6 Tips Menghemat Pemakaian Listrik di rumah, Mudah dan Praktis


Bagaimana Cara yang Mudah dan Praktis untuk menghemat pemakaian Listrik sehari-hari di rumah anda?
Menghemat Pemakaian listrik, sepertinya sudah menjadi harapan bagi semua orang, tak hanya untuk meminimalkan tagihan listrik yang tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan TDL, namun hemat listrik juga telah menjadi program pemerintah dengan tujuan efisiensi dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan suplai listrik yang terus bertambah.

Oleh karena itu, selain untuk mengurangi tagihan listrik setiap bulannya, Hemat Listrik juga berarti kita ikut mensukseskan program pemerintah.

Bagi semua orang, Kebutuhan Listrik dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak bisa dihindari, hampir setiap kegiatan yang kita lakukan berhubungan dengan listrik, dari mulai bangun pagi, menyalakan pompa air untuk keperluan mandi dan lainnya, Charger ponsel, menyalakan kipas angin, AC, Televisi, memasak, mencuci dan banyak lagi.

Mungkin jika kita semua tidak dengan bijak mengatur penggunaan berbagai alat listrik tersebut, tak hanya Tagihan listrik yang melonjak, bahkan pasokan daya listrik yang ada tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan Listrik semua orang.

Lalu, bagaimana caranya menghemat pemakaian listrik, dengan cara yang mudah namun terbukti efektif?

Ada beberapa cara yang dapat dengan mudah kita lakukan, agar dapat Menghemat pemakaian listrik kita sehari-hari, dan berikut ini kita coba berbagi beberapa cara mudah untuk menghemat pemakaian listrik dirumah sehari-sehari.

Cara mudah Menghemat Pemakaian Listrik di rumah, dan terbukti Praktis!

StopKontak dilengkapi Saklar


1. Hindari pemakaian listrik yang berlebihan di WBP (17.00 s/d 22.00)
Tagihan listrik yang harus kita bayarkan setiap bulannya, di bagi menjadi 2 jenis Tarif, yaitu:
  • LWBP (Luar Waktu Beban Puncak)
  • WBP (Waktu Beban Puncak)
Sebisa mungkin, minimalkan pemakaian listrik pada WBP (Waktu Beban Puncak), yang termasuk dalam WBP adalah dari jam 17.00 sampai dengan 22.00, karena pada saat ini terjadi puncak pemakaian listrik secara bersamaan oleh semua orang, karena itulah Tarif listrik pada WBP akan lebih tinggi dibanding tarif pada LWBP.

Jadi, jika kita ingin menghemat pemakaian listrik, utamakan mengurangi pemakaian listrik antara jam 17.00 s/d jam 22.00, agar tagihan listrik perbulan bisa lebih Hemat, dan disamping itu kita juga telah ikut menjaga pasokan listrik yang hampir tidak mencukupi.

Sebagai contoh:
Jika biasanya anda menyetrika pakaian pada jam 20.00, maka untuk menghemat listrik anda harus mengubah waktu menyetrika pakaian pada jam 16.00, atau diatas jam 22.00.
Atau, jika selama ini anda mencuci pakaian dengan mesin cuci pada jam 18.00, maka sebaiknya ubah waktu mencuci anda menjadi pukul 16.00, dan berbagai cara lainnya.


2. Pilih alat listrik yang hemat listrik (Watt kecil)
Berbagai alat listrik saat ini sudah diproduksi dengan daya yang lebih kecil, namun tetap memiliki kualitas yang cukup bagus, seperti misalnya pemilihan jenis Lampu penerangan, sebaiknya anda memilih Lampu Jenis LED, meski harganya sedikit lebih mahal namun terbukti lebih hemat listrik dengan kualitas pencahayaan yang bagus.

Tak hanya Lampu, Berbagai Alat listrik keluaran terbaru lainnya seperti TV LED, AC Inverter Low Watt, Mesin cuci, dan berbagai Alat listrik lainnya sudah dilengkapi dengan teknologi yang lebih Hemat Listrik.


3. Sesuaikan Alat listrik dengan kebutuhan anda.
Untuk lebih menghemat pemakaian listrik, maka pilihlah berbagai peralatan listrik sesuai dengan kebutuhan anda, seperti misalnya mesin cuci, jika pakaian yang anda cuci sehari-hari beratnya sekitar 5 kg, maka pilihlah mesin cuci dengan kapasitas 6kg, dan tentunya mesin cuci kap.6kg lebih hemat listrik dibanding dengan mesin cuci kap.10kg.

Tak hanya mesin cuci, pemilihan berbagai peralatan listrik lainnya juga harus se-efisien mungkin, dan sesuai kebutuhan anda sehari-hari, beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghemat pemakaian listrik, antara lain:


4. Gunakan Stop kontak yang dilengkapi Saklar pemutus
Cara hemat listrik yang sering disarankan, adalah dengan "Mencabut steker" alat listrik dari stop kontak jika sedang tidak digunakan, Namun, ada cara yang lebih praktis jika anda merasa repot untuk mencabut alat listrik jika sedang tidak digunakan, dan mencolokkan kembali alat listrik tersebut saat akan digunakan, yaitu dengan mengganti stopkontak anda dengan Stopkontak yang sudah dilengkapi dengan saklar pemutus.

Cara ini akan memberikan kemudahan bagi anda, anda tidak perlu mencabut dan mencolokkan alat listrik tersebut, biarkan Steker tetap terpasang pada stopkontak, cukup dengan menekan saklar pada posisi ON saat Peralatan listrik akan digunakan atau sebaliknya.

Stopkontak yang dilengkapi saklar dapat anda beli di toko-toko alat listrik, atau bisa juga dengan memodifikasi Stopkontak yang ada dengan tambahan saklar.


5. Lakukan perawatan berkala peralatan listrik di rumah anda
Hal ini sering terabaikan, padahal setiap alat listrik yang kita gunakan dirumah sehari-hari, membutuhkan perawatan rutin agar tetap berfungsi dengan baik, dan tentunya alat listrik yang terawat lebih hemat listrik.

Lakukan perawatan berbagai alat listrik di rumah anda, untuk menghemat listrik, dan penjelasan lebih lengkapnya, dapat dilihat pada: “Berbagai perawatan alat listrik dirumah, agar tagihan listrik lebih hemat


6. Pasang lampu otomatis
Untuk menghemat listrik, terkadang kita melupakan hal yang satu ini bahwa Lampu adalah salah satu alat listrik di rumah yang paling boros pemakaian listrik, oleh karena itu gunakan lampu hanya pada saat diperlukan, dan jangan lupa memadamkannya saat tidak diperlukan atau saat hari sudah terang.
Baca juga: Alat listrik di rumah yang paling besar biaya tagihannya

Mungkin untuk lampu-lampu di dalam rumah, kita tidak terlalu repot untuk menyalakan dan memadamkannya, namun bagaimana dengan lampu-lampu penerangan di luar rumah, seperti lampu teras, lampu taman, dan lainnya.
Baca juga: Cara Memasang Lampu otomatis dengan Fotosel

Sebenarnya Ada cara yang lebih praktis, yaitu dengan melengkapi lampu-lampu tersebut dengan sensor cahaya (Fotosel), cara ini akan lebih praktis dan hemat listrik, karena lampu dapat menyala saat hari sudah gelap dan akan padam secara otomatis saat hari sudah terang.



Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Tips Menghemat Pemakaian Listrik di rumah, Mudah dan Praktis"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin