Mengenal Lampu LED, dan berbagai Kelebihannya




Apa sebenarnya Kelebihan Lampu LED dibanding Jenis Lampu Lainnya, kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan Lampu LED? Belakangan ini, banyak orang yang lebih memilih Lampu LED, untuk menggantikan jenis Lampu-lampu sebelumnya, seperti Lampu Pijar (Bohlam), TL, SL, dsb, lalu kenapa kita lebih memilih Lampu LED? Apa sebenarnya Kelebihan Jenis Lampu LED dibanding jenis Lampu lainnya?
LED (Light-Emitting Diode)

Meski jika dilihat dari segi harga beli, jenis Lampu LED tergolong lampu yang dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding harga lampu jenis lainnya, namun mengapa Lampu LED tergolong lampu yang Ekonomis?
Baca Juga: Tips Memilih Lampu Penerangan
Harga beli Lampu LED memang tergolong Mahal, namun biaya yang dikeluarkan untuk membeli lampu tersebut akan tertutupi dengan berbagai kelebihan yang dimiliki Lampu LED, salah satu kelebihan Lampu LED adalah Memiliki Life Time (Masa pakai) yang jauh lebih lama dibanding jenis lampu lainnya.

Selain Memiliki Life Time (Masa pakai) yang cukup lama, Lampu LED juga memiliki berbagai kelebihan atau Keunggulan dibanding jenis lampu lainnya, sehingga meski harganya mahal, banyak orang yang memilih menggunakan Lampu LED dengan alasan Ekonomis.

Benarkah demikian?

Kelebihan Lampu LED

Mengenal Jenis Lampu LED dan berbagai Kelebihannya
Kelebihan Lampu LED


Berikut beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimiliki jenis Lampu LED:

Long Life
Panjang umur (Long Life), atau memiliki masa pakai yang lebih lama dibanding Lampu lainnya, rata-rata Lampu LED memiliki masa pakai mencapai 15 ribu jam sedangkan lampu lainnya hanya sekitar 8 ribu Jam. Lalu 15 ribu jam itu kira-kira berapa tahun?

Kalau Lampu menyala setiap hari dari jam 19.00 sampai dengan jam 05.00, berarti lampu menyala selama 10 jam sehari, Jika masa pakai Lampu LED adalah 15000 jam, dibagi lama pemakaian 10jam/hari, maka umur lampu mencapai 1500 hari atau lebih dari 4 tahun.

Masa pakai Lampu LED bahkan ada yang mencapai 50ribu jam, bisa anda bayangkan berapa tahun lama Masa pakai Lampu tersebut?


Energy Saving
Hemat Energi (Energy Saving), Lampu LED terbukti jauh lebih Hemat daya listrik, bahkan Lampu LED dapat menghasilkan Intensitas pencahayaan sebesar 135 Lumen/Watt, sedangkan Lampu jenis lainnya hanya dapat menghasilkan pencahayaan sebesar 75 Lumen/watt.
Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Lampu suatu ruangan
Jika anda membutuhkan penerangan dalam suatu ruangan sebesar 3000 Lumen, Maka dengan lampu biasa anda harus menggunakan Lampu 40Watt (3000/75), sedangkan dengan Lampu LED cukup menggunakan Lampu LED 23Watt (3000/135), tentunya hal ini akan menghemat pemakaian Listrik anda.


Soft Starting
Cepat menyala terang, Selain Menghasilkan Intensitas Cahaya yang lebih baik, Lampu LED juga tidak memerlukan Lonjakan Arus listrik saat pertama kali dinyalakan sehingga akan lebih Hemat Energi.

Lampu LED saat dinyalakan cahayanya langsung terang, berbeda dengan lampu jenis lainnya yang memerlukan waktu beberapa saat untuk mencapai cahaya terang maksimal.


Cool Light
Cahaya yang dihasilkan Lampu LED lebih dingin dibanding Lampu jenis lainnya, dan tentunya hal ini menyebabkan Komponen-komponen di dalam Lampu LED lebih awet, dan hal ini pula yang menyebabkan Lampu LED lebih Awet dan Tahan lama (Tidak mudah putus).


Safety
Lampu LED lebih aman digunakan baik terhadap kesehatan manusia, maupun terhadap lingkungan.

Cahaya yang dihasilkan Lampu LED lebih ramah dan aman terhadap mata, dan Lampu LED juga tidak mengandung Mercury dan Zat berbahaya lainnya, yang biasa ada pada jenis lampu lainnya, dan berbahaya terhadap lingkungan.



Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Lampu LED, dan berbagai Kelebihannya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.