Daftar Peralatan Listrik atau Elektronik di rumah yang paling besar biaya tagihan listriknya sebulan


Peralatan Listrik maupun alat Elektronik mana yang paling besar wattnya, sehingga menghabiskan biaya listrik terbesar dalam sebulan?
Daftar Peralatan listrik atau Alat-alat elektronik penyumbang Tagihan listrik terbesar, Pernahkah kita bertanya, Diantara berbagai macam Peralatan listrik atau alat elektronik yang biasa kita gunakan sehari-hari, Peralatan listrik mana yang paling boros listrik?, Peralatan listrik atau alat elektronik mana, yang mengakibatkan tagihan listrik anda setiap bulannya menjadi mahal atau membengkak?

Apakah AC, Kulkas, Mesin cuci, Setrika listrik, Rice Cooker, Magic Jar, Dispenser, Kipas angin, Televisi, Blender, Mixer, Oven Microwave, Lampu penerangan, Pompa air, Komputer, yang merupakan peralatan listrik atau alat elektronik penyumbang tagihan listrik terbesar?

Kebanyakan orang pasti menjawab, bahwa AC adalah peralatan Elektronik yang paling besar mengkonsumsi daya listrik, Selain itu, Setrika listrik juga sering dianggap sebagai peralatan listrik yang paling besar wattnya, Benarkah demikian?

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membahas satu persatu pemakaian daya dalam satuan Kwh pada peralatan listrik maupun alat elektronik yang biasa anda gunakan sehari-hari di rumah.

Ingat: yang kita bayar sebagai tagihan listrik sebulan adalah pemakaian Kilo Watt Hours, bukan daya listrik atau Watt nya saja.
Rumus: Daya suatu Alat listrik (Kilowatt) x Lama pemakaian sehari (jam) x Jumlahnya x Jumlah hari dalam sebulan x TDL (Tarif Dasar Listrik).
Meski suatu peralatan listrik atau Alat elektronik memiliki daya listrik (Watt) yang cukup besar, belum tentu menjadi penyebab tagihan listrik anda menjadi mahal, jika jarang digunakan.

Tentunya, Peralatan listrik atau alat elektronik yang memiliki daya listrik atau watt besar, belum tentu menjadi penyebab tagihan listrik anda perbulannya menjadi besar, karena pemakaian listrik perbulan bukan dihitung dari besar wattnya saja, namun juga berapa lama peralatan listrik atau alat elektronik tersebut dinyalakan setiap harinya.

Diharapkan, setelah kita mengetahui Peralatan listrik atau Alat elektronik mana yang paling boros listrik atau yang paling banyak menghabiskan daya listrik, kita dapat lebih bijak dan hemat dalam menggunakan berbagai peralatan listrik maupun alat elektronik di rumah.

Daftar Alat Listrik yang besar Wattnya, dan membuat tagihan melonjak


1. AC
barang-elektronik-di-rumah-yang-membuat-listrik-boros
AC
AC berapa PK yang anda gunakan di rumah?, Umumnya AC yang digunakan di rumah, khususnya untuk mendinginkan Kamar tidur adalah AC ½ PK, (½ PK = ½ x 750Watt, atau sama dengan 375Watt), Karena yang ingin kita hitung adalah satuan Kwh, maka 375 watt harus diubah dahulu ke dalam satuan Kw, yaitu dengan membaginya terlebih dahulu dengan 1000, (375Watt : 1000 = 0,375Kw)

Berapa jam AC tersebut dinyalakan setiap harinya?, Jika AC tersebut dinyalakan selama 10 Jam setiap harinya, Maka biaya listrik yang dibutuhkan untuk AC tersebut selama sebulan, adalah:
  • 0,375Kw x 10 jam x 30 hari x TDL (Rp.1.416,/kwh)
  • 3,75 Kwh x 30 hari x Rp.1.416 = Rp 159.300/bulan

2. Mesin Cuci
peralatan-listrik-dirumah-yang-paling-boros-listrik
Mesin Cuci
Mesin cuci biasanya memiliki besaran daya listrik sekitar 300 Watt, 300 Watt = 0,3 Kw, dan Mesin cuci biasanya digunakan rata-rata selama 3 jam setiap hari, Maka biaya listrik yang dibutuhkan untuk Mesin cuci tersebut selama sebulan, adalah:
  • 0,3 Kw x 3 jam x 30 hari x TDL (Rp.1.416,/kwh)
  • 0,9 Kwh x 30 hari x Rp.1.416 = Rp 38.232

3. Setrika Listrik.
peralatan-listrik-dirumah-yang-membuat-tagihan-melonjak
Setrika
Setrika Listrik, biasanya memiliki besaran daya listrik sekitar 350 Watt, 350 Watt = 0,35 Kw, dan Setrika Listrik digunakan rata-rata selama 3 jam setiap hari, Maka biaya listrik yang dibutuhkan untuk Setrika Listrik tersebut selama sebulan, adalah:
  • 0,35Kw x 3 jam x 30 hari x TDL (Rp.1.416,/kwh)
  • 1,05 Kwh x 30 hari x Rp.1.416 = Rp 44.604

4. Televisi
peralatan-elektronik-dirumah-yang-membuat-tagihan-listrik-mahal
TV
Televisi, biasanya memiliki besaran daya listrik sekitar 100 Watt (100 Watt = 0,1 Kw)., Televisi biasanya digunakan rata-rata selama 12 jam setiap hari, Maka biaya listrik yang dibutuhkan untuk Televisi tersebut selama sebulan, adalah:
  • 0,1Kw x 12 jam x 30 hari x TDL (Rp.1.416,/kwh)
  • 1,2 Kwh x 30 hari x Rp.1.416 = Rp 50.976

5. Kulkas
elektronik-dirumah-yang-paling-boros-listrik
Kulkas
Kulkas, biasanya memiliki besaran daya listrik sekitar 100 Watt, (100 Watt = 0,1 Kw), Kulkas digunakan rata-rata selama 24 jam setiap hari, Maka biaya listrik yang dibutuhkan untuk Kulkas tersebut selama sebulan, adalah:
  • 0,1Kw x 24 jam x 30 hari x TDL (Rp.1.416,/kwh)
  • 2,4 Kwh x 30 hari x Rp.1.416 = Rp 101,952

6. Lampu
alat-listrik-yang-paling-boros
Lampu
Lampu yang digunakan dirumah biasanya jumlahnya ada beberapa buah dan memiliki berbagai macam daya Watt, antara lain:
  • Teras lampu 36watt sebanyak 1 buah.
  • Ruang tamu, Lampu 36watt sebanyak 1 buah.
  • Ruang keluarga, Lampu 36watt sebanyak 2 buah.
  • Ruang makan, Lampu 36watt sebanyak 1 buah.
  • Kamar tidur, Lampu 26watt sebanyak 2 buah.
  • Dapur, Lampu 26watt sebanyak 1 buah.
  • Kamar mandi, Lampu 18watt sebanyak 1 buah.
  • Belakang rumah, Lampu 26watt sebanyak 1 buah.
  • Samping rumah, Lampu 26watt sebanyak 2 buah
Total daya watt untuk lampu seluruhnya adalah: (36watt x 5)+(26watt x 6)+18watt = 352watt (352 watt = 0,352 kw), Lampu biasanya dinyalakan rata-rata selama 12 jam setiap hari, Maka biaya listrik yang dibutuhkan untuk 12 buah lampu tersebut selama sebulan, adalah:
  • 0,352Kw x 12 jam x 30 hari x TDL (Rp.1.416,/kwh)
  • 4,224Kwh x 30 hari x Rp.1.416 = Rp. 179.435/bulan


Dari data diatas, kemudian dapat kita buat urutan Peralatan listrik atau Alat elektronik yang membutuhkan biaya listrik terbesar sampai yang kecil.
  1. 12 buah Lampu, biaya listriknya sekitar: Rp.179.435/bulan
  2. 1 unit AC ½ PK, biaya listriknya sekitar: Rp.159.300/bulan
  3. 1 unit Kulkas, biaya listriknya sekitar: Rp.101.952/bulan
  4. 1 unit Televisi, biaya listriknya sekitar: Rp. 50.976/bulan
  5. 1 unit setrika, biaya listriknya sekitar: Rp. 44.604/bulan
  6. 1 unit Mesin cuci, biaya listriknya sekitar: Rp. 38.232/bulan

Ternyata jika kita hitung berdasarkan jumlah dan lama pemakaian setiap harinya, Lampu menjadi penyumbang tagihan listrik terbanyak dibanding alat listrik atau elektronik lainnya di rumah.

Untuk Alat listrik atau elektronik lainnya seperti Blender, Mixer, Rice cooker, Oven, tidak turut kita hitung karena biasanya pemakaiannya jarang dan hanya sesekali dan tentunya biaya listriknya sebulan juga tidak terlalu mahal.

Oleh karena itu, perlu diingat bahwa meski 1 buah lampu memiliki daya listrik yang tidak terlalu besar, namun jika dalam jumlah yang banyak dan dinyalakan dalam waktu yang cukup lama setiap harinya, akan menjadi penyebab tagihan listrik menjadi mahal dan membengkak.
"SAVE ENERGY"
Perhitungan diatas diambil dari perhitungan rata-rata, tentunya terdapat perbedaan masing-masing pemakaian, baik jumlah, jenis, maupun lama pemakaian sehari-hari.

Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi Ilmu





Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Daftar Peralatan Listrik atau Elektronik di rumah yang paling besar biaya tagihan listriknya sebulan"

  1. keren mas , makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, dan semoga bermanfaat!
      Salam

      Delete
  2. Ini info yang saya cari, matur nuwun sudah berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  3. Sy kesini gara gara sy mau beli sepeda listrik..DYU D1..watt nya 250wàtt...yah sekitar 30rban sebulan..kl di kalkulasi sesuai rumus di atas..

    ReplyDelete
  4. Ilmu yg luar biasa bermanfaat. Terima kasihbatas sharing ilmunya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah ketemu juga yang dicari2. Kebetulan lagi mau beli kulkas buat di kamar kos, jadi nyari info ini dari kemaren sebelum izin ke ibu kosnya hehe. Makasih ilmunya. Semoga terus mengalir.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin