Kenapa Kabel Listrik umumnya terbuat dari TEMBAGA?


Kenapa Kabel listrik terbuat dari TEMBAGA?, Mungkin sebagian dari kita pernah bertanya, mengapa kabel yang umumnya digunakan untuk instalasi listrik terbuat dari Tembaga?

Meskipun sebenarnya ada berbagai bahan lainnya yang juga digunakan untuk bahan pembuat Kabel listrik, seperti misalnya yang paling umum digunakan yaitu Kabel dengan bahan Tembaga dan Aluminium.




Kabel adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menghantarkan Listrik dari suatu tempat ke tempat lain, dan tentunya bahan yang digunakan untuk pembuatan kabel tersebut adalah bahan yang dapat menghantarkan Listrik (Konduktor Listrik).

Konduktor adalah Setiap bahan yang dapat dengan mudah digunakan untuk menghantarkan listrik.

Terdapat berbagai jenis bahan Konduktor, dan pada umumnya terbuat dari bahan jenis logam, seperti:
  • Besi
  • Tembaga
  • Kuningan
  • Aluminium
  • Nikel
  • Stainless steel
  • Emas
  • Perak
  • Seng
  • Platina
  • Dan berbagai bahan jenis Logam lainnya.

Meski terdapat berbagai pilihan bahan Konduktor (yang dapat menghantarkan Listrik), namun yang paling umum digunakan dalam instalasi kelistrikan adalah Kabel berbahan Tembaga.

Kenapa Tembaga banyak digunakan untuk Kabel listrik
Tembaga

Kenapa Kabel Listrik pada umumnya menggunakan bahan Tembaga?

Jawabannya adalah
1. karena Bahan Tembaga termasuk jenis Konduktor yang cukup baik dalam menghantarkan arus Listrik, dengan Nilai hambatan jenis (rho) yang lebih kecil,dan tentunya semakin kecil tahanan jenis (Rho), akan semakin sedikit kerugian listrik yang akan terjadi.
Mengenal Tahanan Jenis berbagai bahan konduktor
Hal ini adalah alasan pertama mengapa Tembaga baik digunakan sebagai Kabel penghantar listrik, lalu, pertanyaannya, apakah tembaga memiliki Tahanan jenis (rho) yang paling kecil dibanding Bahan Konduktor lainnya? Jawabannya: Tidak.

Meskipun masih terdapat bahan Konduktor lainnya yang memiliki nilai Hambatan jenis (rho) yang lebih kecil dibanding Tembaga, namun mengapa Tembaga yang umum digunakan sebagai bahan penghantar listrik?

2. Alasan kedua adalah dari segi ekonomis.
sebagai contoh bahan Perak yang memiliki tahanan jenis lebih kecil dibanding tembaga, sehingga seharusnya Perak akan lebih baik digunakan untuk menghantarkan listrik dengan kerugian tegangan yang tentunya kebih sedikit, namun mengapa kabel berbahan Perak jarang digunakan?

Jawabannya adalah Harga bahan Perak lebih mahal dibanding Tembaga, sehingga Tembaga dinilai lebih ekonomis digunakan sebagai Bahan Kabel penghantar Listrik.

3. Alasan ketiga, adalah karena bahan Tembaga termasuk bahan yang mudah melebur, mudah menyerap panas, dan juga mudah melepaskan Panas tersebut, sehingga saat dialiri arus listrik bila terjadi gangguan kabel dapat putus, atau terjadi peningkatan suhu yang cukup cepat.

Peningkatan suhu bahan tembaga yang cukup cepat ini, akan digunakan sebagai pemicu berfungsi berbagai alat pengaman listrik yang bekerja berdasarkan Thermo (Panas), seperti MCB, Sekring, dan lain sebagainya.

4. Alasan keempat, Tembaga memiliki kelenturan yang cukup baik, sehingga mudah digunakan saat pemasangan jaringan atau instalasi listrik.

5. Alasan kelima, Tembaga memiliki Massa jenis yang cukup kecil, sehingga memiliki bobot cukup ringan.


Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Kabel Listrik umumnya terbuat dari TEMBAGA?"

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.