Mengenal Nama dan Fungsi Alat Listrik yang ada di rumah


Terdapat berbagai nama-nama alat Listrik yang biasa terpasang pada Instalasi Listrik di rumah kita, seperti misalnya Saklar, Stopkontak, Fitting lampu, MCB, Kwh Meter, Antikontak, Sekring dan sebagainya, alat-alat instalasi listrik ini tentunya sering kita gunakan, namun apakah anda sudah benar-benar mengenal alat-alat listrik tersebut beserta apa saja fungsi atau kegunaannya?

Selain itu, nama Alat-alat listrik yang ada di rumah kita terkadang memiliki sebutan yang berbeda-beda, seperti misalnya Saklar, ada juga yang menyebutnya dengan istilah "Cetekan", malah ada juga yang menyebutnya dengan stopkontak, oleh karena itu pada kesempatan ini kita akan coba memberikan sedikit penjelasan mengenai Nama-nama Alat listrik yang biasa ada dirumah kita dan apa saja sebenarnya fungsi dari alat-alat listrik tersebut.

Mengenal Nama dan Fungsi Alat Listrik yang ada di Rumah Kita

1. MCB
mengenal-nama-dan-fungsi-alat-listrik-di-rumah
MCB penjelasan dan Fungsinya
MCB adalah singkatan dari Miniature Circuit Breaker atau dapat diartikan sebagai Suatu alat yang berfungsi memutuskan rangkaian dan MCB ini memiliki bentuk atau ukuran yang mini atau kecil.

MCB sering juga disebut orang dengan istilah "Stut", alat listrik yang satu ini memiliki fungsi sebagai alat Proteksi saat terjadi Arus lebih atau Short Circuit (Korsleting), jika terjadi arus melebihi dari ukuran MCB tersebut akan secara otomatis memutuskan Rangkaian listrik, sehingga instalasi listrik di rumah kita dapat diproteksi dari resiko yang mungkin terjadi.


2. KWH Meter
mengenal-nama-alat-listrik-di-rumah-dan-fungsinya
KWH Meter
KWH Meter adalah suatu alat listrik yang berfungsi sebagai pengukur seberapa banyak pemakaian listrik yang kita pakai di rumah, dalam satuan Kilowatt-Hour atau Kilowatt-Jam. alat ini akan mencatat berapa banyak pemakaian listrik dalam satuan KW per Jam, sebagai contoh jika kita menyalakan lampu dengan daya 100W selama 10 jam, maka pemakaian listrik kita adalah:
(100Watt x 10Jam) / 1000 = 1 KWH.

KWH meter saat ini ada yang Electronik dengan sistem Prabayar atau Token/Pulsa, dan ada yang masih konvensional atau sistem Pasca bayar.


3. Sekring
mengenal-alat-alat-listrik-yang-ada-di-rumah-kita
Sekring
Sekring atau dikenal juga dengan istilah Fuse, adalah suatu alat listrik yang memiliki fungsi yang sama dengan MCB, namun Fuse atau sekring yang masih konvensional biasanya memiliki penghantar lebur di dalamnya, yang akan melebur saat terjadi Kelebihan arus atau Hubung singkat (Short circuit) atau Korsleting, Namun Fuse ini ada juga yang sudah lebih modern yang biasa disebut Fuse otomatis yang mana pada saat terjadi Arus lebih maka Fuse/Sekring akan memutuskan rangkaian secara otomatis tanpa ada penghantar yang melebur, hampir mirip dengan MCB.

Namun penggunaan Sekring atau Fuse pada masa sekarang ini sudah sangat jarang dijumpai di rumah-rumah, karena fungsinya sudah tergantikan dengan MCB yang lebih praktis dan ekonomis.


4. ELCB (Anti kontak)
mengenal-nama-alat-listrik-di-rumah-dan-fungsinya
ELCB dan Fungsinya
ELCB adalah singkatan dari Earth Leakage Circuit Breaker, atau biasa disebut orang dengan istilah Anti Kontak, selain itu Sebutan untuk Alat proteksi Kebocoran listrik ini ada beberapa macam, antara lain: RCD (Residual Current-Operated Devices) dan GFCI (Ground Fault Circuit Interrupter).

ELCB ini sangat penting untuk dipasang di rumah-rumah kita, karena memiliki Fungsi sebagai Proteksi atau pengaman saat terjadi Kebocoran listrik atau melindungi kita dari Bahaya saat Kesetrum listrik.


5. Saklar
nama-alat-listrik-dan-kegunaannya
Saklar dan Fungsinya
Saklar merupakan salah satu Alat listrik yang selalu ada di rumah-rumah kita, Saklar ini adalah suatu alat yang berfungsi untuk Memutuskan ataupun menghubungkan rangkaian listrik dari sumber listrik menuju alat listrik, seperti lampu, pompa air, dll, Saklar ini biasa disebut dengan Switch atau ada juga yang menyebutnya dengan Cetekan.

Saklar ini secara umum biasa digunakan untuk Menyalakan atau memadamkan Lampu yang ada di rumah kita.


6. Stop Kontak
berbagai-alat-listrik-dan-gambarnya
Stop Kontak Listrik
Stop kontak (Socket) adalah Alat listrik yang memiliki dua lubang di tengahnya dan berfungsi sebagai tempat untuk menyambungkan atau mencolokkan Steker dari berbagai peralatan listrik atau elektronik yang ada di rumah kita, seperti misalnya untuk tempat menyambungkan Listrik ke Televisi, Kipas angin, Setrika dan lain sebagainya, dan Stop kontak ini biasa juga disebut dengan Colokan Listrik, atau Kotak kontak.


7. Steker
berbagai-alat-listrik-dan-gambarnya
Steker atau Colokan
Steker Listrik (Plug) adalah Alat Listrik yang memiliki dua batang Logam, yang berfungsi sebagai penghubung (Pencolok) dari berbagai peralatan listrik atau Elektronik ke lubang Stop kontak, dan Istilah Steker ini sering disebut dengan istilah Pencolok atau Colokan.


8. Fitting Lampu
nama-nama-alat-listrik-yang-ada-di-rumah
Fitting Lampu
Fitting Lampu ini berfungsi sebagai tempat dudukan atau sarang Lampu yang ada dirumah kita, dan memiliki ulir di tengahnya sebagai tempat pengikat dan penghubung Lampu agar tidak lepas, Fitting Lampu ini biasa disebut dengan Sarang Lampu, Rumah Lampu atau dudukan Lampu.

Fitting Lampu ini ada berbagai Model, ada yang pemasangannya dengan cara digantung, dan ada juga yang ditempel di Plafon atau dinding, selain itu bahan fitting ini ada yang terbuat dari Plastik PVC, Fibre, Keramik, dan sebagainya.



Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Nama dan Fungsi Alat Listrik yang ada di rumah"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin