Perawatan Harian Genset, agar lebih Awet


Seperti halnya berbagai mesin-mesin lainnya, Genset (Generator set) merupakan suatu alat atau mesin yang membutuhkan perawatan rutin agar Genset tersebut tetap dalam keadaan bagus, bekerja optimal dan Umurnya lebih tahan lama.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan coba berbagi mengenai apa-apa saja perawatan rutin yang harus dilakukan secara harian atau setiap akan mengoperasikan mesin, agar Performa Genset yang kita miliki tetap Bagus, dan genset lebih tahan lama.

Berbagai Jenis Perawatan yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi Genset selalu dalam keadaan Bagus dan Awet

perawatan-rutin-pada-genset-agar-lebih-awet
Pemeriksaan Rutin Genset

Apa saja yang perlu dilakukan agar Performa Genset yang kita miliki tetap optimal dan lebih awet serta tahan lama?, berikut ini beberapa jenis perawatan dan pemeriksaan yang dilakukan harian atau saat akan mengoperasikan Genset.

Pemeriksaan Harian (Daily Check) pada Genset (Generator Set)

Pemeriksaan Level Oli Mesin
OLI (Oil Level Indicator)
Periksa Level Oli mesin sebelum mengoperasikan Genset, bertujuan untuk memastikan Level Oli sesuai dengan Level Indikator Normal (Middle), dan menghindari Genset dioperasikan dalam keadaan kekurangan oli pada Mesin yang dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup serius.
Pemeriksaan Level Bahan Bakar (Fuel Level)
Periksa Level Bahan Bakar rutin secara harian atau setiap akan mengoperasikan Genset, dan Pastikan Jangan sampai bahan bakar berada pada level bawah, atau usahakan level bahan bakar minimal pada level tengah (Middle), hal ini bertujuan agar Kotoran yang ada pada bahan bakar tidak sampai terhisap ke dalam mesin, dan Agar Mesin Genset tidak sampai mengalami kosong bahan bakar (Masuk angin).

Drain Air yang ada pada Filter Bahan Bakar
Pada saluran Bahan Bakar ke Mesin Genset, umumnya terpasang Fuel Filter, yang berfungsi sebagai penangkap kotoran dan kandungan air (Water Trap) yang berasal dari Bahan Bakar, dan Fuel Filter ini biasanya dilengkapi Keran untuk Drain air dibagian bawahnya, Drain atau kuras air yang ada pada bagian bawah Fuel Filter secara harian atau pada saat Genset akan dioperasikan

Pemeriksaan Level Air Baterai (Aki)
Level air Batere juga sangat penting untuk diperiksa secara rutin, untuk memastikan agar Kondisi Batere tetap baik dan lebih awet, karena jika Level air pada Batere/Aki kurang, maka akan menyebabkan Baterai cepat rusak.

Pemeriksaan Level Air Radiator
Pemeriksaan Kondisi atau Level Air pada Radiator dilakukan secara rutin, dan bertujuan untuk menjaga agar air dalam Radiator tetap pada Level Penuh, karena Jika Kekurangan air pada Radiator dapat menyebabkan Mesin Overheat dan dapat Mengalami kerusakan yang cukup serius, selain itu Radiator juga akan mudah rusak, bocor dan keropos jika Level air kurang.

Pemeriksaan Performa Mesin (General)
Selain beberapa hal diatas, untuk memastikan bahwa kondisi mesin genset dalam keadaan Baik, maka saat Genset dioperasikan lakukan pemeriksaan secara Visual terhadap kondisi mesin, Pastikan Baut-baut pengikat tidak ada yang kendur, Periksa apakah ada kebocoran Oli, air atau Bahan bakar, Perhatikan suara mesin, Suhu dan Getaran apakah ada yang tidak normal, Jika ditemukan suatu hal yang tidak normal maka segera hentikan mesin genset dan lakukan pemeriksaan dan perbaikan lanjutan.


Tempat kita berbagi ilmu





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perawatan Harian Genset, agar lebih Awet"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan Anda.

Silahkan beri masukan, saran, kritik, ataupun Pertanyaan dengan kata-kata yang sopan. Setiap Komentar akan saya periksa terlebih dahulu sebelum diposting dan akan saya jawab sebisa mungkin