Rangkaian Otomatis dan Manual Pompa air 1 Phase 220 Volt


Artikel ini, merupakan lanjutan atau untuk melengkapi artikel sebelum yang berjudul "3 Jenis Rangkaian Panel Listrik untuk Pompa 3 Phase, Manual, Otomatis dan Otomatis/Manual", dan artikel kali ini khusus untuk Pompa Listrik 1 Phase (220Vac), yang biasa digunakan di rumah.

Seperti yang kita ketahui, Pompa air listrik 1 phase 220Volt, banyak digunakan di rumah-rumah, dan berfungsi untuk memompakan air dari sumur ke dalam rumah atau ke tangki penyimpanan sementara yang biasa diletakkan adi posisi atas yang lebih tinggi.

Kenapa perlu disediakan Tangki penyimpanan air dan posisinya di taruh diatas atau di tempat yang lebih tinggi?

Tangki air yang diletakkan pada posisi yang tinggi, dimaksudkan untuk tempat penyimpanan air cadangan saat terjadi kerusakan/perbaikan Pompa atau saat Listrik padam, sehingga air untuk kebutuhan di rumah masih tersedia, selain itu, Tangki air dibuat di tempat yang tinggi, agar supplai air dari tangki dapat mengalir ke seluruh keran yang ada didalam rumah dengan tenaga gravitasi.

Satu hal lagi, Pompa air dibuat Otomatis dengan menggunakan Tangki diatas rumah, akan lebih menghemat pemakaian listrik anda, karena frekuensi Hidup/mati pompa tidak terlalu sering, jika dibanding sistem pompa air tanpa menggunakan Tangki air.

Membuat Rangkaian Listrik pompa air ini sangat sederhana, dan ada 2 jenis rangkaian untuk listrik pompa 220 volt atau pompa listrik 1 phase, yakni otomatis dan manual.

Membuat Rangkaian Otomatis atau Manual Pompa air 220V (1 Phase)

Rangkaian Listrik untuk Pompa air ada 2 jenis, yaitu:
  1. Rangkaian Manual
  2. Rangkaian Otomatis

Rangkaian Manual untuk Pompa Listrik 1 phase
rangkaian-otomatis-dan-manual-pompa-air
Rangkaian Listrik Manual Pompa air
Keterangan:
Rangkaian Listrik ini bekerja secara Manual untuk Mennyalakan dan mematikan Pompa air, saat Saklar dinyalakan, maka pompa air akan menyala dan mengisi air ke Tangki, dan saat Saklar dimatikan maka Pompa akan mati/padam, kekurangan dari rangkaian ini adalah pada saat anda lupa mematikan pompa, maka air dalam tangki akan luber, sebaliknya jika anda lupa menyalakan saklar maka air dalam tangki bisa kosong setelah habis digunakan.



Rangkaian Otomatis untuk Pompa Listrik 1 phase
rangkaian-manual-dan-otomatis-pompa-air-di-rumah
Rangkaian Listrik Otomatis Pompa air
Keterangan:
Rangkaian Listrik ini dapat bekerja secara Otomatis menggunakan sensor level air menggunakan pelampung, anda cukup menyalakan Saklar sekali saja, lalu Pompa akan menyala secara otomatis saat air di dalam tangki kurang, dan pompa akan otomatis padam saat air dalam tangki mencapai level penuh, dan fungsi saklar ini adalah hanya untuk keperluan saat akan melakukan perbaikan atau perawatan pada pompa, maka saklar dapat dimatikan agar listrik tidak mengalir ke pompa, dengan rangkaian otomatis ini maka Tangki akan tetap berisi air sesuai level yang sudah ditentukan, dan tidak khawatir air akan Luber.


Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rangkaian Otomatis dan Manual Pompa air 1 Phase 220 Volt"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin