Cara Memasang CT (Current Transformer) dan Ampere meter




Untuk Mengukur Besarnya arus yang mengalir pada suatu Kabel listrik yang digunakan untuk berbagai peralatan listrik, digunakan alat yang disebut dengan Tang Ampere yang sifatnya portabel atau tidak permanen, dan untuk alat ukur arus listrik permanen yang terpasang pada Panel listrik disebut dengan Ampere meter.

Untukmengukur besaran Arus listrik dengan menggunakan Tang Ampere, cukup mudah yaitu dengan menjepitsalah satu kabel listrik yang ingin diukur dengan bagian penjepit yang ada pada tang ampere tersebut, Namun untuk mengukur besar arus listrik menggunakan Ampere meter permanen, dibutuhkan alat lagi yang biasa disebut dengan CT (Current Transformer).

CT (Current Transformer)
Apa yang dimaksud dengan CT atau Current Transformer?, CT (Current Transformer) dari bahasanya diartikan secara sederhana sebagai Pengubah Arus listrik.

CT adalah suatu alat yang dipasang melingkari suatu kabel listrik untuk menangkap induksi dan mengubahnya menjadi Nilai besaran Arus listrik yang mengalir pada kabel listrik tersebut, dan nilai arus listrik (Ampere) ini dikonversikan kembali menjadi suatu nilai pada jarum penunjuk yang ada pada alat Ampere meter.

Jadi untuk mengukur besaran arus listrik dengan CT saja tidak cukup, harus dihubungkan ke Ampere meter sehingga hasil pengukuran dari CT dapat terlihat berupa besaran Nilai Ampere.

Lalu, Bagaimana cara memasang CT dan Ampere Meter, untuk mengukur besaran Arus listrik?

Cara Memasang CT (Current Transformer) dan Ampere meter

Untuk Memasang CT dan Ampere meter, caranya sebenarnya cukup mudah dan sederhana, yakni dengan memasangkan CT dengan cara memasukkannya ke salah satu kabel yang akan diukur, kemudian kabel keluaran dari CT dipasang pada baut terminal yang ada Ampere meter.

CT biasanya hanya memiliki dua kabel keluaran, dan kedua kabel tersebut yang disambung pada dua terminal kabel yang ada pada Amperemeter.

Untuk Lebih jelasnya, dapat dilihat pada Skema Gambar di bawah ini:
cara-memasang-ct-current-transformer-dan-ampere-meter
Memasang CT dan Ampere-meter
Gambar diatas merupakan contoh pemasangan CT dan Ampere meter untuk Mengukur listrik 1 phase, namun sebenarnya cara tersebut sama dengan pemasangan Ampere meter listrik 3 Phase, hanya saja untuk Listrik 3 phase, kita perlu memasang 3 unit CT dan 3 unit Ampere meter, untuk mengukur besaran arus listrik yang mengalir pada masing-masing Phase.

Selain Cara memasang CT dan Ampere meter, kita juga perlu mengetahui, cara menentukan ukuran besaran CT dan Ampere meter, agar tampilan hasil pengukuran bisa sesuai dengan besaran arus yang sebenarnya.

Kesalahan dalam menentukan Nilai CT dan Ampere meter akan menyebabkan Hasil pengukuran menjadi tidak sesuai dengan besaran arus listrik yang ada.

Untuk mengetahui perhitungan CT dan Ampere meter, dapat dilihat pada artikel:
Ampere Meter, CT, dan cara perhitungannya

Demikianlah artikel mengenai cara Memasang CT (Current Transformer), Ampere meter, dan gambar rangkaiannya.

Semoga bermanfaat!


Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Cara Memasang CT (Current Transformer) dan Ampere meter"

  1. Di CT kan ada P1 dan P2 dan 2 baut untuk koneksi ke amper meter apa tdk masalah bila terbalik memasangnya..? Dan di amperer meter ada 2 baut untuk koneksi CT,dgn lambang apa di CT dan ampere untuk koneksinya terimakasih..

    ReplyDelete
  2. Cara ngetes CT atau amperemeter rusak bagaimana ndan?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.