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pemakaiannya msh dibawah 450 tapi MCB sudah jepret, kemungkinan MCB sudah ada masalah dan agar dimintakan Teknisi dari PLN untuk Pemeriksaan atau penggantian

      Delete
  45. Sore min

    minta pencerahanya
    mcb saya sering banget turun sama skring nya

    terus di bisa di naikan kadang 1 hari bahkan 2 hari baru bisa kembali of ,

    itu pun durasi on kadang cuman 15 menit

    lalu turun lagi mcb sama skring nya

    mohon minta pencerahnya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. terdapai berbagai kemungkinan penyebabnya:
      Bisa jadi ada Korsleting dalam Instalasi atau alat listrik, atau penyebab lainnya,sesuai artikel diatas

      Delete
  46. Maf pak saya mau tanya...
    Meteran di rumah klo pemakaianya berlebih jeglek... tpi pas saya mau naikan lagi meteranya ga bisa... trun lagi... padahal semua sudah saya matikan semua.. dri lampu sampai kulkas... tpi mteran di on kan ga bisa... setah 1 jam lebih baru bisa lagi.
    solusinya gmna ya pak
    terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. MCB Panas karena arus berlebihan, sebaiknya hindari pemakaian berlebih, dan ganti MCB dgn yang baru

      Delete
  47. Pak Rahmad smoga sukses selalu, mo tanya klo mcb yg didalam rumah salah satu mcb nya tidak bisa naik maupun turun (saklar nya), apa sudah jelek nya ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum bang mau nanya ini kan ada lampu lapangan basket watt lampunya 600 trus sakalarnya jeglek gak bisa dinaikin lagi meskipun naik kan biasa nyala ini mati total bang,mohon jawaban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan MCB rusak, atau lampu atau kabelnya korslet

      Delete
  49. Mas mau tanya. Ini drumah saya sudah hampir 6 kali listrik turun. Pemakaian listrik sudah saya kurangin. Trus awalnya kipas saya gapapa tapi selang 3 kali turun kipas angin saya tidak bisa nyala. Trus udah saya tidak colokin lagi kan tapi listrik tetep turun juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya MCBnya turun, atau Tegangan listriknya yang turun?

      Delete
  50. Saya baru pasang token dgn daya 1300 yg mengunakan MCB 6 ampere, namun ketika digunakan untk trafo las 450 watt MCBnya turun, apakah boleh di ganti MCB 12 ampere?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak boleh, harus lapor ke PLN untuk Tambah Daya

      Delete
  51. malam saya mau tanya mas rahmad kan saya memiliki MCb lantai 1 dan lantai 2 nah yang lantai 2 tiba" jeglek,,kalo siang saya nyalakan lagi gak betapa menit jeglek lagi tapi dimalam hari saya nyalakan malah MCB lantai 1 ikut jeglek samapai meternya juga ikut OFF saya sudah panggil tukang listrik dia juga binggung,,terus saya sidah tlfn PLN katanya itu bukan masalah PLN itu harus cari tukang Listrik,,,saya jadi Binggung sumpah,, Mintak banyuanya mas tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lebih Specifik,

      MCB berapa Ampere?
      Apa saja yang dinyalakan di siang hari dan malam hari?

      Delete
  52. Halo Pak
    Mau tanya, total pemakaian listrik di rumah tidak melebihi daya maksimal pemakaian, malahan cenderung jauh dari batas maksimal, tapi jika saya nyalakan pompa air dalam waktu yg cukup lama menyalanya nanti MCB di bawah meteran listrik langsung turun, tetapi MCB di dalam rumah baik2 saja, terus kalau mau dinyalakan lagi, tidak langsung naik, harus dalam kondisi tanpa ada yang nyala. Padahal MCB baik yg di dalam rumah atau di bawah meteran listrik baru diganti semua, kira-kira masalahnya apa ya Pak?

    ReplyDelete
  53. Pak total pemakaian listrik di rumah tidak melebihi daya maksimal, tapi jika menyalakan pompa air kurang lebih 10 menit, MCB di bawah meter listrik langsung mati tapi yg didlm rumah tidak mati, trus kalo mau di naikan tidak bisa dalam kondisi listrik ada yg nyala, padahal MCB baik yg di dalam rumah atau di bawah meteran baru di ganti, kira2 masalahny apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa daya terpasang?, dan berapa daya Pompa tersebut, agar dipastikan

      Delete
    2. 450 watt daya listriknya
      Pompa air 125 watt. Jika dinyalakan berbarengan dg kipas (50watt) 4 lampu (@18 watt) MCB dibawah meteran turun, jika pompa nyala lebih dari 10 menit, tp jika pompa air tidak nyala listrik baik2 saja.

      Delete
  54. Maaf pak saya mau nanya apakah sambungan kabel yang longgar atau kurang kencang bisa menyebabkan mcb jegleg?

    Soalnya saya baru ganti semua instalasi listrik di rumah saya dengan kabel baru. Tapi setelah itu mcb di meteran rumah saya jegleg terus pak. Sebelum saya ganti kabel normal normal saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kemungkinan ada kesalahan pemasangan kabel pada instalasi
      2. Kabel longgar pada MCB yang dapat menyebabkan MCB panas dan Jepret, untuk sambungan kabel longgar selain di MCB tidak menyebabkan MCB Jepret, namun dapat berbahaya percikan api dan terbakar

      Delete
  55. pak listrik saya 900 watt,kalau pakai sekring 6A boleh gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saja, asalkan MCB yang di KWH jangan diganti, tetap 4 A

      Delete
  56. Sore Pak, saya mau tanya.. 2 hari ini setiap jam 2 siang selalu jelek, padahal pemakaian listrik normal, kira" Kenapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan MCB panas,ditambah panas siang hari, dan sebaiknya diperiksa MCB tersebut, apakah ada kabel MCB ada yang longgar, atau memang MCB sudah mulai rusak dan perlu diganti

      Delete
  57. Pagi Pak. Listrik rumah terbagi menjadi 4 MCB (4 jalur). Di salah satu jalur MCB, semua lampu nyalanya berkedip-kedip. Sambungan kabel di smua stop kontak sudah saya kencengin, tapi lampu tetap nyala berkedip. Mohon solusinya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada kabel instalasi yang putus atau sambungan longgar

      Delete
  58. Rumah saya baru saya bangun dan saya pasang daya 900 lalu saya memasang lagi MCB cl10 cl16 untuk lampu dan listrik waktu pas saya pakai mesin gerinda dengan daya 850 kenapa mati yah sedangkan belom ada perabotan tapi di rumah mertua saya tv kulkas mesin cuci nyala waktu pakai mesinnya tetap bisa nyala dayanya pun sama 900 tolong bantu kenapa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya mesin Gerinda sudah melebihi Batasan daya terpasang 900Va, Apalagi saat Mesin gerinda bekerja dengan beban berat, Lonjakan arusnya cukup tinggi

      Delete
  59. Listrik 1300. Klo pompa air nyala + salab satu dari ( ac 1 pk, oven, rice cooker ) nyala + kulkas stnby maka mcb turun. Itu knpa ya?

    Pompa air sudah pakai power starting untuk 1500 watt. Itu berfungsi atau engga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pompa airnya berapa Watt?

      Delete
    2. Kalo d label pompanya 250 watt

      Delete
    3. tapi knpa masih sering turun ya?

      Delete
    4. Apa ad kmngknan rusak di kwh meter?

      Delete
    5. AC 1 PK 750Watt
      Pompa air 250Watt
      Kulkas sekitar 100Watt, total 1000Watt, memang sudah mendekati maksimal, kemungkinan ada alat listrik yang sudah mulai kurang optimal, sehingga daya mengalami lonjakan, coba dilakukan servis dan pembersihan pada AC, Kulkas, Pompa dan alat listrik lainnya

      Delete
  60. Numpang nanya ka.. saya klo masang kabel tv pertama jeglek.. terus saya idupin lgi jeglek lgi..saya coba lagi sampe gk jeglek lagi kira kira 6-7 kali idupin jeglek terus tpi ke 8 nya nyala gk mati.. itu klo gitu bisa jebol gk ya mcb nya??

    ReplyDelete
  61. Numpang nanya ka klo saya masang kabel tv jeglek..terus saya idupin lgi jeglek lgi terus saya coba terus sampe gk jeglek kira kira jebol gk ya mcbnya.. kira kira 6-7 kli idupin baru bisa idup tv nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MCB bisa rusak, kemungkinan pemakaian daya sudah maksimal, atau TV sudah mengalami gangguan

      Delete
  62. Hallo Pak,saya awam listrik, listrik dirumah saya daya 2200 watt daerah jakarta barat Semanan. Akhir-akhir ini listrik dirumah saya sering turun, pada awalnya yang turun KwH yang didepan rumah, sekarang yang turun MCB yang didalam rumah. Turun jika saya nyalankan AC 3/4 PK + Magic Com+ Lemari ES ukuran kecil + 8 lampu masing2 5 watt + 2 lampu 10 watt+ Pompa Air (Jet Pump) tipe PC-503 BIT. Kalau tanpa Pompa air tidak turun, tetapi pas pompa air saya nyalakan listrik turun kemudian saya matikan lagi pompa air dan naikan lagi mcbnya, baru kemudian saya nyalakan lagi tidak turun. Kalau saya baca2 watt pompa air itu 500 watt, kalau saya hitung2 total watt tidak sampai 2200 ya, mohon penjelasan Bapak , terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa ukuran MCB di dalam rumah dan yang di KWH?

      dan kalau MCBnya 10 A, berarti ukurannya sudah selesai, kalau masih turun juga MCBnya, kemungkinan beban pompa sudah semakin berat, coba di service

      Delete
  63. Mas klw kabel badan atau kabel negatif terpasang utk lampu.namun kabelnya kemungkinan ada yg putus dan lampunya tombol cetekanya saya offkan . Ngaruh gk mas bisa jepret

    ReplyDelete
  64. AnonymousMay 03, 2020

    Halo pak. Tadi saya colokkan lampu yang bisa di cas untuk dicas. Pas saya colokin, tiba-tiba ada ada sedikit letusan dan mcb di kwh meter turun. Setelah saya matikan semua lampu di rumah, ternyata mcb nya gak mau on lagi (balik lagi off) itu kenapa ya pak? Selain telpon pln, apa ada solusinya?

    Terima kasih pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan Semua Colokan di cabut, Saklar dimatikan

      Lalu tunggu beberapa menit, hingga MCB tidak panas, Lalu coba naikkan Kembali MCB nya

      Jika sudah dilakukan Namun MCB tidak juga bisa di ON kan, Berarti MCB Rusak karena Colokan lampu ada yang korslet, dan untuk mengganti MCB di KWH, memang harus Pihak PLN, Thanks

      Delete
  65. Tks pak, blog nya bermanfaat sekali, daya listrik 900 VA mcb 4 A sering jeklek, pemakain malam.hari saja (1) padahal yg nyala kulkas 2.pintu,lampu 4 buah, Ac 3/4 pk tv 32 inch itu sering jeklek knp ya, (2) benarkah / perlukah ac menggunakan stabilizir krn daerah saya sering turun tegangan , (3) ada hubungan tegangannturun dg jeklek tks

    ReplyDelete
  66. Memang Pemakaian dayanya sudah Pas-pasan, saran saya sebaiknya tambah daya menjadi 1300va

    ReplyDelete
  67. Malam pak mohon bantuannya,,,
    MCB yg dipake 4a otomatis daya yg harusnya dpake 900watt, tpi in sy pke msin potong 750w tv LED 32in skitar 70w itupun kadang gk dinyalakan 1lampu led20w anggapan aj total 850watt tpi sering jeglek jg,, sdah ad 2 org PLN dtang yg 1 sambil marah2, sy disuruh nyalakan semua peralatan listrik, krna org awam sy nyalakan semua ad 2mesin potong 750wx2 kipas tv dn semua 5lmpu it gk jegleg trus dy bilang overload n suruh + daya, sy bingung sy pke tiap harinya slma 2bulan gk pernah jegleg cuman entah gara2 lampu yg hbis kna petir sampai skrg sering jegleg, "tpi it overload" 3hri sya pkir ternyata sy dijebak, sruh nyalakan semua meski gk terpakai padahal sdah sy hitung pemakaian klo kerja gk sampai 850w kok Blang overload,, mohonMalam pak mohon bantuannya,,,
    MCB yg dipake 4a otomatis daya yg harusnya dpake 900watt, tpi in sy pke msin potong 750w tv LED 32in skitar 70w itupun kadang gk dinyalakan 1lampu led20w anggapan aj total 850watt tpi sering jeglek jg,, sdah ad 2 org PLN dtang yg 1 sambil marah2, sy disuruh nyalakan semua peralatan listrik, krna org awam sy nyalakan semua ad 2mesin potong 750wx2 kipas tv dn semua 5lmpu it gk jegleg trus dy bilang overload n suruh + daya, sy bingung sy pke tiap harinya slma 2bulan gk pernah jegleg cuman entah gara2 lampu yg hbis kna petir sampai skrg sering jegleg, "tpi it overload" 3hri sya pkir ternyata sy dijebak, sruh nyalakan semua meski gk terpakai padahal sdah sy hitung pemakaian klo kerja gk sampai 850w kok Blang overload,, mohon dibantu solusinya,, dibantu solusinya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya PLN 900 satuannya Va, kalau wattnya sekitar 700-800 Watt tergantung Alat listrik yang digunakan.

      Jika menggunakan Mesin Potong 750Watt, tentu daya listrik 900va Sangat Pas-Pasan, belum lagi saat Mesin potong tersebut digunakan memotong benda yang agak keras atau beban kerjanya lebih ekstra tentu daya yang dipakainya akan melebihi 750Watt.

      Saran PLN memang sdh tepat, jika memang ingin menggunakan Mesin potong 750w di rumah, sebaiknya Daya ditambah minimal 1300va.

      Thanks

      Delete
  68. Malam kak, mcb saya jeglek karena mesin pompa air saya dimatikan. Itu kenapa ya kak? Tapi kalau pompa airnya hidup mcbnya gak jeglek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini agak Aneh

      Pompa Mati MCB Jeglek, Pompa Dihidupkan MCB tidak Jeglek?

      apakah pernyataannya sudah benar?

      Delete
  69. Malam pak saya mau tanya tadi saya colokin lampu kamar saya tiba-tiba listruk dirumah padam total pas saya cek mcb nya nggak turun sama sekali terus saya off kemudian on lagi listriknya hidup sekilas dan kemudian langsung mati lagi mcbnya dalam posisi on tapi lampunya nggak nyala terus udah di cabut semua saklar kecuali satu lampu buat liat hidup apa nggak tapi pas di off kemudian di in lagi sama kayak yang pertama hidup nya sebentar cuma sekilas abis itu langsung mati lagi dan mcb nya masih dalam posisi on itu kira2 ada masalanya di mana pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada instalasi yang Korslet, coba dicabut semua colokan listrik, matikan semua saklar lampu, dan coba di ON kan lagi MCB nya, kemudian nyalakan satu persatu alat listrik yang ada, jika saat dicolokkan Lampu mati, berarti alat listrik tsb yang rusak/korslet.

      jika semua alat listrik dan lampu dimatikan, namun MCB tetap tidak bisa di-ON kan, berarti instalasi di rumah kabelnya ada yng korslet

      Delete
  70. pak saya ingin bertanya...
    mcb saya sering jeglek padahal daya tidak overload dan jegleknya bisa 1 hari kadang 3 hari lagi kadang 12 jam...seharusnya kalaw barang elektronik konslet waktu mcb jeglek dia pasti tidak mau on lagi kalaw colokan dari barang elektronik tersebut tidak kita cabut...jadi langkah supaya saya tau penyebabnya itu gimana ya pak?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika memang sudah benar2 dipastikan tidak ada yang korslet, dan pemakaian alat listrik tidak berlebihan,

      coba diperiksa suhu mcb apakah panasnya tidak normal, atau, apakah ada baut / kabel di MCB yang gosong, ini dikarenakan baut kabel kendur, dan MCB akan jeglek saat panasnya meningkat.

      jika demikian maka MCB anda perlu diganti

      thanks

      Delete
  71. AnonymousJuly 17, 2020

    Pak mau tanya, klu meteran ada tulisan periksa knp ya pak. Dan klu kabel listrik kena bakar (tidak kebakar secara langsung/kena panas api, soalnya Bakar sampah di bawah kabel listrik) saat bakar sampah apa kemungkinan bisa menyebabkan MCB anjlok terus (jepret terus klu di on kan) pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan karena kena Panas, kabel rusak dan Short, sehingga MCB Jepret trus

      Delete
  72. Permisi Pak, mau nanya, kalok MCB saya sering turun dan MCB nya panas(Kalau dinaiki beberapa menit turun lagi / jeglek) , setiap ganti MCB cumak bertahan kurang dari satu tahun penyakitnya kambuh lagi (tergantung merek)
    Itu kenapa ya pak? Emang usia MCBnya atau ada yg lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia MCB seharusnya lebih lama dari itu

      beberapa hal yang dapat menyebabkan MCB mudah rusak:

      1. Pemasangan Kabel pada MCB longgar
      2. Ukuran Ampere MCB Ngepas dengan bebannya
      3. Kualitas atau Merek dari MCb yang digunakan

      trims

      Delete
  73. Listrik di kontrakan saya 450 Watt saya menyalakan AC 1/2 PK dengan daya hanya 320 Watt tetapi ketika saya mau hidupkan AC tsb tiba2 MCB saya langsung trip padahal semua lampu dan alat2 elektronik lain sudah saya matikan mohon di bantu penjelasannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daya 450 Va, biasanya tidak bisa digunakan 100%, sekitar 80 - 90 %.

      Dan AC dengan daya 320Watt, konsumsi dayanya bisa lebih dari 320W saat Pertama kali dinyalakan, dan inilah yang menyebabkan MCB trip.

      sebaiknya Daya ditambah menjadi 900Va.


      Trims

      Delete
  74. maaf mau tanya,,MCB listrik saya kadang suka bunyi kretek kretek dan semua lampu jadi kedap kedip,,itu kenapa ya ?, terus saya off kan MCB nya dan didiamkan beberapa menit lalu di on kan kembali terus hilang deh suara kretek kreteknya dan normal lagi,,itu kenapa ya ?,dan kalau didiamkan bisa bahaya ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa karena kabel MCB ada yang kendur, atau MCB sudah mulai rusak dan perlu dganti

      Delete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin