Mengenal Jenis dan Fungsi Timer Relay


TIMER RELAY (Timer delay relay) adalah suatu alat atau komponen listrik yang memiliki fungsi untuk Memutuskan atau menghubungkan suatu rangkaian listrik berdasarkan pengaturan waktu, dan waktu tunda (Time Delay) dapat diatur atau disesuaikan dengan kebutuhan suatu rangkaian.

Timer ini fungsinya mirip dengan Saklar, Relay, Magnetic contactor, tombol, dan sejenisnya, perbedaannya Timer bekerja secara otomatis dan memiliki pengaturan waktu tunda (Time Delay) sebelum relay bekerja memutus atau menghubungkan suatu rangkaian.

Timer Relay ini biasa digunakan untuk Sistem atau rangkaian listrik yang diharapkan dapat bekerja secara Otomatis (Automatic System), sehingga melalui Timer Relay ini, kita dapat melakukan pengaturan On-Off didalam suatu sistem rangkaian listrik baik secara keseluruhan ataupun sebahagian rangkaian, sesuai dengan pengaturan waktu yang kita butuhkan.

Jenis-Jenis Timer dan Fungsinya

mengenal-jenis-dan-fungsi-timer-relay
Electric Timer
Menurut Prinsip kerjanya, terdapat 2 jenis Timer Relay yakni:
  • Electric Timer Relay
  • Pneumatic Timer Relay

Electric Timer Relay adalah Suatu alat yang berfungsi untuk Menghubungkan atau memutuskan Rangkaian Listrik, yang bekerja menggunakan sistem elektronik dan membutuhkan Tegangan listrik untuk mengoperasikannya.


mengenal-jenis-dan-fungsi-timer-relay
Pneumatic Timer relay
Pneumatic Timer Relay adalah Suatu alat yang biasa disebut dengan Timer Mekanik, dan alat ini juga berfungsi untuk Menghubungkan atau memutuskan Rangkaian Listrik berdasarkan waktu, Namun perbedaanya dengan Electric Timer Relay adalah Prinsip kerja alat ini menggunakan udara (Vakum) untuk Waktu penundaan, dan Alat ini harus dipasang melekat pada sebuah Magnetic contactor karena membutuhkan tekanan dorong/tarik dari Magnetic contactor tersebut agar Timer dapat bekerja.

Sedangkan menurut Fungsinya, Timer Relay terbagi menjadi 2 jenis Timer, yakni:
  • OFF DELAY TIMER
  • ON DELAY TIMER

OFF DELAY TIMER
Timer-Off Delay adalah Jenis Timer yang akan bekerja menghitung Waktu settingan dimulai pada saat setelah Power ke Timer tersebut terputus (Off), dengan kata lain Timer ini berfungsi sebagai Pengaturan Waktu tunda setelah power ke Timer terputus (Off).

Prinsip kerja Off Delay Timer
Saat Timer dialiri tegangan, maka Relay yang ada pada Timer akan langsung bekerja, Untuk Relay NO akan terhubung dan NC akan Terputus, Lalu pada saat Tegangan yang ke Timer tersebut diputus (di-OFF kan), maka settingan waktu pada Timer akan mulai berjalan, dan pada saat waktu tercapai, maka Relay NO akan kembali terputus dan NC kembali terhubung.


ON DELAY TIMER
Timer-On Delay adalah Jenis Timer yang akan bekerja menghitung Waktu settingan dimulai pada saat setelah Power ke Timer dialirkan (On), dengan kata lain Timer ini berfungsi sebagai Pengaturan Waktu tunda setelah power terhubung (On).

Prinsip kerja On Delay Timer
Saat Timer dialiri tegangan, Maka Timer sudah mulai menghitung waktu tunda, sesuai dengan settingan, Namun Relay yang ada pada Timer belum bekerja, Untuk Relay NO masih dalam keadaan terputus, dan NC masih dalam keadaan terhubung. Lalu pada saat Waktu yang disetting pada timer tersebut Tercapai, maka Relay yang terdapat pada Timer akan bekerja, Relay NO akan terhubung, dan Relay NC akan terputus.


Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengenal Jenis dan Fungsi Timer Relay"

  1. Selamat pagi bp, saya mau tanya rilay listrik tegangan kontaknya dari PLN, berarti on terus menerus, off saat tidak ada aliran PLN, seberapa lama ke awetan rilay tersabut? Terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertahun-tahun, selama Voltage Stabil dan pemasangan yang baik dan sesuai

      Delete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin