Penyebab Listrik di rumah Naik Turun (tidak stabil), dan Solusinya


Apa sebenarnya yang menyebabkan Listrik dirumah tidak stabil (Naik Turun), dan bagaimana cara memperbaikinya?
Penyebab Listrik di rumah Naik Turun dan cara mengatasinya
Salah satu Masalah Listrik di rumah yang sering kita alami adalah Tegangan listriknya tidak stabil atau Naik turun, Tegangan Listrik yang tidak stabil (Naik Turun) akan menyebabkan berbagai kerugian dan kerusakan pada peralatan listrik yang kita gunakan.




Saat Lampu di rumah tiba-tiba redup, dan kemudian terang kembali, ini menandakan adanya gangguan yang menyebabkan tegangan listrik kerumah kita menjadi tidak stabil (Naik turun).

Tegangan Listrik tidak Stabil atau Naik Turun, ada yang terjadi pada seluruh instalasi listrik di rumah, dan ada juga yang terjadi hanya pada salah satu bagian peralatan listrik saja.

Lalu, apa saja penyebab listrik di rumah kita jadi tidak stabil atau Naik Turun?

Beberapa Penyebab Listrik di rumah Naik Turun, dan cara mengatasinya

Cara mengatasi Listrik di rumah yang naik turun atau tidak stabil
Penyebab Listrik Naik-turun dan cara mengatasinya

Ada beberapa penyebab terjadinya Listrik di rumah Naik turun,antara lain:

Terjadi Gangguan pada jaringan listrik PLN
Jika Tegangan Listrik tidak Stabil (naik turun) dialami pada seluruh Instalasi Listrik yang ada di rumah, ini bisa disebabkan karena adanya gangguan pada jaringan sumber listrik PLN.

Misalnya:
Adanya Gangguan pada Kabel-kabel, Longgar, kabel terkena benda lain (Bocor), Beban melebihi kemampuan pembangkit (Genset) yang ada, dan lainnya.

Jika hal ini terjadi, tentu perbaikannya hanya bisa dilakukan oleh Pihak PLN sendiri, kita cukup melapor dan menunggu sampai perbaikan dilakukan.

Selain itu, untuk mengantisipasi Hal ini terjadi, dan untuk mencegah terjadinya Tegangan Listrik di rumah kita tidak stabil (Naik turun), maka kita dapat menambahkan alat Penstabil Tegangan (Stabilizer Voltage) di Sumber utama Instalasi Listrik di rumah kita.


Terjadi Gangguan pada Instalasi Listrik di rumah
Tegangan Listrik tidak stabil (Naik Turun) dapat juga disebabkan karena adanya gangguan pada instalasi Listrik di rumah kita sendiri.

Misalnya:
Kabel yang terpasang pada MCB Utama Longgar/kendur, sehingga Aliran listrik menjadi tidak maksimal, dan jika ini terjadi maka Tegangan pada seluruh instalasi Listrik dirumah menjadi tidak stabil.

Solusinya: periksa MCB dan kabel-kabelnya, Jika terlihat kendur, Gosong, berpijar, atau suhu tidak normal, segera perbaiki atau Ganti MCB dengan yang baru.

Selain itu, jika Tegangan Listrik tidak stabil (Naik Turun), pada salah satu atau sebagian peralatan listrik, kemungkinan penyebabnya, antara lain:

Kabel pada terminal Saklar, Fiting, Stop kontak, Steker dalam keadaan kendur/longgar, berpijar, Short atau Bocor (terkelupas dan menyentuh benda lain), gosong, suhu panas dan sebagainya.

Solusinya: periksa peralatan listrik yang ada, dan segera perbaiki jika terdapat kondisi tidak normal tersebut diatas.

Demikianlah beberapa penyebab terjadinya tegangan listrik naik turun (tidak stabil) pada instalasi listrik di rumah kita, serta bagaimana cara mengatasinya.

Ingat: Jika anda merasa kurang yakin dengan kemampuan dan pengetahuan anda mengenai Listrik, sebaiknya Minta bantuan Teknisi listrik yang sudah berpengalaman untuk melakukan perbaikan Listrik tersebut.


Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Listrik di rumah Naik Turun (tidak stabil), dan Solusinya"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.