Berapa besaran Arus pada Motor Listrik yang dioperasikan tanpa beban?


Berapa besaran Arus listrik yang dihasilkan saat Motor Listrik dioperasikan tanpa dibebani atau Beban Kosong?, apakah besaran arus listrik saat motor listrik dioperasikan tanpa beban sama dengan Arus Nominal atau In?, dan apakah besaran arus pada motor listrik dengan sambungan Bintang (Star) dan Sambungan Segitiga (Delta) memiliki besaran arus yang sama atau berbeda? dan bagaimana cara menghitung besaran arus listrik pada motor yang dioperasikan tanpa beban (Beban Kosong)?

Beberapa pertanyaan diatas sering ditanyakan oleh para pengunjung Blog ini, dan sebenarnya sudah kita beri sedikit penjelasan mengenai besaran Arus pada Motor listrik dengan beban kosong, namun pada kesempatan kali ini, kita akan coba membahasnya kembali agar lebih mudah dipahami dan dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk kita semuanya.

Menghitung Besar Arus pada Motor Listrik yang dioperasikan tanpa beban (beban kosong)

berapa-besaran-arus-pada-motor-listrik
Nilai Arus pada Motor Listrik
Untuk Menghitung Berapa besaran Arus Listrik yang mengalir pada Motor Listrik saat dioperasikan dengan beban kosong (tanpa beban), maka terlebih dahulu kita harus mengetahui berapa tegangan kerja, berapa Cosphi dan berapa daya (KW) Motor tersebut, dan kemudian kita lakukan perhitungan untuk mengetahui besaran Arus Nominal Motor dengan Menggunakan Rumus Daya Listrik 3 Phase.

Rumus Daya Listrik 3 Phase
P = V x I x Cosphi x √3
maka,
In = P / (V x Cosphi x √3)
Nilai Arus (I) disini adalah Nilai arus Nominal (In) yang didapat dari hasil perhitungan menggunakan data (KW, V, Cosphi) yang tertera pada Motor.

Selanjutnya dengan menggunakan hasil perhitungan Arus Nominal (In) menggunakan rumus diatas, maka selanjutnya kita dapat menghitung berapa besaran arus motor saat dioperasikan tanpa beban (beban kosong), dan perhitungannya akan berbeda sesuai dengan jenis sambungan motor tersebut apakah menggunakan Sambungan Segitiga (DELTA) atau Sambungan Bintang (STAR).

Menghitung Arus Motor yang dioperasikan tanpa beban dengan Sambungan Bintang (STAR)

I = In / 3
Contoh:
Sebuah Motor Listrik AC 3 Phase, dengan spesifikasi Daya 11 KW, 380Volt, Cosphi 0,80, Sambungan Bintang (STAR), Berapa Nilai Arus pada Motor saat dioperasikan tanpa dibebani (beban Kosong)?

Jawab:
  • In = P / (V x Cosphi x √3)
  • In = 11.000 / (380 x 0,80 x 1,73)
  • In = 11.000 / 525,92
  • In = 20,91 Ampere
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = In / 3
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 20,91 / 3
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 6,97 Ampere

Menghitung Arus Motor yang dioperasikan tanpa beban dengan Sambungan Segitiga (DELTA)

I = In / √3
Contoh:
Sebuah Motor Listrik AC 3 Phase, dengan spesifikasi Daya 11 KW, 380Volt, Cosphi 0,80, Sambungan Segitiga (DELTA), Berapa Nilai Arus pada Motor saat dioperasikan tanpa dibebani (beban Kosong)?

Jawab:
  • In = P / (V x Cosphi x √3)
  • In = 11.000 / (380 x 0,80 x 1,73)
  • In = 11.000 / 525,92
  • In = 20,91 Ampere
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = In / √3
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 20,91 / 1,73
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 12,08 Ampere


Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berapa besaran Arus pada Motor Listrik yang dioperasikan tanpa beban?"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin