Belajar Memperbaiki Setrika listrik, dan mengenal komponen di dalamnya


Setrika yang kita miliki, tentunya akan mengalami kerusakan seiring waktu dan pemakaiannya, apalagi Setrika listrik ini bekerja menghasilkan Panas, yang akan lebih mudah mengakibatkan berbagai kerusakan pada berbagai komponen di dalamnya, yang diakibatkan oleh panas yang berlebih dan terus menerus.

Jika selama ini, anda akan membawa setrika listrik yang rusak ke tukang servis, atau bahkan saat setrika listrik yang anda miliki mengalami kerusakan, anda langsung mengganti dan membeli setrika yang baru, bagi anda yang ingin mengetahui cara memperbaiki setrika yang rusak, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi dan belajar Bagaimana cara Memperbaiki berbagai kerusakan pada Setrika dengan terlebih dahulu mengenai prinsip kerja dan komponen-komponen yang ada pada sebuah setrika.

Cara Memperbaiki kerusakan Setrika Listrik

Setrika Listrik adalah suatu alat yang berfungsi untuk merapikan pakaian, dengan prinsip kerja mengubah tenaga listrik menjadi panas melalui sebuah logam elemen pemanas.

Untuk lebih mudah dalam memperbaiki setrika listrik, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa saja komponen-komponen yang ada di dalam sebuah setrika listrik tersebut.
Mengenal Komponen pada Setrika Listrik
Belajar Memperbaiki kerusakan pada Setrika

Komponen pada Setrika Listrik
  • Steker
  • Kabel
  • Cover/Penutup
  • Logam/Alas Pemanas
  • Elemen Pemanas
  • Logam pemberat
  • Pengatur panas
  • Lampu Indikator
  • Resistor
  • Bimetal/Thermostat
  • Fuse
  • Platina

Berbagai Kerusakan pada Setrika Listrik
Berbagai kerusakan yang biasanya terjadi pada Setrika listrik, yakni:
  • Setrika tidak panas
  • Setrika terlalu panas
  • Panasnya tidak bisa disetel
  • Lampu indikator tidak menyala
  • Setrika Nyetrum

Urutan dalam membuka Komponen setrika Listrik
belajar-memperbaiki-setrika-listrik-dan-komponennya
Cara Membongkar Setrika Listrik
Beberapa Kerusakan diatas, dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, dan untuk dapat memperbaiki kerusakan tersebut, tentunya harus dipastikan apa penyebab kerusakannya, antara lain:

1. Setrika tidak panas
Beberapa penyebabnya, antara lain:
  • Stop kontak yang digunakan rusak
Pastikan Steker sudah terhubung pada stop kontak dengan baik, dan pastikan Stop kontak yang digunakan dalam keadaan bagus dan ada tegangan dengan memastikannya menggunakan Testpen.

  • Kabel Sterika Putus
Buka penutup bagian belakang Setrika, kemudian lepaskan kabel dari baut terminal, dan pastikan apakah kabel dalam keadaan bagus atau rusak, dengan menggunakan alat Multitester, jika hasil pengukuran menunjukkan bahwa kabel putus, maka dapat dilakukan penggantian kabel dengan yang baru, Namun jika Kabel dalam keadaan bagus, maka lanjut ke pemeriksaan berikutnya.

  • Fuse/Sekring Putus
Di bagian dalam setrika biasanya dilengkapi dengan Fuse/Sekring, periksa kondisi Fuse apakah masih bagus atau Sudah Putus/rusak dengan cara mengukurnya menggunakan Multitester, jika ternyata Fuse/sekring sudah rusak, maka lakukan penggantian dengan Fuse yang baru, atau jika sulit untuk mencari penggantinya, dapat juga di sambung langsung (di Jumper), namun sebaiknya diusahakan agar Fuse diganti dengan yang baru agar setrika tetap memiliki proteksi saat terjadi arus lebih atau short circuit, Namun Jika setelah diperiksa ternyata Fuse masih bagus, maka lanjut ke pemeriksaan berikutnya.

  • Elemen pemanas Rusak
Komponen Utama pada setrika, adalah Elemen pemanas dan periksalah elemen ini dengan menggunakan multitester, jika ternyata elemen sudah putus/rusak, maka dapat diganti dengan yang baru, namun jika elemen ternyata masih dalam keadaan bagus, maka lanjut pemeriksaan berikutnya.

  • Platina Kotor/Berkarat
Dibagian dalam Setrika, tepatnya di bagian tengah, dibawah pengatur panas terdapat sebuah Platina yang berfungsi untuk menghubungkan listrik dari sumber ke Elemen, dan pada saat Panas dari setrika sudah tercapai, maka Platina ini akan memutuskan aliran listrik yang bekerja berdasarkan prinsip kerja Bimetal, karena fungsinya adalah Memutus dan menghubungkan Listrik, maka terkadang terjadi percikan api dan menyebabkan platina ini berkarat/gosong, lakukan pemeriksaan dan bersihkan platina tersebut dengan menggunakan Kertas pasir, dan pastikan sudah berfungsi dan terhubung dengan baik.

2. Setrika Terlalu Panas
Setrika terlalu panas, Hal ini disebabkan karena Sistem Otomatis pengatur suhu/panas pada setrika rusak atau tidak bekerja, dan dapat disebabkan karena Platina di dalam setrika Lengket atau Bimetal patah/rusak.

3. Panasnya tidak bisa disetel
Sama halnya dengan masalah pada Setrika terlalu Panas, Hal ini disebabkan karena Sistem Otomatis pengatur suhu/panas pada setrika rusak atau tidak bekerja, dan dapat disebabkan karena Platina di dalam setrika Lengket atau Bimetal patah/rusak.

4. Lampu Indikator tidak menyala
Dalam keadaan dimana setrika masih bisa panas dan tetap dapat digunakan, namun lampu indikator menyala, hal ini disebabkan karena Lampu indikator putus/rusak, Kawat penghubung putus, atau resistor putus/rusak, lakukan penggantian pada lampu atau resistor yang rusak, dan pastikan kawat terhubung dengan baik dan kuat pada baut terminal.

5. Setrika Nyetrum
Masalah Setrika Nyetrum ini sangat berbahaya, dan jangan sesekali menggunakan setrika tersebut, jika terdapat masalah seperti ini, Hal ini dapat disebabkan karena Kondisi Setrika basah, adanya kabel listrik yang koyak dan menyentuh bagian dari setrika yang berbahan logam, atau Elemen pemanas sudah bocor/rusak, segera periksa dan lakukan perbaikan, jika elemen yang rusak maka harus diganti dengan elemen yang baru.


Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Memperbaiki Setrika listrik, dan mengenal komponen di dalamnya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin