Memilih Kabel yang bagus, Awet dan sesuai dengan kebutuhan


Kesalahan dalam Pemilihan Kabel Listrik dapat menyebabkan berbagai kerugian bagi kita, selain itu kesalahan dalam memilih atau menentukan jenis kabel juga dapat menyebabkan instalasi listrik yang ada mudah mengalami kerusakan dan yang lebih fatal lagi dapat menyebabkan bahaya kesetrum atau kebakaran, oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana sebenarnya cara memilih kabel yang bagus dan sesuai, sehingga pemakaian kabel menjadi awet dan tahan lama, serta yang tak kalah pentingnya adalah agar instalasi listrik menjadi lebih aman dari berbagai resiko bahaya.

Kabel merupakan salah satu komponen utama dalam setiap pemasangan Instalasi listrik, dan terdapat berbagai jenis kabel listrik yang biasa digunakan, menurut bahannya, kabel listrik yang paling sering digunakan adalah kabel Listrik berbahan Tembaga dan Aluminium.

Penggunaan Kabel Listrik dalam setiap Instalasi memiliki berbagai perbedaan yang harus disesuaikan dengan aplikasi di lapangan, seperti misalnya ada kabel yang khusus digunakan untuk pemasangan diatas tiang (Udara), ada kabel yang dipasang di tanam di dalam tanah, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, untuk dapat menentukan atau memilih Kabel Listrik yang bagus, awet dan sesuai kebutuhan, maka pemilihan kabel perlu disesuaikan dengan kebutuhan, dan berbagai hal dan kriteria, serta kualitasnya.

Tips Memilih Kabel yang bagus, Awet dan sesuai dengan kebutuhan

tips-memilih-kabel-yang-bagus-dan-awet
Tips Memilih Kabel yang Bagus dan tahan lama
1. Ukuran Kabel
Kabel memiliki berbagai jenis ukuran, dari yang ukurannya kecil, sampai dengan ukuran yang besar, ukuran kabel ini biasa diambil dari Luas Penampangnya, dan Pemilihan Ukuran kabel harus disesuaikan dengan Daya listrik yang digunakan.
Ukuran Kabel adalah Luas Penampang, bukan Diameter
Agar Kabel yang digunakan lebih Awet dan tahan lama maka sebaiknya Kabel yang kita pilih memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, Kemampuan hantar arus kabel berbanding dari arus listrik yang akan dialirinya, dan untuk mengetahui kemampuan maksimal hantar Arus dari berbagai ukuran kabel listrik, dapat kita lihat dari Tabel KHA Kabel listrik.
Menentukan Ukuran Kabel berdasarkan Kemampuan Hantar Arus


2. Jenis Kabel
Selain Ukuran kabel, yang tak kalah penting juga dalam memilih Kabel listrik adalah menentukan Jenis kabel yang sesuai dengan kebutuhan, Terdapat berbagai jenis kabel listrik yang ada, antara lain: Kabel NYA, NYM, NYY, dan sebagainya, oleh karena itu Sesuaikan kabel yang akan anda gunakan dengan jenis kabel yang sesuai.
Berbagai Jenis Kabel dan Kegunaannya


3. Merk Kabel
Selain dua hal penting diatas, Untuk memilih Jenis kabel yang berkualitas, tentunya Pemilihan Merek Kabel yang sudah ternama dan berstandar SNI atau LMK, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan Kabel yang bagus, awet dan berkualitas.

Beberapa Merek kabel yang bagus, antara lain: .............................................


Tips Tambahan dalam Memilih Kabel yang bagus
Selain hal diatas, dalam menentukan Kabel yang bagus, Biasanya dapat kita lakukan dengan cara melihat fisik kabel secara langsung, dan biasanya terdapat beberapa hal yang dapat kita jadikan pedoman dalam memilih kualitas kabel yang bagus, antara lain:
  • Warna kabel terlihat lebih cerah dan mengkilat
  • Tekstur Isolasi kabel lebih elastis namun kuat (jika kabel di bengkokkan isolasi tidak mudah koyak)
  • Pastikan Inti Tembaga di dalam Kabel memiliki ukuran yang sesuai dengan tulisan yang tertera pada Kabel tersebut, karena biasanya banyak Kabel yang memiliki Ukuran tidak sesuai dengan yang tertera pada Kabel tersebut. (misalnya pada kabel tertulis ukuran 2,5mm2, setelah diperiksa inti tembaga didalamnya ternyata jauh lebih kecil dari ukuran tertulis)
  • Kabel harus memiliki Simbol / Lambang SNI atau LMK


Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Memilih Kabel yang bagus, Awet dan sesuai dengan kebutuhan"

  1. Bagaimana menghitung jenis & ukuran kabel yg dipakai dari data yg ada , mis : eletromotor 1,5kw ; 3 phaase ; 2 HP? Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menentukan ukuran kabel, dengan menghitung besaran Arus,
      Arus = Daya / (V x Cosphi x Akar3)

      Untuk jenis kabel disesuaikan dengan Aplikasi dilapangan, apakah ditanam, atau digantung

      Delete
    2. Bagaimana memilih kabel gantung yang baik untuk di solder?

      Delete
    3. Kabel gantung sebaiknya jangan ada sambungan, apalagi disambung dengan cara di Solder akan mudah putus

      Delete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin