Mengenal istilah "POLE" pada Motor Listrik, beda Motor 2P, 4P, 6P, berikut penjelasannya




Apa perbedaan antara Motor 2-Pole dan 4-Pole, berikut penjelasannya.
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah "POLE", pada Elektro Motor?
Setiap motor listrik memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, baik itu dari sisi Konsumsi daya, Arus, Tegangan, Ukuran, Model, dan Kecepatan putaran (Rpm).

Pada Motor Listrik, yang cukup sering menjadi pertanyaan adalah, Apa yang dimaksud dengan Motor 4-Poles, 2-Poles, 6-Poles, dan sebagainya,serta apa perbedaan antara Motor 2P, 4P, 6P, dan sebagainya tersebut?

Dalam istilah kelistrikan khususnya untuk Motor listrik, dikenal istilah Jumlah Kutub atau yang disebut dengan POLE (P), lalu Apa yang dimaksud dengan "Pole" pada Motor Listrik?
mengenal-istilah-POLE-pada-motor-listrik-beda-2-pole-dan-4-pole-berikut-penjelasannya
Motor 2-Poles dan 4-Poles

Apa yang dimaksud dengan "POLE"?

POLE atau Kutub adalah menyatakan seberapa banyak jumlah kutub yang terdapat pada Kumparan suatu motor listrik.

Seperti kita ketahui bahwa Motor Listrik adalah suatu alat yang mengubah energi listrik menjadi tenaga gerak (Putar), dengan prinsip kerja Elektromagnetik.

Untuk menghasilkan Elektromagnetik pada sebuah Motor listrik terdapat Kumparan kawat penghantar di dalamnya, Kumparan inilah yang nantinya akan menghasilkan Tenaga Magnet (Electromagnetic) saat dialiri arus listrik, dan selanjutnya tenaga magnet yang dihasilkan ini pula yang akan menggerakan Rotor (Poros), dan menghasilkan tenaga gerak/putar.

Kumparan kawat penghantar yang ada pada Motor listrik ini, dibentuk sedemikian rupa,sehingga akan menghasilkan Magnet yang disebut dengan Kutub Magnet, dan kutub magnet yang ada pada motor listrik memiliki jumlah yang berbeda-beda pada setiap kumparannya.

Jumlah kutub inilah yang nantinya menentukan seberapa cepat Rotor pada motor listrik itu berputar dalam satuan menit, dan ini yang biasa disebut dengan Rpm (Rotation per minute).

Bagaimana jumlah kutub (Pole) dapat menentukan jumlah putaran motor listrik?

Coba kita bayangkan, Mana yang lebih cepat untuk mencapai satu putaran, Motor listrik yang memiliki 2 Kutub, atau yang memiliki 4 Kutub magnet?

Jumlah kutub artinya: seberapa banyak Kutub magnet yang ada pada satu putaran/lingkaran (360 derajat) pada masing-masing kumparan.

Semakin banyak Jumlah Kutub Magnet (Pole), maka Putaran Motor listrik akan semakin rendah atau lambat, sebaliknya semakin sedikit jumlah kutub magnet maka semakin besar/cepat putaran motor listrik tersebut. Karena Kutub magnet yang dilalui semakin sedikit dalam satu putaran lingkaran.
"Apa perbedaan antara Elektro Motor 2-P dan 4-P, berikut penjelasannya"
Pernyataan ini, dapat dibuktikan dengan rumus menghitung RPM dibawah ini:
  • RPM = (F x 120)/P
  • RPM : Rotation Per Minute (Jumlah putaran dalam satu menit)
  • F : Frekuensi (Hz)
  • P : Pole (Jumlah Kutub)

Jika sebuah elektro motor memiliki 4 (Empat) kutub Magnet (Pole), dan Frekuensi 50Hz, maka Rpm Motor listrik tersebut, adalah:
  • RPM = (F x 120)/P
  • RPM = (50Hz x 120)/4
  • RPM = 6000/4
  • RPM = 1500

Kemudian, jika Elektro motor memiliki 2 (Dua) kutub magnet (Pole), dan Frekuensi 50Hz, maka Rpm Motor listrik tersebut, adalah:
  • RPM = (F x 120)/P
  • RPM = (50Hz x 120)/2
  • RPM = 6000/2
  • RPM = 3000

Kemudian, jika Elektro motor memiliki 6 (Enam) kutub magnet (Pole), dan Frekuensi 50Hz, maka Rpm Motor listrik tersebut, adalah:
  • RPM = (F x 120)/P
  • RPM = (50Hz x 120)/6
  • RPM = 6000/6
  • RPM = 1000

Kesimpulannya:
  • Motor Listrik 2-P, Frekuensi 50Hz, Maka RPM = 3000
  • Motor Listrik 4-P, Frekuensi 50Hz, Maka RPM = 1500
  • Motor Listrik 6-P, Frekuensi 50Hz, Maka RPM = 1000

Bagaimana Jika Frekuensinya tidak mencapai 50Hz, atau menggunakan Frekuensi 60Hz?

Korelasinya:
Semakin Tinggi Frekuensi, maka semakin Besar pula RPM, sebaliknya
Semakin Rendah Frekuensi, Maka RPM akan semakin kecil.


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan "POLE" pada Motor Listrik, dan apa perbedaan antara Motor 2P,4P, 6P


Semoga bermanfaat!

Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "Mengenal istilah "POLE" pada Motor Listrik, beda Motor 2P, 4P, 6P, berikut penjelasannya"

  1. trimakasih ilmunya mas.... jadi tahu dikit dikit soal listrik.... smoga Alloh memberi ilmu lebih pada mas Rahmat .... Amin.

    ReplyDelete
  2. Gimana cara merubah elmo 22 kw,, yg gulungan nya sisir, di rubah menjadi snggul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya mode gulungan Sisir atau Gelung sama saja, hanya berbeda pada bentuk /susunan, pastikan sistem sambungan sama, jumlah lilitan, ukuran kawat dan lainnya sama

      Delete
  3. AnonymousMay 14, 2019

    Terima kasih ilmunya bermafaat buat saya.. moga sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Terimakasih ilmunya kak

    ReplyDelete
  5. Apakah ada perbedaan ke awetan dinamo dengan pemakaian waktu yang sama.??
    Makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya ada, dan ini dipengaruhi oleh kelas isolasi

      Kelas isolasi

      Delete
  6. apakah rumusnya sama untuk 1 phase dan 3 phase ?

    ReplyDelete
  7. berapa maxsimal kutub yang bisa kita buat? cuma sampai 6 atau tak terbatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya ada yang sampai 12 Kutub

      Delete
  8. Mas 120 itu pada rumus apa ya?

    ReplyDelete
  9. mas, kalo dinamo tamiya atau mobil2an brarti 3 kutub ya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.