Kabel listrik dirumah menyala semua saat di testpen, kenapa?


Kabel di rumah positif dan negatif di cek pakai tespen nyala dua-dua-nya. kenapa ya?
Apakah anda pernah mengalami, saat terjadi kerusakan listrik dirumah kemudian anda mencoba memeriksanya dengan menggunakan testpen, kabel positif dan negatifnya kedua-duanya menyala saat ditestpen, kenapa?

Padahal seharusnya saat kita memeriksa kabel listrik dirumah dengan menggunakan testpen, saat kabel positif di testpen maka testpen akan menyala, dan jika kabel netral (Negatif) ditest maka testpen tidak menyala.
Baca juga: Cara menggunakan Testpen yang benar dan Aman

Lalu, apa yang menyebabkan kabel fase (Positif) dan kabel netral (Negatif) instalasi listrik dirumah kedua-duanya menyala saat ditespen?

Untuk menjawab kebingungan anda, maka kali ini kita akan coba berbagi mengenai beberapa penyebab dan solusinya saat kejadian tersebut anda alami.
kenapa kabel listrik di rumah menyala semua saat di tespen
Kabel di rumah di testpen menyala semua, Kenapa?

Penyebab kedua kabel listrik di rumah menyala saat di testpen, dan solusinya

Kabel Netral (Negatif) terputus
Jika anda memeriksa kabel fase (positif) dan kabel netral (Negatif) melalui salah satu lubang stop kontak dengan menggunakan testpen, dan kedua-duanya menyala, ini berarti bahwa kabel netral yang menuju stopkontak tersebut lepas atau terputus.
Baca juga: Tips memilih Stop kontak yang bagus dan aman

Saat kabel netral terputus, maka listrik dari kabel fase akan mengalir melalui peralatan listrik yang terpasang menuju kabel netral yang terputus, atau bisa juga listrik dari kabel fase mengalir melalui induksi menuju kabel netral.

  • Solusinya:
Jika hanya salah satu stop kontak yang mengalami hal ini, ini berarti kabel netral (Negatif) yang menuju stop kontak tersebut terputus, maka periksa sambungan dan kondisi kabel netral yang menuju stop kontak tersebut, dan pastikan kabel netral tersambung dengan baik.

Jika semua stopkontak yang ada dirumah mengalami hal yang sama yaitu kabel kedua-duanya menyala saat di testpen, ini berarti kabel netral dari sumber listrik yang terputus, maka periksa kondisi sambungan dan kabel netral dari sumber listrik, dan pastikan kabel netral dari sumber tersambung dengan baik menuju instalasi listrik di rumah.
Baca juga: Sudah Amankah Instalasi listrik di rumah anda?


Kabel yang tersambung pada MCB, Kabel Netral
Seharusnya kabel yang tersambung pada MCB adalah kabel fasa (Positif)

Jika kabel yang tersambung adalah kabel netral, maka saat MCB dimatikan, maka aliran kabel netral ke instalasi listrik di rumah anda akan terputus, dan hal ini akan menyebabkan kabel fase (Positif) mengalir ke kabel netral (Negatif) melalui berbagai peralatan listrik yang terpasang di rumah anda.

Dan akibatnya saat MCB anda matikan (Off), kemudian anda memeriksa kabel dengan menggunakan testpen, maka baik kabel fase (Positif) dan kabel netral (negatif) di rumah anda akan menyala saat ditestpen.

  • Solusinya:
Pastikan kabel yang terpasang pada MCB adalah Kabel Fase (Positif), hal ini juga bertujuan untuk keselamatan, saat MCB dimatikan (Off) maka tidak ada lagi tegangan listrik dari kabel fase (Positif) yang mengalir ke seluruh kabel instalasi listrik.
Baca juga: Bahan instalasi listrik yang aman dan cara memasangnya


Kabel yang tersambung ke saklar, kabel Netral
Seharusnya Kabel yang terpasang pada saklar adalah Kabel Fasa (Positif).
Jika kejadian ini terjadi pada saat anda memeriksa fiting lampu, dan saat anda memeriksa kedua terminal yang ada pada fiting tersebut dengan menggunakan testpen, dan testpen menyala pada kedua terminal fiting lampu.

Kemungkinan kabel netral yang menuju fiting lampu tidak tersambung (Terputus), atau bisa juga karena kabel yang terpasang pada saklar tersebut adalah kabel netral.

  • Solusinya:
Sebelum anda memeriksa fiting lampu dengan menggunakan testpen, posisikan saklar lampu tersebut pada posisi Off, kemudian periksa terminal pada fiting lampu tersebut.

Jika testpen menyala pada kedua terminal fiting lampu tersebut, penyebabnya adalah kabel yang terpasang pada Saklar adalah kabel netral, perbaiki kabel yang terpasang pada saklar tersebut dan pastikan bahwa kabel fase yang terpasang pada saklar bukan kabel netral.

Jika pada posisi saklar off, dan anda periksa kedua terminal fiting dan testpen tidak menyala pada keduanya, berarti kabel yang terpasang pada saklar sudah benar yaitu kabel fasa.

Kemudian coba nyalakan saklar lampu tersebut, kemudian periksa lagi terminal fitingnya dengan menggunakan testpen, jika testpen menyala pada kedua-dua terminal fiting, ini berarti kabel netral yang menuju fiting tersebut terputus, periksa sambungan dan kabel netral yang menuju fiting tersebut dan pastikan tersambung dengan benar.


Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

97 Tanggapan untuk "Kabel listrik dirumah menyala semua saat di testpen, kenapa?"

  1. mohon pencerahan gan jika yg terjadi kebalikannya bagai mana?
    saat saklar posisi off kabel fasa dari pln menyala tp saat posisi on kabel fasa tidak menyala saat ditespen? kira2 konsleting nya dibagian mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat Saklar Posisi OFF, dan ditespen ada kabel yang menyala, kemudian saat Saklar di-On kan, di tespen gak nyala lagi,
      Kemungkinan penyebabnya, Kabel fasa tidak tersambung dengan baik, longgar atau putus
      Salam

      Delete
  2. Tolong gan solusinya, kemaren saya habs pasang instalasi listrik sendiri dirumah, udah selesai trus jga dah nyala semua, tpi kok pas saya tespen isolasi sambungan kabel positifnya ko nyala, sya tespen di kulit kabelnya jga nyala, jdi tembus gtu istlahnya, malah ada jga pipa yg sya tespen kok nyala tpi di pegang ga nyetrum gan, tolong gan jawabannya, terimakasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti terjadi kebocoran Listrik, penyebabnya kabel ada yang terkelupas, koyak, kabel tidak memenuhi standar, atau ada sambungan yang terbuka.
      Sebaiknya diperiksa satu persatu dan di perbaiki
      Salam

      Delete
  3. Persis yang saya alami tp masih bingung cara perbaikinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa secara berurutan, gak sulit kok

      Salam

      Delete
  4. Mhon solusinya gan, listrik rumah setelah bbrapa jam pasti mcb meterannya off, pdhal tidak ada satu peralatanpun yg nancap distopkontak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terdapat berbagai penyebab MCB Trip/Jepret, kemungkinan MCBnya sudah lemah/rusak, Kabel di MCB Longgar, Kabel di instalasi bocor, koyak, basah, dsb.
      untuk lebih jelas, dapat dilihat pada:

      Berbagai Penyebab MCB Jepret & Solusinya

      Salam

      Delete
  5. Mohon solusi gan.. Pompa air tadi nya setelah gnti kpsitor hidup. Kmdian saya pasang /turunkan kedalam sumur dan ketika dihidupkan, keluar air/hidup sebentar terus mati. Krna itu pompa diangkat lg. Trnyta kedua kabel api semua. Bagaimana solusinya? Thanks

    ReplyDelete
  6. kalo satu positifnya nyala terang dan negatifnya agak redup itu kalo masih digunakan trus apa akibatnya Gan. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  7. kalo satu positifnya nyala terang dan negatifnya agak redup itu kalo masih digunakan trus apa akibatnya Gan. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  8. kalo satu positifnya nyala terang dan negatifnya agak redup itu kalo masih digunakan trus apa akibatnya Gan. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  9. kalo satu positifnya nyala terang dan negatifnya agak redup itu kalo masih digunakan trus apa akibatnya Gan. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  10. kalo colokan positif dan negatif nya sama2 nyala dan trus tetap digunankan apa akibatnya gan.. mohon jawabannya trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kabel netral juga menyala, maka seharusnya tidak dapat digunakan.

      kecuali listrik menggunakan Genset 1 Phase, memang netral menyala sedikit saat ditespen, dan dapat digunakan

      Delete
  11. Gan minta soolusi dong saklar di rumah saya di cek pake tespen nyala padahal posisi saklar sedang off, itu gimana ya, itu saklar batu ga rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saklar memiliki 2 terminal, 1 terminal untuk Phase dari sumber, dan terminal lainnya untuk kabel menuju ke Lampu.
      Jika posisi off, kedua teminal saklar tetap menyala, kemungkinan saklar rusak/bocor, atau Kabel kelampu tidak ada netral, hanya phase

      Delete
  12. Kenapa ya gan. Sakelar mcb posisi off tapi masih tersimpan arus. Gimana saya mau ganti sakelar listrik?

    ReplyDelete
  13. AnonymousMay 04, 2018

    Nice info gan, Trimakasihhh :)

    ReplyDelete
  14. permisi pak, saya mau tanya. di kos saya ada lubang berisi 3 kabel (biru, biru, merah) untuk colokan ib-bow. awalnya saya tes menggunkan tespen, biru 1 menyala, biru 2 tidak menyala, merah tidak menyala. akhirnya saya asumsikan biru 1 = fasa, biru 2 = ground, merah = netral. setelah saya pasang colokan in-bow, kabel biru 2 yang saya jadikan arde ternyata menyala redup (lebih redup dibanding biru 1) menggunakan tespen. sebelumnya, colokan sudah saya coba untuk berbagai macam peralatan listrik dan normal saja. nah pertanyaan saya, kabel biru itu kabel apa ya? netral/fasa/ground? lebih baik saya lepas saja, dan menggunakan biru 1 sebagai fasa, dan merah sebagai netral saja atau gimana? mohon bantuannya, soalnya colokan di kos cuma ada 1 hehe. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkian itu memang kabel Arde, namun tidak terpasang dengan benar, seharusnya ujung kabel ditanam ke dalam tanah

      Delete
  15. Permisi pak numpang tanya.
    Lampu kamar mandi di rumah saya mati, tapi saat saya cek arus pakai testpen, ada arus di tembaga fitting. Dan ada pula arus listrik di saklar lampu.

    Lalu saya coba pakai lampu baru dan fitting baru pula. Ternyata saat saya pasang lampu, arus di tembaga fitting tidak ada. Namun saat saya lepaskan lampu, arus listrik muncul kembali.

    Kira2,salahnya dimana ya pak ?. Apakah di fitting lampu atau di lampu atau di kabel ?. *kondisi fitting lampu dan lampu baru beli.

    Terimakasih atas jawabannya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Cek juga terminal di Saklar, saat saklar posisi menyala.
      - Kalau kedua terminal di tespen menyala namun lampu tidak juga menyala berarti kabel ke lampu dari saklar ada yang putus atau sambungan goyang.
      - Kalau salah satu terminal ditespen menyala dan terminal lainnya tidak, berarti saklar rusak.
      - Kalau saat ditestpen kedua terminal tidak menyala berarti kabel yang ke Saklar ada yang putus

      Smg bermanfaat!

      Delete
  16. Saya mau bertanya, apa ya masalah pda sambungan pada piting lampu, saat saya tidak memasang balon, hanya satu yg menyala tetapi pda saat ada balon ke dua duanya yg menyala, pdhal kabel udh tersambung dngan bnar. Mohon penjlasannya? Trimakasih

    ReplyDelete
  17. Mhon maaf pk,
    Sy mau tanya. Lampu d dapur sy mati, ada 4 titik semua tdk menyala, pdhl pada saat sy tes dg tespen, arus ada tespen menyala. mhon solusinya..trmksh..

    ReplyDelete
  18. Ada beberapa kemungkinan
    1. Bola Lampu Mati/Putus, coba ganti salah satu dengan lampu yang dipastikan bagus/menyala
    2. Fitting rusak
    3. Kabel Netral tidak terhubung ke Fitting lampu

    ReplyDelete
  19. Mohon maaf mau bertanya
    ini inatalasi listrik dirumah saya apabila saklar lampu Off maka kabel Netral tidak ada setrumya dan apabila saklar lampunya di ON kan atau menyalakan lampu maka pada kabel netral jadi ada setrumya
    gimana itu solusi penyelesaian masalahnya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebab:
      Kabel Netral tidak terpasang dengan Baik.

      Solusi:
      Periksa jalur kabel netral ke lampu, atau ganti dengan kabel baru bila perlu dan pastikan setiap sambungan terpasang dengan baik

      Delete
  20. Mohon maaf pak..
    mau nany knp kabel intilasi rumah saya terbakar 40cm mcb baru trip/jeglek di sebabkan karna apa pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyebabnya karena Kabel tersbut sudah rusak, harus diperbaiki

      Delete
  21. Pak mau nanya. Automatic circuit breaker dirumah saya saklarnya off. Kalo di on kan tidak mau lost, pada posisi off. Solusinya seperti apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada yg Korslet, atau MCB nya rusak

      Delete
  22. bagaimana cara mengecek mcb,apakah masih bagus atau sudah rusak

    ReplyDelete
  23. Halo mas sy rencana mau ganti, stop kontak, sy coba tes pake tespen ,kabel fasa nyala terang, kabel netral tidak nyala ,arde nyala redup, nah pas mcb nya saya matikan / turunin ,sy tes ke3 kabelnya ditespen nyala redup semua ,itu kira2 kenapa y?

    ReplyDelete
  24. Mau tanya dong,stop kontak tiba2 tidak aktf,padahal sambungan kabel masih rapi.itu kerusakannya dimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi Kabel di instalasinya yg putus, atau jepitan di dalam stop kontak longgar

      Delete
  25. Mau tanya.listrik d rumah menyala.tapi lampu dapur tiba2 mati.trus q tespen nyala +. Smua.jdi yang depan bisa nyala belakang gag bisa gara2 kluar + dua2nya

    ReplyDelete
  26. bisa jadi kabel netral putus

    ReplyDelete
  27. Pak, bantu jawab yah saya bingung..

    Saklar lampu saya matikan, tapi pas saya cek multitester ada arus kisaran 60 volt.. lalu jika saklar di hidupkan arusnya stabil kisaran 220 volt..

    ingin tanya:

    ini apa penyebabnya?
    bahayakah?
    dapat boros kwh listrik gak?
    solusi atasinya?
    TERIMAKASIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kabel Netral tdk tersambung dengan baik, dan kabel yg masuk ke saklar seharusnya kabel Fasa, bukan kabel Netral.

      Delete
  28. Berbahayakah jika didiamkan, kalau kulit kabel luar tetap nyetrum dan baik kabel positif dan kabel netral tetap nyetrum

    ReplyDelete
  29. Mohon maaf sblmnya pak
    Awalnya baik² j nih pak instalasi d rumah
    Tp tiba² mati dan d tespen semua tempat colokan(yg betina) dua dua nya api pak
    Lalu sy periksa kabel netral dr kabel induk jg ada api pak waktu d tespen
    Mohon solusi pak
    Terimakasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba minta bantuan pihak PLN untuk memeriksa, kemungkinan Kabel Netral terputus dari Jaringan listriknya

      Delete
  30. Apakah ada penybab lainya

    ReplyDelete
  31. Terimakasih atas pencerahannya pak... ilmu yg bpk bagikan sangat berguna.

    ReplyDelete
  32. permisi pak,mau tanya
    jika kabel ke sekring saya lepas trus saya test pake tespen,antara positif dan negatif nyala,itu dengan mcb kwh meter on maupun off.apakah ada kesalahan pada kwh meternya,padahal sebelumnya tidak ada masalah.
    terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arus listrik dimulai dari KWH menuju sekring, lalu ke Instalasi

      kalau sekring dilepas tentunya masih ada tegangan pada kabel sebelum sekring tsb

      Delete
  33. maaf suhu mau tanya,
    sebelum stop kontak saya pasang,saya cek kabelnya normal.ada fasa + netral.
    tapi ketika saya sudah pasang semuanya berubah jadi fasa.
    mohon penjelasan dan solusinya suhu.terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kabel Netral pada stopkontak tidak terpasang dengan baik

      Delete
  34. Met pagi.... Saya mau nanya dan minta solusinya. Saklar pada waktu off kabel fase di tespen nyala Kadang kadang hilang,waktu di on lampu langsung nyala,di tespen pada kabel fase mati atau hilang,di saklar di off lagi di tespen nyala hilang nyala hilang...minta solusinya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan kabel yang anda maksud disini bukan kabel fasa dari sumber melainkan kabel yang menuju ke lampu, dan pastikan kabel yang terpasang di Saklar adalah kabel Fase dari sumber

      Delete
  35. good day pak admin
    pak saya mau tanya
    saya punya genset itu kan ada phase RSTN
    3phase R-S-T 380v
    1phase R/S/T-N 220v
    lalu ada beban lampu 220v
    lampu pake sambungan R-N
    lalu kabel N nya putus
    apa benar tegangannya bakal berubah jadi 380v ya dan akhirnya over voltage?
    mohon pencerahannya
    terima kasih
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penjelasannya, silahkan lihat pada artikel dibawah ini, semoa dapat membantu
      Apa akibat jika kabel Netral Putus?

      Delete
  36. Saya ada sambungan kabel dg panjang kabel 30 MTR, 1 phased 2x1,5mm. Instalasi steker & terminal sdh bnar, tp ketika steker dipasang, kedua kabel teraliri arus listrik, ketika posisi steker saya psang lagi dg ujung steker trbalik dr sblumnya, kedua kabel tak teraliri listrik(mati). Arus listrik di stop kontak yg saya psangi steker ini normal. Mohon petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada salah satu kabel yang tidak tersambung dengan baik, atau kendur

      Delete
  37. Saya mau tanyak pak,lampu saya diruangan tamu hidup semua namun lampu di dapur kok bisa mati ya.
    Saya tespen ada apinya tapi pada saat saya test menghidupkan salah satu alat dapur tidak mau menyala.
    Penyebab nya dimana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada kabel instalasi ke dapur tidak tersambung dengan baik atau Netralnya Putus

      Delete
  38. Mohon penjelasannya.saklar lampu pas dicek pakai testpen netral dan fase.posisi saklar off.pas saklar di on kan kabel fitting lampu netral semua.alhasil lampu tidak menyala.mohon solusinya ya TRIms!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Kabel Phase yang ke Saklar tdk tersambung dengan baik

      Delete
  39. Mau tanya, saya sedang membuat rumah baru dg jaringan listrik baru,
    setiap stopkontak punya kabel netral, fasa, ground yang oke,
    tetapi saat di tespen kabel ground menyala (posisi kabel ground belum di grounding ke tanah),
    detail keadaan : stopkontak terdapat 20 unit yg disambung menuju ke MCB lalu ke PLN, posisi Kabel ground belum di grounding/belum ditanam ke tanah.

    apakah normal kabel ground yang saya miliki, jika ditespen menyala?

    Posisi fasa dan netral normal, keadaan stopkontak seluruhnya baru (tidak ada beban yg dicolok).

    Kabel ground yg menyala jika tersentuh seperti digigit semut, agak nyetrum2 sedikit.

    Saya juga mencoba menghubungkan fasa dan ground yang menyala, MCB tidak loncat.
    Ground yg menyala tersebut dapat hilang, saat saya menurunkan MCB seluruhnya.
    Saya sudah cek seluruh stopkontak dengan melepas satu persatu, hasilnya setiap satu persatu kabel ground yg saya lepas, lampu tespen yg dites ke kabel ground meredup.
    Bagaimana solusinya, apakah arus pada ground dapat hilang jika saya membumikan/mengroundkan kabel ground kedalam tanah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Harus ditanam ke tanah, baru bisa disebut dengan Grounding

      Delete
  40. Listrik saya sering jeglek tiba2 sekitar 10 menit padahal semua sdh mati. Yg saya tanyakan kenapa mcb yg didalam sama yg di meteran pl
    n sama2 jeglek. Mcb dalam 10A, sdgkn mcb luar 16A.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bisa terjadi, karena adanya pemakaian Daya yang cukup besar dan melebihi dari 16A, sehingga saat Terjadi Arus Lebih,yang pertama kali mendeteksi adalah MCB yang di Sumber (pangkal), dan disaat bersamaan MCB 10 A juga sempat mengalami Panas berlebih dan ikut Jepret, namun sebenarnya hal ini tergolong jarang terjadi, dan sebaiknya pastikan berapa besar Arus listrik yang digunakan, dan Sesuaikan besaran MCB nya

      Delete
  41. Salah satu Kabel saya colokin ke lobang, setelah ditespen kedua ujungnya, KK nyala dua duanya, kenapa ya,?

    ReplyDelete
  42. Siang min, sy mau tanya. Kenapa ya meteran di rumah dan mcb sy offkan karena mau keluar kota, setelah sy kembali dan perhatikan angka di meteran bertambah dan lampu indikator warna merah pada meteran kedap kedip(menyala) padahal meteran dan mcb off. Harusnya kan angka tdk bertambah dan lampu merah tdk kedap kedip. Hal ini sudah berlangsung beberapa bulan. Meteranx jga sdah d ganti yg baru oleh pln tpi keadaannya masih sama. Hal ini mengakibatkan tiap bulannya pembayaran jadi banyak. Tolong bantuannya, kenapa bisa angka terus bertambah padahal meteran dan mcb di off kan. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya minta teknisi listrik untuk memastikan instalasi listrik di dalam rumah, kemungkinan ada yang langsung terpasang tidak melewati MCB utama, sehingga saat MCB utama sudah di Offkan, masih ada listrik yagng mengalir dan digunakan

      Delete
  43. Mau tanya mas.., saya mau tanya.. saya tadi memasang saklar sebelum saya pasang kabel saya tespen nyala..kemudian pas saya sambung ke saklar kemudian saya tekan pada posisi on tidak menyala pas di taspen.., apakh ini normal..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kabel yang ke saklar kabel netral, dan kabel yang ke lampu kabel fasa,ini terbalik harusnya kabel fasa yang dipasang ke saklar, thanks

      Delete
  44. MCB di kWH sudah keadaan Off tapi kenapa arus yg Masih menyala di MCB untuk pembagian..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan ada kabel fasa yang (bypass) tidak melewati MCB tersebut, atau kabel yang terpasang ke MCB adalah kabel netral, sehingga walau dioffkan, fasa dari sumber masih mengalir

      Delete
  45. Salam gan, bila kabel antena itu dicolokannya nyala waktu ditestpen kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada keluaran antena memang ada tegangan namun relatif kecil, dan jika terasa tegangan nya cukup besar berarti electronik ada kebocoran listriknya

      Delete
  46. mau tanya bos.. kok termis luar dalam sudah di matikan. kabel masih mengalir arus api. positip maupun negatipnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan penyebabnya adalah salah pasang kabel, Kabel yang terpasang pada MCB mungkin Kabel Netral, yang seharusnya adlah kabel Phase

      Delete
  47. Maaf min, saya mau nanya... jadi stop kontak (colokan) dirumah saya sering nyala mati, biasanya beber sendiri setelah beberapa jam, pernah sekali pas mati saya benerin ternyata kabelnya longgar dan berfungsi kembali, tapi tadi tiba tiba mati lagi dan walaupun sudah disambungkan tetap tdk berfungsi, saya testpen kabelnya 22nya nyala (hitam dan merah)

    Pertanyaannya, itu knp ya? dan gimana benerinnya? Karena sebelumnya berfungsi dengan baik

    Makasihh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel dua2 nya nyala karena netral putus atau tidak tersambung dgn baik

      Delete
  48. mohon pencerahan nya boss..Mcb saya of kan.kabel netral saya tespen tetap menyala.stop kontak dan saklar lampu ..tetap nyala yg kabel netral. dan berbahaya kah buat kelistrikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel yang terpasang ke MCB Netral, seharusnya kabel phase, coba di tukar

      Delete
  49. Permisi kak, mau tanya fiting lampu dikos kosan saya di taru tespennya ko nyala semua? Mohon solusinya

    ReplyDelete
  50. Fiting lampu di kos kosan saya waktu di tespen nyala semua? Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah ditespen menyala kedua kabelnya, pada saat Saklar Lampu posisi OFF atau ON?

      Delete
  51. Kak mohon bantuannya saya pasang saklar ganda dalam keadaan off posisi pada fitting normal nggak ada apinya saat d tespen namun dalam keadaan on masih juga nggak ada apinya saat d tespen namun saat saklar on di pasang lampu, lampu nyala pada saat d tes sama tespen malah nggak ada apinya. Tolong bantuannya kak letak kesalahan nya di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipastikan apakah testpen benar2 bagus?

      Delete
    2. Kondisi tespen bagus kak tapi saat saya menggunakan tespen posisi saya baik dalam keadaan safety menggunakan kursi sama sendal

      Delete
    3. Ya, bisa jadi karena terlalu bagus isolasi tubuh kita
      Penggunaan Testpen

      Delete
  52. Tolong bantuannya pak. Tadi sore saya ngecek saklar ganda ke lampu dapur dan lampu luar. Kendalanya pas lampu luar posisi on dan lampu dapur posisi off tapi ada kedap kedip gitu di lampu dapurnya, trs saya copot lampunya di tespen ada arusnya. Kenapa itu pak? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Saklar sudah perlu diganti

      Delete
  53. Tolong bantuanya min, tadi saya ganti dudukan lampu terus saya sambung sama saklar jadinya konslet, saat dicoba lagi sambung langsung gk pake saklar gak nyala, dan di tespen kedua kabel nyala, itu apanya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin