Belajar Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase, [Panduan Lengkap] Part-3



Bagaimana Cara Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase, Berikut Panduan lengkapnya! [Part-3]
Bagi anda yang ingin belajar sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara merakit panel Motor listrik 3-phase, maka pada kesempatan kali ini kita akan coba memberikan sedikit penjelasan lanjutan tentang bagaimana cara merakit panel Motor listrik 3 Phase, dan Artikel ini sudah memasuki Bagian ketiga [Part-3], Oleh karena itu jika anda belum membaca artikel sebelumnya, sebaiknya anda ikuti terlebih dahulu artikel mengenai:
Belajar Merakit Panel Listrik 3 Phase, Part-1
Belajar Merakit Panel Listrik 3 Phase, Part-2
Artikel mengenai Cara merakit Panel Listrik 3 Phase, Part-3 ini merupakan kelanjutan dari dua Artikel sebelumnya Part-1 dan Part-2, dan hanya sebagai pelengkap atau tambahan pengetahuan Mengenai Panel listrik 3 Phase dan melengkapi Bagaimana Belajar merakit Panel Listrik.

Artikel kali ini, bertujuan untuk melengkapi, dan lebih mendalami mengenai cara merakit panel listrik, dengan dasar yang utama berawal dari Pemahaman fungsi NO dan NC yang ada pada setiap komponen panel listrik.

Belajar Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase, Part-3

Bagaimana cara merakit Panel Listrik
Merakit Panel Listrik

Pemahaman fungsi NO-NC
Sistem kerja Panel Listrik untuk Motor Listrik 3 Phase, tidak bisa terlepas dari fungsi NO dan NC, yang selalu ada di Setiap Komponen-komponen Panel Listrik, dan Ini adalah Hal terpenting untuk bisa merakit Panel motor listrik maupun panel-panel listrik lainnya.
Komponen-Komponen Panel Listrik
Setiap Komponen Panel Listrik, Bekerja berdasarkan Prinsip kerja NO dan NC, dan pengembangan penggunaannya dapat lebih luas dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan pemahaman kita tentang fungsi dan prinsip kerja NO dan NC dari berbagai Komponen yang ada.
Mengenal Fungsi Kontaktor, Push Button, NO dan NC

Sebagai Contoh MCCB (Moulded Case Circuit Breaker), berfungsi sebagai Pengaman dengan sistem kerja saat terjadi Over Current, maka secara Otomatis, MCCB akan memutuskan rangkaian Listrik.

Prinsip kerja MCCB sebagai Pengaman arus Lebih ini, bisa dikategorikan sama dengan Prinsip kerja NC (Normally Close), dalam keadaan Normal kondisi rangkaian tersambung (Close), kemudian saat terjadi gangguan Arus lebih (Over Current), maka rangkaian MCCB akan terputus (Open).

Begitu juga dengan berbagai Komponen atau Alat listrik lainnya, yang bekerja berdasarkan Prinsip kerja NO (Normally Open), maupun NC (Normally Close).

Dari pemahaman mengenai bagaimana prinsip kerja NO dan NC dari berbagai komponen Panel Listrik inilah, bisa dikembangkan berbagai sistem rangkaian Panel Listrik, maupun sistem Otomatis lainnya.

Berbagai Sistem rangkaian Panel bekerja secara Otomatis, berawal dari prinsip kerja NO/NC, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan berbagai jenis pengoperasian Motor Listrik dan Mesin-mesin lainnya.

Sebagai Contoh:
Jika kita ingin membuat Rangkaian Sederhana, sistem otomatis perpindahan Listrik dari PLN ke Genset atau sebaliknya listrik Genset ke PLN, jika kita sudah memahami fungsi dari berbagai komponen panel Listrik, dan Memahami prinsip kerja NO dan NC pada komponen tersebut, maka kita dapat dengan mudah membuat rangkaian Panel ini yang biasa disebut dengan panel ATS (Automatic Transfer Switch).

Lakukan beberapa percobaan untuk memahami lebih jauh mengenai prinsip kerja NO dan NC, dengan menggunakan 1 buah Magnetic Contactor, dan membuat berbagai rangkaian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. (Yang perlu diperhatikan dalam melakukan berbagai percobaan ini, adalah Pastikan Kabel Power Phase tidak terhubung dengan Kabel Netral), karena hal ini akan mengakibatkan terjadi Korsleting (Short Circuit).

Dengan membaca memahamai Artikel tentang "Belajar Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase dari mulai Part-1, 2 dan 3", semoga anda sudah bisa Merakit Panel Motor Listrik sendiri, bahkan lebih dari itu, dapat membuat rangkaian-rangkaian lainnya sesuai kebutuhan di lapangan.

Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Merakit Panel Motor Listrik 3 Phase, [Panduan Lengkap] Part-3"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.