Berbagai Penyebab Breaker Genset Trip saat di Sinkron




Apa saja Penyebab Breaker Genset Trip saat di Sinkron, dan bagaimana cara mengatasinya?
Breaker atau MCCB/ACB salah satu Genset Trip saat akan atau sedang di Sinkron menjadi salah satu masalah yang bisa saja anda alami, dan tentunya terdapat berbagai faktor penyebab terjadinya, dan untuk dapat mengatasi masalah ini terlebih dahulu kita harus mengetahui sumber masalahnya (Root Cause) Kenapa MCCB (Breaker) Genset Trip.
Baca Juga: Penyebab Genset sulit di Paralel
Seperti yang pernah kita bahas di beberapa Artikel sebelumnya, mengenai Prinsip kerja Generator, Syarat-syarat Sinkron (Paralel) Generator, Kenapa Generator sulit di paralel, dan berbagai Artikel lainnya mengenai Generator dan Sinkron, oleh karena itu sebaiknya kita memahami terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan Generator (Genset), dan sistem kerja Paralel (Sinkron) genset, sehingga kita akan lebih mudah memahami masalah MCCB Genset Trip saat di Di Sinkron.

Ada beberapa Faktor yang dapat menyebabkan MCCB/ACB Salah Satu Genset Trip saat akan atau sedang di Sinkron, dan berbagai faktor penyebabnya akan kita bagi menjadi beberapa bagian atau kondisi.

Penyebab Breaker Genset Trip saat di Sinkron, dan cara mengatasinya

berbagai-penyebab-breaker-genset-trip-saat-di-sinkron
MCCB Trip saat Genset di Paralel

A. MCCB Salah Satu Genset Trip saat Akan di Sinkron

1. Genset Kehilangan Salah satu Phase
Seperti kita ketahui bahwa Generator 3Phase memiliki tiga jenis phase yang biasa disebut dengan Phase R, S, T. Sehingga jika salah satu Genset yang akan di Sinkron (di Paralel) kehilangan salah satu Phase (Salah Satu Phase tidak terhubung) maka akan menyebabkan Phase dari salah satu Genset akan mengalir menuju Genset lainnya yang mengalami kehilangan Phase, dan ini disebut dengan Reverse Power. Dan akan menyebabkan Proteksi RPR (Reverse Power Relay) bekerja dan akan menyebabkan MCCB atau ACB Genset menjadi TRIP.

Cara Mengatasinya:
Coba Operasikan genset satu persatu dan ukur tegangan Output dari masing-masing Phase apakah tegangan Phase-Phase mencapai 380V, atau Phase-Netral mencapai 220V, jika terdapat salah satu Phase yang memiliki tegangan tidak mencapai tegangan tersebut, maka lanjut pemeriksaan MCCB dan genset untuk mendapatkan apa penyebab Salah satu phase tidak terhubung (Loss).

2. Tegangan, Frekuensi, Cosphi, Sudut phase atau Urutan Phase Berbeda
Seperti kita ketahui bahwa ada beberapa Syarat Genset agar dapat dioperasikan secara Paralel (Sinkron), sehingga jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka genset tidak bisa di Sinkron (paralel), dan MCCB salah satu Genset akan Trip jika Genset tetap di paksakan untuk di Sinkron.

Cara Mengatasinya:
Pastikan Syarat-syarat untuk melakukan Paralel Genset sudah terpenuhi.


B. MCCB Salah satu Genset Trip saat sudah Sinkron

1. Pengaturan Beban tidak Seimbang
Saat  dua buah Genset di Sinkron, selanjutnya perlu dilakukan pembagian Beban sesuai dengan kapasitas Genset masing-masing, jika pembagian terlalu berlebihan pada salah satu Genset sehingga Melebihi kemampuan Daya Genset tersebut, tentunya akan menyebabkan MCCB/ACB Trip yang diakibatkan terjadinya kelebihan Arus (Over Current).

Cara Mengatasinya:
Sesuaikan Pembagian Beban Daya sesuai dengan batas kemampuan Maksimal Genset tersebut, sehingga tidak terjadi Over Current pada salah satu Genset.

2. Pengaturan Drop Tegangan tidak sesuai
Saat menerima Lonjakan Beban Daya saat Genset di Sinkron, maka masing-masing Genset akan mengalami Drop Tegangan, sehingga Jika Nilai Drop tegangan masing-masing Genset tidak Sesuai atau berbeda, maka akan menyebabkan Nilai Tegangan menjadi tidak sama, dan akan menyebabkan Breaker atau MCCB Trip.

Cara Mengatasinya:
Untuk Mencegah hal ini terjadi, maka lakukan pengaturan Droop Voltage yang ada di AVR Masing-masing Genset sampai di dapat Nilai Drop tegangan yang sama saat masing-masing genset menerima lonjakan beban daya yang cukup besar.


Demikianlah beberapa Penyebab Breaker (MCCB/ACB) Genset Trip saat Disinkron, dan beberapa hal diatas hanya sebagai contoh, dari sekian banyak penyebabnya.


Tempat kita berbagi ilmu



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berbagai Penyebab Breaker Genset Trip saat di Sinkron"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan.