Apa saja yang menyebabkan Listrik anda menjadi Boros?



Mengenal Beberapa hal yang menyebabkan Tagihan Listrik di rumah anda menjadi Boros
Tentunya Tagihan Listrik yang boros menjadikan kita kesal dan akhirnya memikirkan bagaimana caranya agar listrik yang kita gunakan di rumah tidak boros, dan tagihannya dapat lebih ringan.

Namun, sebelum kita memikirkan bagaimana caranya agar listrik yang kita gunakan di rumah tidak boros, tentu hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah, apa saja yang menyebabkan terjadinya pemborosan pada listrik di rumah, atau kenapa listrik di rumah menjadi boros.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan coba berbagai mengenai apa-apa saja yang dapat menyebabkan Listrik di rumah menjadi lebih boros.

Mungkin, sebagian besar dari kita sudah mengetahui apa-apa saja yang dapat menyebabkan listrik menjadi Boros, namun pada artikel ini kita akan membahas beberapa hal yang mungkin belum anda ketahui, dari sekian banyak penyebab borosnya listrik di rumah.

Beberapa Penyebab Listrik menjadi lebih Boros

beberapa penyebab listrik di rumah anda menjadi boros, dan solusinya
Sistem pompa air otomatis

Ada beberapa hal yang menyebabkan Listrik di rumah anda menjadi Boros, antara lain:

Penggunaan Pompa Air dengan sistem Otomatis Tekanan (Pressure)
Bagi anda yang menggunakan Pompa air dengan sistem otomatis pressure (Tekanan), saat buka kran Pompa menyala, kemudian saat kran di tutup, pompa otomatis mati sendiri, tanpa disadari Sistem ini menjadi penyebab Borosnya Listrik yang anda gunakan, kenapa?

Saat Pompa menyala pertama kali, akan mengkonsumsi Listrik yang lebih besar, sehingga jika Pompa Menyala dan padam berkali-kali dalam sehari, tentunya hal ini menjadi faktor penyebab Borosnya listrik anda.

Lalu bagaimana solusi yang lebih baik?
Ada beberapa cara yang lebih praktis dan ekonomis, jika anda ingin agar Air di rumah anda selalu tersedia, tanpa harus dinyala-padamkan berkali-kali, Pompa akan secara otomatis menyuplai air sesuai kebutuhan, salah satu contohnya adalah dengan menggunakan Tangki air yang di tempatkan pada posisi lebih tinggi dari kamar mandi/rumah anda, kemudian dengan menggunakan Float Switch (Saklar pelampung) sebagai Sensor untuk Pompa kapan harus menyala, dan padam. Cara ini akan lebih Praktis dan Ekonomis, karena frekuensi Nyala-Padam Pompa akan berkurang,  dan pompa akan menyala jika air di Tangki sudah mulai tinggal sedikit, dan padam saat air di tangki sudah penuh, dan pastikan Volume Tangki yang anda gunakan lebih besar dari Volume air yang anda butuhkan sehari.


Penggunaan AC pada ruangan yang terkena Panas Matahari secara langsung
Sebenarnya, boleh-boleh saja kita menggunaka AC (Pendingin ruangan), pada suatu ruangan yang terkena panas matahari langsung, Namun hal ini akan menyebabkan kinerja AC menjadi lebih berat.

Sebaiknya setiap dinding ruangan yang terkena Panas Matahari langsung, di beri pelindung misalnya dengan menanam Pohon yang rindang agar Panas Matahari tidak langsung menyinari Dinding ruangan tersebut.

AC bekerja dengan sistem otomatis, pada saat suhu dingin sudah tercapai maka AC akan berhenti beroperasi, namun jika ruangan tersebut lebih panas, tentunya AC akan bekerja lebih sering dan Boros listrik, dan pastikan juga Ruangan ber-AC memiliki celah udara yang lebih sedikit.


Kabel Instalasi yang sudah rusak atau bocor
Mungkin hal ini juga sering dianggap sepele, keadaan kabel-kabel yang ada pada instalasi listrik di rumah kita juga perlu kita perhatikan.

Selain dapat menimbulkan bahaya yang lebih serius seperti Korsleting, Kebakaran, dan bahaya kesetrum, hal ini juga dapat menimbulkan pemborosan listrik.

Kebocoran listrik melalui Kabel-kabel yang sudah rusak,koyak, bocor, lembab dan sebagainya, dapat menyebabkan aliran listrik mengalir ke benda lain, dan tentunya hal ini akan menyebabkan penambahan daya yang harus anda bayar, meski listrik tersebut tidak anda gunakan.

Oleh karena itu, sebaiknya periksa kabel-kabel pada instalasi listrik di rumah anda secara berkala, misalnya setahun sekali, dengan meminta bantuan Teknisi listrik yang berpengalaman.


Selain beberapa hal diatas, ada beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan Listrik yang anda gunakan di rumah menjadi lebih boros, dan dapat anda lihat pada beberapa artikel dibawah ini:


Demikianlah artikel mengenai penyebab listrik menjadi boros, semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa saja yang menyebabkan Listrik anda menjadi Boros?"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.