Berapa besaran Arus pada Motor Listrik yang dioperasikan tanpa beban?


Berapa besaran Arus listrik yang dihasilkan saat Motor Listrik dioperasikan tanpa dibebani atau Beban Kosong?, apakah besaran arus listrik saat motor listrik dioperasikan tanpa beban sama dengan Arus Nominal atau In?, dan apakah besaran arus pada motor listrik dengan sambungan Bintang (Star) dan Sambungan Segitiga (Delta) memiliki besaran arus yang sama atau berbeda? dan bagaimana cara menghitung besaran arus listrik pada motor yang dioperasikan tanpa beban (Beban Kosong)?

Beberapa pertanyaan diatas sering ditanyakan oleh para pengunjung Blog ini, dan sebenarnya sudah kita beri sedikit penjelasan mengenai besaran Arus pada Motor listrik dengan beban kosong, namun pada kesempatan kali ini, kita akan coba membahasnya kembali agar lebih mudah dipahami dan dapat menjadi tambahan pengetahuan untuk kita semuanya.

Menghitung Besar Arus pada Motor Listrik yang dioperasikan tanpa beban (beban kosong)

berapa-besaran-arus-pada-motor-listrik
Nilai Arus pada Motor Listrik
Untuk Menghitung Berapa besaran Arus Listrik yang mengalir pada Motor Listrik saat dioperasikan dengan beban kosong (tanpa beban), maka terlebih dahulu kita harus mengetahui berapa tegangan kerja, berapa Cosphi dan berapa daya (KW) Motor tersebut, dan kemudian kita lakukan perhitungan untuk mengetahui besaran Arus Nominal Motor dengan Menggunakan Rumus Daya Listrik 3 Phase.

Rumus Daya Listrik 3 Phase
P = V x I x Cosphi x √3
maka,
In = P / (V x Cosphi x √3)
Nilai Arus (I) disini adalah Nilai arus Nominal (In) yang didapat dari hasil perhitungan menggunakan data (KW, V, Cosphi) yang tertera pada Motor.

Selanjutnya dengan menggunakan hasil perhitungan Arus Nominal (In) menggunakan rumus diatas, maka selanjutnya kita dapat menghitung berapa besaran arus motor saat dioperasikan tanpa beban (beban kosong), dan perhitungannya akan berbeda sesuai dengan jenis sambungan motor tersebut apakah menggunakan Sambungan Segitiga (DELTA) atau Sambungan Bintang (STAR).

Menghitung Arus Motor yang dioperasikan tanpa beban dengan Sambungan Bintang (STAR)

I = In / 3
Contoh:
Sebuah Motor Listrik AC 3 Phase, dengan spesifikasi Daya 11 KW, 380Volt, Cosphi 0,80, Sambungan Bintang (STAR), Berapa Nilai Arus pada Motor saat dioperasikan tanpa dibebani (beban Kosong)?

Jawab:
  • In = P / (V x Cosphi x √3)
  • In = 11.000 / (380 x 0,80 x 1,73)
  • In = 11.000 / 525,92
  • In = 20,91 Ampere
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = In / 3
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 20,91 / 3
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 6,97 Ampere

Menghitung Arus Motor yang dioperasikan tanpa beban dengan Sambungan Segitiga (DELTA)

I = In / √3
Contoh:
Sebuah Motor Listrik AC 3 Phase, dengan spesifikasi Daya 11 KW, 380Volt, Cosphi 0,80, Sambungan Segitiga (DELTA), Berapa Nilai Arus pada Motor saat dioperasikan tanpa dibebani (beban Kosong)?

Jawab:
  • In = P / (V x Cosphi x √3)
  • In = 11.000 / (380 x 0,80 x 1,73)
  • In = 11.000 / 525,92
  • In = 20,91 Ampere
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = In / √3
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 20,91 / 1,73
  • I (Arus Motor saat dioperasikan tanpa beban) = 12,08 Ampere


Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Berapa besaran Arus pada Motor Listrik yang dioperasikan tanpa beban?"

  1. Kalau semisal untuk motor 11kw habis di rewinding ulang dan ketika di running tanpa beban dengan sambungan delta ampere menunjukkan 6.5 Amp bagaimana ? Seharusnya kalau sesuai rumus kan harusnya kisaran 12 Amp ?

    ReplyDelete
  2. Mohon penjelasannya mas.. saya pernah merewinding ulang motor 11kw.. di nameplate memang tertera 21 amp utk sambungan delta.. ketika saya running tanpa beban dengan sambungan delta ampere menunjukkan hanya 6.5 amp saja.. padahal bukan sambungan star.. dari situ kan jauh kalau kita kalkulasi dengan rumus yg paten.. kenapa kira² mas ? Harusnya dirunning tanpa beban dengan sambungan delta harusnya kan kisaran 12 amp ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipastikan kembali sambungannya, jika memang sudah dipastikan sambungan Delta, namun ampere rendah, ini akan menyebabkan torque motor kurang maksimal, dan penyebabnya bisa karena Kawat gulungan lebih kecil, atau jumlah gulungan berlebih.

      Delete
  3. Baik terimakasih mass.. saya paham kalau efeknya di torsi memang kurang maksimal.. kalau untuk ukuran kawatnya saya pastikan benar.. tapi untuk jumlah gulungan memang saya lebihi dari yg asli.. saya lebihi 3 lilitan .. dari sini saya dapat pelajaran lebih.. terimakasih penjelasannya..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin.

Mohon maaf jika tulisannya tidak bisa di C0py, hal ini untuk menghindari orang yang tidak bertanggung jawab, yang ingin berkarya tapi dengan cara mengambil karya orang lain tanpa izin, Namun jika memang dibutuhkan hanya untuk keperluan personal, silahkan sertakan alamat email anda di kolom komentar, Artikel akan kita kirim via email.