Cara Memasang Pelampung otomatis tangki air di rumah




Pelampung otomatis untuk tangki air di rumah, dipasang bertujuan agar air di dalam tangki air tetap pada level ketinggian tertentu, tidak sampai kosong dan juga tidak luber (curah) saat pompa menyala untuk mengisi air ke dalam tangki.
Bagi anda yang memiliki sumber kebutuhan air di rumah berasal dari sumur, sungai atau sumber air lainnya, biasanya akan menggunakan pompa air yang berfungsi untuk memompakan air ke tangki penyimpanan air yang biasa diletakkan pada posisi lebih tinggi atau di atas kamar mandi, atau menggunakan tower.

Hal ini bertujuan agar setiap saat air selalu ada di dalam tangki air tersebut, dan dengan meletakkan tangki tersebut di posisi yang lebih tinggi, dengan memanfaatkan gaya gravitasi ke bawah maka air akan mengalir lebih deras/kuat saat keran di dalam rumah di buka.

Agar level air di dalam tangki bisa tetap terjaga sesuai dengan kebutuhan, maka sebaiknya Tangki air dilengkapi dengan sebuah sensor Otomatis berupa pelampung yang di pasang di dalam tangki air dan di rakit sedemikian rupa, sehingga pada saat level air berkurang maka sensor pelampung akan bekerja untuk menyalakan Pompa air dan mengisi air ke dalam tangki sampai pada level yang diinginkan secara otomatis pula Pompa akan padam, sehingga air tidak sampai luber dan terbuang percuma.

Dengan melengkapi tangki air dengan pelampung otomatis atau biasa juga disebut dengan "Radar", maka kita tidak khawatir lagi jika suatu saat kelupaan menyalakan pompa air sehingga menyebabkan air didalam tangki kosong, dan begitu juga saat kita menyalakan pompa dan lupa memadamkannya air akan luber, dan hal ini tidak akan terjadi jika tangki sudah dilengkapi dengan Sensor pelampung otomatis.

Lalu bagaimana Cara Memasang Pelampung otomatis tangki air di rumah?

Cara Memasang Pelampung Otomatis Tangki air di rumah

Pada kesempatan kali ini, kita akan coba berbagi bagaimana cara memasangan Otomatis Pelampung tangki air di rumah, sehingga kita bisa memasangnya sendiri di rumah kita, tanpa harus meminta bantuan teknisi atau tukang listrik.

A. Cara Memasang Pelampung otomatis di dalam tangki air
cara-memasang-pelampung-otomatis-tangki-air-di-rumah
Memasang Pelampung Otomatis
Radar Otomatis pelampung tangki air memiliki 2 buah pelampung yang memiliki fungsi yang berbeda.
  1. Pelampung pertama posisi atas berfungsi sebagai sensor saat level air tertinggi/penuh
  2. Pelampung kedua di posisi bawah berfungsi sebagai sensor saat level air terendah/hampir kosong
Otomatis ini dilengkapi dengan 2 buah pelampung, yang bertujuan agar Pompa tidak terlalu sering menyala dan padam dalam waktu yang sangat singkat/pendek.

Sehingga rentang waktu Pompa akan menyala dan padam adalah seberapa jauh jarak antara Pelampung atas dan pelampung bawah akan kita buat.

Semakin dekat jarak pelampung atas dan bawah, maka rentang waktu pompa menyala dan padam akan semakin dekat atau sering.

Sebaliknya, Semakin jauh jarak antara pelampung atas dan bawah, maka rentang menyala dan padam pompa akan lebih jauh/jarang.

Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan jarak antara pelampung atas dan bawah sesuai kebutuhan, dan lebih jauh lebih baik.


B. Cara memasang Kabel Radar air (Pelampung otomatis) dirumah anda.
cara-memasang-pelampung-otomatis-tangki-air-di-rumah
Memasang Kabel Pelampung otomatis
Radar air (Pelampung otomatis) biasanya memiliki 2 buah terminal kabel, Pemasangan Kabel untuk otomatis pelampung adalah secara "Seri", Kabel Netral dari sumber listrik langsung dipasang ke Pompa, kemudian Kabel fasa dari sumber listrik dipasang ke salah satu baut terminal kabel yang ada pada radar otomatis, dan kemudian satu terminal kabel lainnya dipasangkan kabel menuju Pompa air.


Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memasang Pelampung otomatis tangki air di rumah"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.